Advertisements

Kerjasama TVS – BMW Mottorad Siap Beri Terobosan Baru

cats

Pabrikan India seperti berlomba-lomba mengadakan kerjasama dengan pabrikan luar. Setelah KTM – Bajaj yang menghasilkan P200NS, kini TVS bekerjasama dengan BMW dalam pengembangan beberapa produk barunya.  Kerjasama ini ditandatangani masing-masing perwakilan TVS Motor dan BMW Mottorad di BSE (Bombay Stock Exchange) pada 8 April lalu. Didalam perjanjian jangka panjang ini disebutkan TVS dan BMW bersama-sama mengembangkan serta memproduksi model sepeda motor baru dengan kubikasi mesin bawah 500cc.

“Ini adalah program kerjasama strategis jangka panjang yang ideal dan sangat berarti bagi kami. Akan fokus pada kualitas, keunggulan teknis dan inovasi. Kami bermaksud memanfaatkan kekuatan masing-masing untuk menghadirkan produk baru dengan tawaran teknologi terdepan,” kata Venu Srinivasan, Chairman TVS Motor Company seperti dilansir dapurpacu.

Research and development (R&D) sendiri akan dilakukan BMW di Jerman dan untuk ongkos produksi , TVS berencana menginvestasikan 20 juta euro untuk pengembangan kedepan. Dalam kerjasama ini TVS berencana akan menambah ­line up­ motor di segmen kubikasi 250 – 500cc, dengan target motor pertama akan launching 2015 nanti. Untuk penjualan sendiri dilakukan di dealer masing-masing dengan membidik market India dan asia yang pertumbuhan ekonominya tengah menguat.

Venu Srinivasan (kiri) selaku TVS Motor Company Chairman berjabat tangan dengan Stephan Schaller , BMW Motorrad President. Penandatanganan dilakukan saat konferensi pers di Chennai pada Senin (8/4) lalu.

BMW Motorrad sendiri merupakan perusahan bermarkas di Berlin, Jerman yang sudah punya nama di dunia per- sepedamotor-an ber-taste Eropa. BMW Motorrad bersama dengan merek BMW, Mini dan Rolls-Royce merupakan bagian dari BMW group. BMW Motorrad yang sudah berusia 90 tahun ini masuk di segmen 650 cc hingga 1600 cc dengan 19 model sepeda motornya sampai saat ini, diantaranya sebut saja BMW S1000RR , salah satu kuda besi yang disegani di ajang Superbike.

Adanya kerjasama dua pabrikan India dan eropa ini diharapkan mampu membendung produk kompetitor yang juga bersaing ketat. Sebut saja KTM – Bajaj , Hero – Honda (Hero berencana mengganti posisi  Honda dengan Erick Buell Racing , cmiiw). TVS sendiri dulunya juga pernah bekerjasama dengan Suzuki pada 2001 lalu namun tidak dilanjutkan. Nah di tahun 2013 ini Jika kerjasama TVS – BMW berjalan lancar, maka tidak lama lagi kita akan lihat pabrikan India berlogo kuda tersebut akan punya motor dengan desain ala eropa. Tidak hanya itu, teknologi dan performa motor BMW sedikit banyak akan mengalir  di produk TVS nantinya. Dan yang pasti dengan harga kompetitif pula 🙂 .

(bfa)

 

Advertisements

Posted on 10.04.2013, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. motor eropa harga india

  2. kang sugit

    Bakal seru persaingan motor sport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: