Advertisements

Kenaikan Tarif Kereta Api Kemahalan!

DSC05093

Kebijakan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang memberlakukan kenaikan tarif kereta mulai 1 April 2013 menimbulkan polemik di antara pengguna jasa kereta api. Bagaimana tidak, kereta ekonomi harga tiketnya tidak ekonomis lagi. Di beberapa daerah, aksi menolak kenaikan tarif terjadi di beberapa stasiun, namun aksi ini sia-sia saja, karena nyatanya memang sejak 1 april tarif kereta naik lebih dari 100%.  Dan ini bukan dalam rangka april mop.

DSC05298

Ketetapan kenaikan tarif ini berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Dengan adanya kenaikan tarif ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa kereta api dengan penambahan fasilitas baru. Di kereta yang sempat saya naiki pada 1 April lalu, kenaikan tarif tersebut ditandai dengan penambahan fasilitas baru berupa  pemasangan AC. Pun begitu , Sepanjang perjalanan penumpang  belum terbiasa dengan penambahan pendingin dalam gerbong, Apalagi beberapa AC ada yang sirkulasi udaranya tidak lancar. Sehingga membuat beberapa penumpang kegerahan. Tidak sedikit penumpang yang membuka jendela (yang sebenarnya tidak dibolehkan di ruangan ber-AC), sebagian dari penumpang merasa tidak kuat kalau ada diruangan dingin seperti itu.

DSC05289

DSC05292

Mungkin karena masih awal jadi perlu pembiasaan. Untuk kereta yang saya naiki yakni kereta Tawang Alun jurusan Banyuwangi – Jember – Malang. Tarif tiket yang sebelumnya Rp 18.500 naik menjadi Rp 50.000 (di banner yang dipasang di stasiun tertulis  ini masih tarif promo). Kenaikan tarif ini saya rasa terlalu tinggi, dikarenakan peningkatan pelayanan saya rasa masih sama saja seperti sebelum dikenakannya kenaikan tarif (imho) . . .yang berbeda cuma di penambahan fasilitas pendingin ruangan saja 😕 . Mbok ya harga tiket kelas ekonominya jangan mahal-mahal 😕 .imho , Kereta api kelas ekonomi tidak jadi pilihan utama lagi dibanding angkutan lain seperti bus umum. 😐

– Aragani –

Sebelum menerapkan kebijakan pemasangan AC, PT KAI terlebih dahulu mensosialisasikan larangan merokok di dalam gerbong yang sudah digalakkan mulai beberapa tahun yang lalu.

Advertisements

Posted on 05.04.2013, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. operprett tuh…

  2. wah,ente dr jember jg,bro…mantabb,…kyke mau bunuh diri tuh pt.kai….shrusnya bs dtekan ma dirutnya…tp dirutnya sok cr muka ma menterinya…wong pengajuan tu asalnya dr dirut,ga mgkn pmerintah mencabut subsidi klo ga ada rekomendasi dr dirut yg namanya ignasius jonan….ane doain BANGKRUT,sok hebat,stasiun kok ga blh orang msk ngantar…GEMBEL!

  3. biar cepet kaya PT. KAI . masa tiap tahun rugi terus ( katanya ). padahal rel juga tinggal pakai ga buat baru masa bisa rugi. berarti ada tikus disitu yg menggerogoti duit PT. KAI

    • Kalau memang benar ada ‘main’ di lingkungan PT. KAI, saya doakan moga cepat kebongkar mulai atas sampai yg paling bawah.

      yang penting harganya ini kenapa naiknya tinggi banget 😐

  4. wah jangan2 nanti prameks senasib kayak gini juga….

  5. opo iku kereta ekonomi kok mahal mending sepeda motoran…

  6. yaudah gag usah di naiki aja tuhh kereta,,masih ada kendaraan lain

  7. naik kereta api dengan istri dan anak pulang pergi sekarang kurang ajar mahalnya.

  8. untuk jarak jauh seperti Surabaya atau malang…mending naik pesawat aja…lah wong beda dikit tapi 1 jam 15 menit sdh sampe…artinya sama aja sebab selama 1 jam 15 menit gak jajan, sedangkan Kereta api 1 hari 1 malam banyak jajan dan kalo dihitung malah lebih mahal Kereta Api.
    Saya bingung apa direktur KAI engga bisa ngitung ongkos perjalanan parapenumpang sejak berangkat hingga tiba’ dan dasar perhitungan tarifnya apa, bukannya pelayanan publik yang utama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: