About these ads

Berhadapan dengan Penderita Epilepsi . . Don’t be Panic!

Pengalaman pertama berhadapan dengan penderita epilepsi terus terang agak panik. Gimana gak panik, di saat situasi dan kondisi sedang santai tahu-tahu orang satu meja (posisi berhadapan dengan saya) terus-terusan bertingkah aneh dengan gerakan tubuh (kejang) yang tidak wajar menurut saya. tapi untungnya saya segera menyadari kalau orang tersebut terindikasi epilepsi. Dengan pasang tampang biasa saja, saya segera akses internet dan searching tentang epilepsi, akhirnya menemukan artikel salah satu web, dari situ tahu tindakan yang harus saya lakukan saat itu adalah  . . .  diam dan tetap tenang.

Orang tersebut disaat epilepsinya kumat, tidak sedang berada di dekat tempat berbahaya . terus terang saya tidak kenal orang tersebut, kebetulan  saja kami bertemu di gazebo kampus. Saya amati terus, waktu lamanya kejang epilepsi tersebut tidak sampai 5 menit, artinya tidak terlalu berbahaya, cmiiw. Sebelumnya saya pernah lihat langsung kasus seperti ini tapi posisi saya tidak berdekatan dengan si penderita i. Tepatnya dulu saat solat jumat, ada salah satu jamaah yang epilepsinya kambuh dan untungnya  waktu itu solat jumat sudah selesai. Yang ini jauh lebih parah dari yang saya temui di gazebo. :?

Cerita ini saya sharing dengan harapan kita yang belum tahu atau masih awam tentang epilepsi agar tidak langsung panik ketika menjumpai kasus seperti yang saya temui ini. Tetap tenang dan apabila penderita mulai kejang, jangan tahan badan mereka. Untuk info lebih lengkap lagi, monggo search di google atau tanya langsung dengan ahlinya. Semoga sharing ini berguna ;)

(#75)

photo sources : photo1|photo2|photo3|photo4

About these ads

Posted on 27.11.2012, in My Stories and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: