Advertisements

Jajang Kusnandar . . . Sensasi Yang Sudah Basi ?

ScreenShot008

Tahun 2012 lalu dunia per-twitteran sempat dibuat heboh dengan akun twitter @jajang_nandar. Waktu itu media online banyak yang membahas akun unik tersebut, sehingga saya mau tidak mau jadi ikut penasaran. Dibilang unik karena akun twitter ini menurut saya tidak mainstream. Foto profilnya seorang cowok yang mungkin buruh bangunan. Dengan tato menampilkan kesan sangar!, tapi isi tweet-nya termasuk kategori bahasa singkatan-singkatan yang nyentrik dikombinasikan dengan angka. (baca : alay). Gaya tulisan alay-nya khas, haha. Tapi risih dengan bahasanya yang cenderung mengarah ke kurang sopan.

Waktu itu follower-nya hampir setiap hari bertambah, tiap hari mungkin bertambah 100-an follower.  Buseett, akun ini segitu fenomenalnya kah sampa yang nge-follow banyak . Hampir menyentuh angka 20 ribu follower. Saya curiga juga sih, sepertinya akun @jajang_nandar ini akun palsu, alias hanya untuk cari sensasi. Mungkin banyaknya follower karena memakai jasa beli follower, mungkin saja. Bukannya saat ini banyak penyedia jasa online seperti itu.

Akun tersebut fenomenal di tahun 2012 kemarin, nah iseng beberapa hari lalu saya lihat akun tersebut, follower-nya tinggal sekitar 100-an. Hmm. . .apa mungkin banyak yang nge-unfollow ya, atau jangan-jangan memang benar pakai jasa beli follower.  Nah didasari atas rasa penasaran tentang siapa sebenarnya pengelola akun tersebut, akun yang beralamat di @MVMMY punya misi mencari tahu siapa sebenarnya Jajang Kusnandar tersebut. Kemudian hasil investigasi akun @MVMMY tersebut selain di-publish di timeline juga diposting diblog.  Blog yang beralamat di mvmmy(dot)blogspot(dot)com tersebut memaparkan secara gamblang hasil investigasi siapa dalang dibalik @jajang_nandar tersebut. Penjelasannya pakai bahasa ala detektif, investigasinya dapet banget.

ScreenShot009

Tulisan ini sebenarnya saya buat karena ingin mengeluarkan pendapat bagaimana media sosial saat ini seperti dunia kedua. Dan saat ini akun si jajang Kusnandar masih aktif, tapi tidak terlalu seheboh tahun 2012 kemarin, dimana namanya sampai jadi hastag #Terjajang. Dan mungkin karena ada akun @MVMMY , sosok siapa dibalik akun jajang lambat laun terungkap, sehingga popularitas akun alay tersebut mulai pudar, imho 😉 mirip film republik twitter nih lama-lama.

(#75)

Advertisements

Posted on 25.02.2013, in Techno|internet and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. posternya jadul tapi keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: