About these ads

Helm dari LiveMap : Layar Navigasi Muncul Saat Kecepatan Rendah

Beberapa waktu lalu sempat saya bahas perkembangan teknologi helm dengan Head Up Display  (HUD) sebagai penunjang fungsionalitas dalam berkendara dan bekerja. Memang semenjak Google  merilis Google Glass, banyak perusahaan makin terpacu untuk berinovasi. Tidak sampai sebulan sudah ada lagi inovasi lain dengan helm tipe seperti ini. Seperti satu terobosan dari LiveMap. Konsep helm ini mirip seperti helm Reevu MSX1 – sempat saya bahas disini – , dimana layar helm akan menampilkan item-item seperti navigation map, speed, distance, serta display lokasi penting.

Augmented reality yang diusung Google Glass rupanya membawa pengaruh besar dalam perkembangan helm prototipe ini. Andrew Artishchev, pimpinan LiveMap mengatakan helm ini nantinya dapat menampilkan berbagai lokasi penting selama berkendara, seperti rumah makan dan pom bensin. Fitur lain yang diusung yakni kamera 13 MP untuk foto dan video. Bagaimana cara pengoperasiannya ? cukup dengan perintah suara untuk menampilkan informasi di layar helm.  Meski terkena sinar matahari, layar helm berbasis sistem operasi Android tersebut dijamin akan tetap terlihat jelas.

Pengembangan helm LiveMap ini memerlukan dana lebih , maka dari itu perusahaan pemula asal Rusia ini mengandalkan donasi dari pengunjung situs Crowdfunding indiegogo untuk membantu biaya produksi yang ditarget akan dimulai pada 2014. Banderol harga berkisar sekitar US$ 2.000 atau sekitar Rp 19,8 jutaan. Satu fitur yang mendukung kenyamana berkendara, tampilan peta navigasi hanya akan muncul dilayar saat kendaraan melaju dalam kecepatan rendah mendekati nol.

Semoga fitur – fitur secanggih itu ada di helm konvensional nantinya.

(bfa)

About these ads

Posted on 28.06.2013, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 165 other followers

%d bloggers like this: