Advertisements

Kos dekat Kampus Harganya Mahal ??? biasa aja tuh

Tahun ajaran baru menyulap pemukiman daerah kampus jadi “pasar musiman”., penduduk sekitar seolah jadi pedagang dan pembelinya mahasiswa yang butuh tempat kos., dari harga yang masih bagus di kantong, sampai yang bikin kantong bolong, adaa semuaa . . tinggal pilih 😎

masalahnya… tidak semua orang tua terutama dari mahasiswa baru (maba) tahu akan harga dan tempat yang benar-benar pas untuk anak mereka. Lokasi yang dekat kampus tentu jadi poin utama, dan lokasi strategis tentu sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sebagaimana yang kita tahu, bangunan yang dekat dengan lokasi strategis tentu punya nilai jual yang lebih pula., tak heran, ada tanah seukuran lapangan badminton yang harga jualnya mencapai milyaran. Keberatan? hey everybody, it’s reality!  . . . gak usah di kota, di desa juga banyak yang seperti itu.

Sebagai contoh studi kasus., di daerah belakang gedung dengan dominasi warna orange salah satu universitas negeri di Malang, harga  kos-kosan mencapai 900 ribu sebulan.. malah ada yang tembus 1 juta perbulannya. Terus dari hasil penelusuran sendiri, di daerah perumahan belakang Mall besar yang ada di kota malang (Mall ini terletak diantara pusat pendidikan mulai jenjang playgroup sampai universitas ), ada rumah kos-kosan dengan bangunan yang menurut saya tidak terlalu besar , disana ada 5 kamar, harga 475 ribu perkamar. Kaget sih tahu harga segitu.. lha wong lokasinya aja tidak dekat kampus kok, agak jauh. Apa karena dekat mall itu ya . . atau mungkin memang harga tanah di daerah sana emang sudah mahal dari dulu . . mengingat lokasi yang berada di tengah kota. 😉

SAMPING KAMPUS : menurut kabar, harga tanah dilokasi ini mencapai ratusan juta rupiah per meternya 😆

Mungkin dari anda yang membaca artikel ini ada yang punya bisnis kos-kosan . . wah sejahtera 😀 investasi jangka panjang 🙂 ngalir terus duitnya 😎  bagaimana cara mencari kos-kosan yang pas dengan kebutuhan? Menurut saya . . . survei dulu cari info lokasi, bawa orang/teman yang sudah pengalaman, . . . kalau sudah dapat kos dengan harga yang sesuai budget , dilihat lagi dengan lebih cermat, apa saja fasilitas yang disediakan, akses perjalanan, dan seperti apa lingkungan sekitarnya.

Seringkali satu daerah dengan daerah lain mempunyai harga jual kos yang berbeda, tergantung tingkat perkembangan bisnis dan investasi di daerah tersebut, cmiiw. Sebenarnya bagi yang cari kos, membandingkan harga dengan cara survei lokasi seperti yang disebutkan di atas memang cukup ampuh  . . . jadi biar tidak tertipu atau rugi banyak. Tapi bagi yang punya rejeki lebih yaa . .. ambil kos kelas atas juga boleh, apalagi yang gratis laundry + full AC + Full akses WiFi + parkiran mobil + fasilitas kelas atas lainnya . .   itu kosan apa hotel yak :mrgreen: (#75)

MASUK KORAN : kos-kosan didaerah Malang kota yang harga sewa perbulan antara 700ribu – 1 juta, weeww

Advertisements

Posted on 07.09.2012, in My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. jaman saya kuliah dulu, kos cuma 350ribu/tahun. beneran pertahun. tapi kamar kosong, kasur almari dan lain-lain bawa sendiri, listrik bayar sendiri. tapi fasilitas istimewanya boleh bawa temen cewek masuk kamar dan nginep asal nggak sampe 2 malam berturut-turut. itu tahun 2001 di jogjakarta. lokasinya………….deket kampus UAJY, UPN, STTNAS

  2. beruntung banget yang punya tanah dekat kampus
    bisa buka kos, rumah makan, counter hp, warnet,
    potocofyan, lariis manis daaah
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/honda-blade-airbrush-anime.html?m=1

  3. waktu kul di surabaya dulu (2003 – 2008)
    kos ane dulu cuma 10m dari kampus..
    cuma 400rb sebulan,,,
    kasur,,lemari,,kipas angin dan tv 14inch dah disiapin,,kamarnya juga gede 4x5m
    semua tergantung fasilitasnya juga bro soale 3 rumah dari kos ane dulu ada kos2an yg /bulannya 1jt,, yaa sesuai aja dg fasilitasnya,, full ac,tv,kulkas,kamar mandi sendiri,,ga nyuci baju sendiri,,kamar tiap hari dibersihkan dll
    enaknya kalau punya kos deket kampus itu hemat di ongkos transport dan bisa pulang dulu kalau ada jeda jadwal kul

    • fasilitasnya waw . . . tapi sejauh ini saya masih jarang dapet yang plus plus kyak gitu
      kalaupun ada pasti ya harganya tinggi banget
      -imho-

  4. Di jakarta ga usah deket kampus sekarang harga kost2an 2,4m x 2,7m harganya 700rb/bulan …

  5. kost ku mbiyen…
    onok fasilitas plus plus lo.. haha

  6. sepertinya saya tahu nama univ negeri yang dimaksud he3.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: