Advertisements

Tips Kelistrikan Bikin Terang Lampu Tanpa Ganti ke HID

Ada postingan dari salah satu fanpage yang menurut saya penting bagi para bikers yang ingin lampu headlamp motor menjadi lebih terang tanpa perlu ganti ke lampu HID., saya salin langsung dari sumbernya dengan sedikit perubahan  . . monggo disimaak 😀 

(begin) Ada yg bilang pake HID / Projector sorot lampu utama bisa terang ? Emang sih tambah terang, tp itukan yg berduit. Nah klo punya modal pas2an gmana? masa pake lilin?hahahahaha…….Admin kasih sedikit tips bikin lampu utama tambah terang walaupun modal ceban :-D.

Caranya menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu. “Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik), menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya tambah terang. Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah, Watt bohlam pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya. Yang dimaksud kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic adalah lampu utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC seperti di Honda Tiger, meski motor mati asal kunci dan sekalar ON, lampu akan menyala.
Lalu kenapa ganti watt bohlam lebih kecil di motor kelistrikan AC bikin terang?
Karena arus listrik dari sepul yang dikeluarkan ke bohlam memang lebih besar. Tapi, besarnya dibatasi kiprok. Makanya bisa lebih terang jika watt turun tapi tidak sampai bikin putus bohlam.Beda hal dengan motor kelistrikan DC. Semakin besar watt bohlam, makin terang cahayanya.Tapi, tentunya tergantung dari kemampuan aki tersebut di motor. “Makanya kalau lampu ganda mau tambah terang, pakai bohlam dengan watt lebih kecil. Jika awalnya 33W/12V bisa ganti jadi 25W/12V, atau dari 25W/12V pakai bohlam 18W/12V.
Tapi ingat, bentuk bohlam harus sama dan produk asli dari pabrikan motornya. (end)
saya sendiri belum pernah mempraktekkan cara tersebut, silahkan bagi yang ingin mencoba. Saya tidak bertanggung jawab bila ada problem lho 😛   semoga berguna 😉 (#75)
beberapa komentar di fanpage terkait topik diatas
Advertisements

Posted on 06.11.2012, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 34 Comments.

  1. sip..
    memang betul.
    jupiterku tak ganti pakai bohlam halogen @18W jadi lebih terang

    • aku dulu pernah tak ganti bohlam halogen juga.,
      ganti 2 kali malah.,tapi gak awet, cepat mati.
      sekarang malah ganti ke standar lagi 😕

  2. ojok terang nemen2…mengko silaumen 😀

  3. satria epyu bohlam atas 35 watt, bohlam bawah 25 watt. karena bohlam atas putus dan harga yang 35 watt lebih mahal, maka saya ganti dengan 25 watt (sama-sama SGP). tapi masalah jadi lebih terang atau nggak, kurang begitu ngeh, tapi yang jelas sama-sama terang kok. oh ya, bohlam bawah kan buat lampu dim ya, tapi wattnya lebih kecil, dan pastinya lampu dim lebih terang dari lampu utama

  4. belum nyoba 🙂

  5. tips ajib 😀

  6. Lebih terang, umur bohlam juga lebih pendek 🙂 . Nice info…

  7. yang penting tidak menyilaukan pengendara lain….

  8. Adang Blade

    Tapi bd kenyataannya dngku, aq pernah ganti lampu motor blade aq, pake lampu yg lbh kecil watt nya, dr 32w ke 25w, tpi malah tambah redup nyalanya, ga mau kalah aq ganti lg dg halogen 35w, lumayan tambah terang dr lampu standar

    • old legion

      Honda blade yang tahun berapa mas? Yang lampu 1 apa yang lampu 2? Berarti kiproknya punya karakter yang beda dari motor2 yang laen!

  9. Mas sayaau tanya, gimana kalau motor tiger saya maun ganti lapu dekat dan jauhnya dengan lampu halogen…terus untuku ukuran dan intensitas cahayanya ngumpul terang sepwerti bentuk corong…. gimana ya caranya…tolong dong…….

    • old legion

      pake reflektor mobil! Ada autopal, hella, banyak! Cari yang ukuran 7inch! Biar pas sama ring lampu ori tiger! Di internet banyak yang jual paketan tinggal pasang!

  10. musi mau tanya ada gak gan bolham halogen yang dudukanya m5 seperti punya motor tapi model kaca sama filamenya seperti bolham halogen hs1/h4 seperti yang dipakai vixion atau mobil

  11. kalo vario 125 gimana mas?

  12. motor saya shogun 125RR, standar bola lampunya 2X25W, lalu saya ganti dengan bola lampu halogen osram 18W, apa yang terjadi ? hasilnya ternyata sama terang nya dengan bola lampu standar. kecewa banget rasanya. pengen ganti lagi yg halogen 25W, semoga tidak mengecewakan lagi.

    • Betul Gan, motor ane juga Suzi Shoun ’08 pake halogen *sr*m yg wattnya sama dgn standarnya 25 watt dan hasilnya jreng…jreng…. Nyala lampu lebih terang 15% dari standartnya St*nl*y.
      Just info : Dulu pernah pake Booster lampu dan nyala lampunya 30% lebih terang dari standartnya cuma syaratnya pake bohlam halogen & wattnya diturunin, tp bohlam panas sekali & booster mati setelah 6 bulan pake.
      Itu sedikit pengalaman dr gw semoga bermanfaat bagi yg laen.

    • sama nih, punya ane jg RR, dah ganti yg 18watt tapi perasaan sama aja :mrgreen:

  13. jika boleh di ralat .., Ada kekeliruan pemahaman atau istilah , dalam artikel di atas
    Perlu diketahui bahwa AC adalah Arus searah dan DC adalah arus bolak – balik . sedangkan artikel di atas penjelasannya berbeda .
    .

    • AC (Aternating Curent)= Arus Bolak Balik,, Ex: Listrik Rumah
      DC (Direct Curent)= Arus Searah,, Ex: Baterai,, Accu,, Kapasitor dll.

  14. nilai elektro dapet brapa om? masa DC bolakbalik hahahahaha yang bener aja???????
    kalo mbahku ngomong, pinter kok dihabis2kan hahahahahahahahahaha
    hahahahahahahahahahahahaahaha

    • nilai bahasa dapat berapa mas ?
      Isi tulisan itu saya repost dari grup di FB. Tahu repost ? atau salin. penulis asli bukan saya.

  15. beli hid di lampuhid.net harganya merakyat broo.,., 😀

  16. Great articles you post here, i have shared this post on my fb

  17. klo mau terang tapi irit aki pake lampu led aja gan banyak udah dijual di pasaran. kisaran 50-150rbuan. nah klo mau yang murah bisa aplikasikan lampustandard bawaan motor dengan menambahkan relay sebanyak 2 buah. untuk pwmasangan cukupmudah. jika berminat bisa datang kerumah saya di daerah cirebon trims 083823222701/083895373068

  18. keren tips nya, tapi daya tahan jadi menurun gak bro?

  19. Gan kl di motor thunder 125 gimana ya gan

  20. Simply wish to say your article is as amazing. The clearness for your put
    up is just excellent and i can assume you’re knowledgeable in this subject.
    Fine with your permission allow me to seize your feed to stay updated with coming
    near near post. Thanks a million and please keep up the enjoyable
    work.

  21. mntap lagi pake hid bro, tapi memang agak ribet sih ngatasin akinya supaya gk tekor, tapi dijamin puas pake hid, cahayanya tembus 150 meter,.. mantap👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: