Advertisements

Susahnya Cari Parkir Saat Jam Sibuk

DSC02445

Terbatasnya lahan parkir dibeberapa tempat merupakan imbas dari padatnya jumlah kendaraan yang ada dijalanan. Semakin bertambah jumlah kendaraan, tidak menjamin mudah dapat tempat parkir. Contoh sederhana yang biasa saya perhatikan ada dikampus tempat saya biasa nyangkruk untuk memperoleh daftar hadir ilmu. Di kampus yang terletak di salah satu kota di Jawa Timur tersebut, sedang digalakkan pembangunan berorientasi RTH atau Ruang Terbuka Hijau. Masalahnya  tidak semua gedung punya lahan yang memadai untuk menyediakan lahan terbuka, pihak kampus disamping terkendala masalah ruang terbuka hijau, juga terkendala masalah klasik yakni ketersediaan lahan parkir.

Khusus Parkir Mobil

Lahan parkir (meski hanya sepetak) menjadi sesuatu yang ‘wah’ di mata mahasiswa saat jam-jam sibuk. Tak jarang saya melihat parkir mobil yang justru diisi oleh kendaraan roda dua padahal tepat disampingnya tertulis ‘Parkir Khusus Mobil’. Di sebagian tempat, lahan hijau “sedikit” dikurangi, disulap jadi lahan parkir. Kebijakan ini pernah diprotes para mahasiswa di fakultas bersangkutan, termasuk melakukan aksi pengumpulan tanda tangan menolak kebijakan tersebut. tapi sepertinya aksi itu sia-sia saja, karena nyatanya sebagian lahan hijau tersebut tetap dirubah jadi lahan parkir.

Menyimak data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sebagaimana dilansir detik,  di bulan Januari dan Februari 2013, telah terjual 1.303.340 motor , 61,67 % dari jumlah tersebut berasal dari pulau Jawa. Dari fakta ini kita bisa lihat populasi kendaraan roda dua di daratan Jawa jumlahnya sudah seabrek. Bukan saya lebih memihak luar pulau jawa, tapi memang nyatanya jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Populasi kendaraan bermotor yang begitu banyaknya tidak diimbangi infrastruktur jalan yang memadai. Salah satu akibatnya adalah kesulitan cari lahan parkir kendaraan di tempat umum dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Imho, mau cari parkir berbayar saja sering penuh, apalagi yang gratis 😉

(#75)

DSC02439

Advertisements

Posted on 08.03.2013, in My Stories, Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Walah, neng kampus ae kok yo gak iso parkir 😦

  2. saya malah pernah muter2 terus diparkiran mall

  3. Malah sekarang di penjuru jalan banyak tukang parkirnya -_-

  4. kampus saya dulu parkirnya dibawah gedung kayak mall,itu aja masih semarawut karena kebanyakan motor…

  5. aq mbiyen jalan kaki… untung koste watugong kono, cidek.

    • iya enak jalan kaki mas, dulu aku tahun pertama belum bawa motor jadi gak masalah mau parkiran penuh ..
      tapi sekarang susah cari parkiran kalo pas jam sibuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: