Advertisements

Angkutan Umum akan diberi Alat Konversi . . . Gratis!!

Jalan raya terlebih saat jam sibuk menjadi semacam ‘arena bertarung’ para sopir kendaraan pribadi dengan angkutan umum. Celah satu meter di jalan tak akan disia-siakan . . insiden mobil lecet saat terjebak macet sudah jadi hal biasa. . yang paling apes saat posisi pengendara motor di belakang angkutan entah bis atau angkot dan jadi korban semburan gas hitam pekat yang keluar dari knalpot kendaraan. .  bau asapnya nempel di baju, penampilan jadi gak keren lagi. 😆 Itu sebagian kecil kasus yang terjadi akibat polusi udara di jalan . . . tak ingin asap kendaraan angkutan umum terus jadi ancaman, pemerintah baru-baru ini mencanangkan program konversi BBM ke bahan bakar gas .

Pada 14 Juni 2012 kemarin, telah disahkan Peraturan Presiden No. 64/2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Bahan Bakar Gas untuk Transportasi Jalan. Dalam Perpres tersebut  pemerintah akan membagikan subsidi alat konversi bahan bakar dari bensin ke gas.  Subsidi ini diberikan secara cuma-cuma dan hanya dijatah sekali untuk tiap kendaraan. Penyediaan dan pemasangan alat konversi ini akan dilaksanakan bertahap.

Menteri Perindustrian bekerjasama dengan instansi terkait akan menunjuk perusahaan yang menjadi basis produksi converter kit nantinya . . perusahaan itu harus memenuhi berbagai persyaratan sebagaimana dilansir kantor berita Antara,  beberapa persyaratan tersebut antara lain punya pengalaman memproduksi produk sejenis serta manajemen produksi yang baik, memiliki teknologi dan SDM yang berkompeten, serta yang terpenting . . . komitmen. Perusahaan itu nantinya dibolehkan impor barang bila produksi belum terpenuhi. . dan wajib menjamin ketersediaan suku cadang serta layanan after sales dari converter kit itu.

Perpres tersebut  juga menetapkan PT Pertamina (Persero) sebagai  distributor dan secara bertahap sampai tahun 2013 menjadi penyedia compressed natural gas (CNG) sebagai bahan bakar gas bagi kendaraan transportasi di jalan raya. Harga jual CNG per liternya nanti akan ditetapkan Menteri Energi dan Sumber Daya mineral. . . semoga harganya nanti terjangkau masyarakat. Jangan seperti pertamax yang (masih) kemahalan. 😐

Tinggal tunggu saja penerapan program konversi bahan bakar ini , keluhan apa saja yang akan muncul .. apa mungkin akan mengalami masalah seperti konversi minyak tanah ke gas elpiji beberapa waktu lalu. . . Kualitas converter kit harus benar-benar bagus , kemudian yang wajib dilakukan seperti program konversi sebelumnya, sosialisasi tentang cara pemakaian dan semua hal yang berkaitan dengan bahan bakar gas tersebut . . sehingga masyarakat (khususnya pengguna jalan raya terlebih sopir angkutan) punya kesadaran  pentingnya bahan bakar ramah lingkungan . . . sehingga nantinya tidak akan ada knalpot kendaraan yang mengeluarkan ‘awan hitam’ lagi. 😆 (#75)

siapa mau di belakang bis ini ? :mrgreen:

Advertisements

Posted on 30.06.2012, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Yudakuzuma

    mr budiman selalu kent*tnya hitam 😆

  2. fresh and fresh

    wah asapnya ngowos…

  3. Wehh…diwenehi alat kontrasepsi gratis?? :mrgreen:

  1. Pingback: Traffic Jam Assist . . . Fitur Auto Pilot pada Mobil « GANZIMARU LAND – WriteWithPride

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: