Advertisements

31 Mei. . .Hari Tanpa Tembakau Sedunia

bro sist, hari ini merupakan hari tanpa tembakau sedunia. Perlu diketahui jumlah perokok di negara kita masuk tiga besar dunia setelah China dan India (WHO 2008). Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2010 , rata-rata orang yang berpendidikan tinggi cenderung menghindari rokok, kalau dilihat dari kehidupan sehari-hari hal ini menurut saya relatif. 🙄 Menurut riset ini, 1 dari 3 orang Indonesia perokok. . . perokok paling tinggi ada  pada kelompok usia produktif, yakni 25-64 tahun. Sebagian besar perokok di Indonesia adalah  penduduk pedesaan, tingkat pendidikan rendah, umumnya mereka  pekerja informal dengan status ekonomi rendah. imho kalau pekerja formal  sebagian besar bekerja di ruangan tertutup dan ber-AC sehingga aktivitas merokok pada saat kerja berkurang.

Menurut RISKESDAS sebagaimana yang saya baca dari kompas, lebih dari 60% orang pertama kali merokok yakni pada usia kurang dari 20 tahun. Umur 15-19 tahun merupakan kelompok perokok terbesar. Mirisnya lagi 2,2 % perokok awal dimulai pada umur 5-9 tahun. 😯  Ini belum lagi ditambah dengan maraknya berita tentang balita yang sudah lancar merokok -___-‘ , tambah hancur dah. Tambahan lagi 75% orang merokok di rumahnya, hal ini dapat membuat orang yang tidak merokok disekitarnya menjadi perokok pasif. 😕

Twitter hari ini,  ‘Tanpa Rokok’  menjadi kata yang sering muncul dan ‘World no tobacco day’ masuk trending topic. Ada salah satu twit yang cukup menarik bagi saya,

“Gag setuju hari tanpa tembakau, hari Tanpa Rokok aja lah yaa! Tembakau masih banyak kegunaannya daripada cuma dilinting jadi rokok!

Tanpa Rokok menjadi salah satu kata yang sering muncul di twitter hari ini

Terlepas dari  bahaya merokok itu sendiri, setiap orang baik itu yang perokok aktif maupun pasif sudah semestinya bisa menempatkan diri. . . Maksudnya bagi orang yang ingin merokok ditempat umum, yaa dilihat juga sikonnya, hormati kenyamanan orang lain yang tidak merokok. Terus bagi mereka yang ‘terjebak’ dalam asap rokok, mm .. coba diingetkan mereka yang ngerokok (tapi saya sendiri sungkan biasanya 😀 ) , dan kalau mereka masih tidak peduli, ya mengalah aja deh cari tempat yang jauh dari asap rokok ketimbang cari masalah :mrgreen:. (#75)

*gambar: google dan salingsilang.com

Advertisements

Posted on 31.05.2012, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Iya ya harusnya sudah berhenti dari dulu, tp setiap kali mencoba berhenti rasanya suliiiiiiiit banget…

    http://balekreatif.wordpress.com/2012/05/31/fanatisme-membabi-buta/

  2. sepertinya tidak berlaku di Indonesia, sekitar aye banyak yang lagi rokok’an tuh.. 😀
    sempet nanya kan hari ini hari bebas tembakau sedunia, jawabnya “benar, tapi tidak di dalam pantry” 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: