Advertisements

Smartfren Yang (Tidak) Anti Lelet

DSC05031

Operator telekomunikasi sekaligus provider intenet, smartfren mampu meraih hati konsumen indonesia dengan berbagai produk andalan diantaranya layanan internet dengan kecepatan tinggi (katanya demikian) dan disebut-sebut jaringan anti lelet. Strategi promosi melalui media massa serta materi iklan yang kreatif mampu membuat konsumen semakin tertarik dengan berbagai layanan smartfren. Namun beberapa hari lalu, “ke-anti lelet-an” smartfren benar- benar diuji.

 Minggu, 24 Maret 2013 saya merasakan kecepatan internet smartfren sungguh “luar biasa”. Awalnya mungkin ada masalah dengan modem yang saya pakai, setelah restart terus coba connect lagi, masih saja speed-nya memprihatinkan. keesokan harinya barulah saya tahu via detik.com bahwa ada trouble pada jaringan utama bawah laut. Tepatnya Jaringan internet submarine Smartfren jalur Bangka-Batam terkena jangkar kapal. Kemudian jaringan backup inland Sumatera putus di Palembang karena tanah longsor. Kemudian Jalur proteksi mengalami ‘cut’di area Sumatera Selatan. Dan apesnya lagi, jaringan pihak ketiga yang diharapkan dapat membantu disaat genting yakni Jaringan Matrix submarine juga mengalami ‘cut‘. Walhasil, konsumen hanya bisa menunggu proses restorasi jaringan rampung dikerjakan.

anti lelet ? think again.

 Selama insiden trouble ini kantor smartfren di beberapa daerah “ramai” dikunjungi pelanggan, hampir semuanya mengeluhkan hal yang sama. “Kenapa jaringan smartfren lemotnya gak ketulungan?” dan pertanyaan lain yang serupa. Meski pihak smartfren mengatakan pelanggan masih bisa mengakses website dalam negeri, tetap saja argumen itu tidak begitu berpengaruh, karena tidak semua user bisa mengakses web lokal.. Lagipula kebutuhan pengguna internet tidak hanya sebatas membuka web dalam negeri saja kan ?

 Hari Rabu (27/3/13) kemarin koneksi internet berangsur-angsur membaik, web semacam facebook dan wordpress sudah bisa diakses. Tapi tetap saja musibah bagi smartfren ini semakin menguatkan label smartfren memang tidak anti lelet seperti promonya selama ini. Pada dasarnya semua operator tidak ada yang tidak ‘slow connection‘, cepat lambatnya koneksi tergantung dari area cakupan tower BTS. serta berapa banyak pengguna yang mengakses layanan koneksi yang mampu ditampung BTS tersebut.(cmiiw).

 Tidak seharusnya juga Smartfren over confidence mengklaim dirinya sebagai jaringan anti lelet, Karena konsekuensi besar menanti jika ada trouble seperti kasus ‘serangan jangkar kapal’ ini. Bagaikan boomerang, Smartfren menerima akibat dari klaimnya sendiri. Harus menanggung konsekuensi dicap sebagai operator yang (tidak) anti lelet dimata konsumen. Tinggal bagaimana Smartfren kembali memperbaiki nama baiknya, salah satu caranya mungkin dengan memperpanjang masa berlaku dan menambah bonus kuota internet 😉 .

  -Aragani –

Advertisements

Posted on 29.03.2013, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 15 Comments.

  1. jaringan bawah laut putus itu alasan bohong. Saya sudah gak bisa konek jauh sebelum jaringan itu dinyatakan putus.

    http://sepedamotor.web.id/2013/03/13/smartfren-ganti-saja-sloganmu/

  2. Jaringan di malang ada perbaikan, jadi bagi yang punya modem smartpren mohon sabar. Begitu katanya :mrgreen:

  3. wah kalau ane pakai yg gratis aja gan, salam kenal

  4. Mosok Ane udah cerai mulai Nov 2012 jauh hari sblm musibah . putus nyambung mulu . klo maen game berbayar putus kn bahaya.

  5. untung ane ga jadi beli modem gan..

  6. skr udah gak lelet2 amat gan

  7. wulan ictavianti

    gak lelet2 amat tp amat lelet

  8. Saya direktur PT.Smartfren Telecom Tbk, sangat prihatin dengan keadaan yang saudara alami sebagai konsumen smartfren.
    Untuk kami sebagai pimpinan perusahaan, beserta seluruh staf dan karyawan menyampaikan ucapan
    MAMPUS KAMU ORANG MISKIN, MEMANGNYA SIAPA YANG SURUH BELI MODEM SMARTFREN… HAHAHAHAHA… PERKARA KONEKSI LAMBAT DAN TARIF SEMAKIN MAHAL ITU TANGGUNGAN ANDA SENDIRI. JANGAN SALAHKAN KAMI.. TAPI ANDA YANG GOBLOK..! HAHAHAHA… ANDA SEMUA TERTIPU DENGAN PROMOSI GRATIS UNLIMITED AKSES SELAMA 3 BULAN DARI KAMI… HAHAHAHAHA.. RASAIN LU… EMANGNYA GUE PIKIRIN. WEEEEKKKKK

  9. RODOLFO PANGGOBLOGNA PANGANJINGNA

    SI RODOLFO ITU MEMANG TERKENAL SANGAT GOBLOG DAN TOLOL, KENAPA DIGANTI SAMA DIA????

  10. ku selalu beli paket internet 50rb smartfren itu dulu skrng 60 rb plus lelet, aku liat di website nya kuotanya kalo nggak salah 1,5 gb dan speed nya 3.1 mbs kalo udah kn fup 512 kb/s dan saya buktikan………..preeeettttttttt apa nya 3.1 mb/s mentok 100kb/s itu masi awal-awal kalo udah fup lelet nya minta ampun speed nya 15kb/s …………………..iiiiihhhihh mending yg lainya aja dehh kecewa bgt………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: