Advertisements

Traffic Jam Assist . . . Fitur Auto Pilot pada Mobil

Fitur Traffic Jam Assist di mobil BMW

Bagi yang biasa terjebak macet, pasti capek kalau terus main kopling, injak gas, ngerem, mau gas poll malah disalip mendadak . . . kadang yang namanya sial selalu milih orang buat disialin. 😆 Suatu saat nanti mungkin semua mobil akan ada fitur yang sangat membantu dikala macet . . . seperti yang dikembangkan oleh pabrikan mobil saat ini.

Ford mempersiapkan teknologi auto pilot yang akan diterapkan pada produk mereka dalam lima tahun ke depan. . sistem tersebut dinamakan Traffic Jam Assist . . dimana pengemudi cukup tekan tombol dan mobil otomatis jalan sendiri ,. :D.

safety system di mobil Audi

Sistem ini bekerja menggunakan kamera dan radar yang terpasang di belakang kaca spion yang berfungsi mengecek kondisi jalan yang dilalui. . .  lalu sinyal hasil pemindaian dikirim ke otak CPU di mobil. Saat sistem mendeteksi kemacetan jalan, mobil akan bertanya ke pengemudi dengan perintah suara  apakah akan tetap menyetir manual atau beralih ke mode Traffic Jam Assist.

Bila mode Traffic Jam Assist ini aktif, maka sistem akan mengenali mobil yang menyalip dan mengambil tindakan dengan mengerem sesuai kebutuhan. . . mobil akan tetap berada di tengah jalur meski ada belokan dan juga akan berusaha menghindar apabila ada rintangan supaya tidak terjadi tabrakan atau insiden lainnya . . . sehingga mobil dapat melaju dengan aman. Sementara si supir . . . cukup nikmati perjalanan. 😎

Apabila kemacetan tidak terdeteksi lagi, Traffic Jam Assist ini akan non aktif dengan sendirinya dan kecepatan kendaraan akan diatur sekitar 48 km/jam . . kecepatan yang masih aman di jalan raya. Bila saat ini supir mengendalikan mobil ..  mungkin nanti bisa supir yang dikendalikan mobilnya.  😆  (#75)

kalau fitur Traffic Jam Assist bermasalah, takutnya kejadian kayak gini 🙄

Advertisements

Posted on 02.07.2012, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: