Advertisements

Kompas Kampus : My Greenovation Fair 2013

761656094

Pemanasan global yang dewasa ini semakin mengancam kehidupan manusia menjadi ancaman yang sangat serius bagi masyarakat dunia. Didasari rasa kesadaran akan pentingnya aksi nyata untuk bumi yang lebih baik mendorong Malang Youth Generation bekerjasama dengan koran Kompas dan Tupperware mengadakan serangkaian acara bertajuk My Greenovation Fair 2013 dengan tema “Green Living n Youth Creativity”

Event yang bertempat di gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya (UB) ini berlangsung pada 1-2 Mei 2013. Terdiri dari rangkaian kegiatan, diantaranya bazaar, talk show, workshop photography, berbagai kompetisi seperti lomba foto,lomba masak,  lomba mewarnai untuk TK,  Lomba musik dengan alat musik daur ulang, inovasi daur ulang barang bekas, stand up comedy, dll. serta tak lupa penampilan dari bintang tamu Bayu Skak dan Unda Undi yang perform didua hari terpisah.

DSC05619

Kompas Kampus sendiri merupakan event tahunan dari koran harian Kompas dan tahun ini merupakan tahun ke-4 event ini digelar sekaligus 4 tahun Kompas bekerjasama dengan tupperware menyelenggarakan event yang untuk kedua kalinya dilangsungkan di Malang ini.

 “Ada 350 lebih proposal yang masuk ke Tupperware dan Kompas,disaring menjadi 10 terbaik yang akan diwujudkan  idenya. UB masuk dalam 10 besar tersebut dan telah dua kali menjadi finalis,” papar Yoan Narotama, PR executive PT Tupperware Indonesia dalam sambutannya disela-sela acara sebagaimana dikutip dari lpmperspektif.com .

Didalam Rangkaian acara My Greenovation Fair 2013 ini menurut saya yang paling berkesan cuma sesi talk show. Dimana hadir sebagai pembicara yakni seseorang yang sudah malang melintang di dunia pensutradaraan film dan mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri . .  Riri Riza. Akhirnya saya bisa melihat sutradara film Laskar Pelangi itu dari dekat. Antara gak percaya dan percaya 🙂 . Selain itu hadir pula sebagai moderator yakni Melanie Soebono. Untuk workshop fotografi sebenarnya ingin lihat juga, tapi sayangnya terlambat datang dihari kedua 😐 .

DSC05638

Riri Riza menjelaskan materi perfilman ‘Digital Sinema Dan Jejak Karbon’

Oke kembali lagi, didalam talkshow yang durasinya tidak terlalu lama itu, Riri Riza berbagi cerita tentang suka duka menjalani proses syuting film. Dimana pada tahun 2000-an saat ia memproduksi film Petualangan Sherina, ia mengikutsertakan sekitar  100-an kru film. Sedangkan film terbarunya yakni ‘Atambua 39 derajat Celcius’, Riri Riza hanya melibatkan sekitar 10 kru. Efisiensi ini didukung kemajuan industri perfilman yang sudah menerapkan teknologi format data digital yang berimpliasi pada industri perfilman ramah lingkungan. Pokoknya apa yang dibahas di sesi talkshow keren bro siisst . . .

Untuk kegiatan lain di event kompas kampus ini, entah itu hari pertama maupun hari terakhir, semuanya standart. Imho. Bagi saya dan beberapa teman yang saya ajak ngobrol tentang acara ini, rangkaian acara kompas kampus tahun ini (gak tau kalau tahun sebelumnya) sama saja seperti event kampus pada umumnya. Gregetnya kurang. Nama besar Kompas dan Tupperware serta banyak sponsor yang ikut serta, promosi di berbagai media cetak maupun online, serta pemasangan poster, baliho, banner , dll. di berbagai tempat strategis nyatanya tak banyak membantu kemeriahan event ini, dilihat dari jumlah penonton yang hadir menyaksikan. Sebagian besar penonton merupakan pendukung dari peserta rangkaian lomba. Serta susunan acara yang membuat acara menjadi membosankan. Harusnya sesi talkshow dan workshop diadakan pada awal acara sehingga tak banyak penonton yang meninggalkan ruangan karena mungkin jenuh menunggu dari pagi.

Salah satu karya lomba karikatur lingkungan. Kalimatnya simpel tapi dalam.

Salah satu karya lomba karikatur lingkungan. Kalimatnya simpel tapi dalam.

Semoga tahun depan Malang bisa terpilih lagi menjadi salah satu kota yang dikunjungi Kompas Kampus. Dan semoga kekurangan di tahun ini bisa diperbaiki di tahun berikutnya. Oya, saya salut dengan tidak adanya sampah yang berserakan :).

(bfa)

Advertisements

Posted on 05.05.2013, in My Stories and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. seru nih kayanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: