Advertisements

Bisakah Helm Seperti di Film Iron Man Dijual Bebas Dipasaran ?

ScreenShot006

Membayangkan bagaimana jika helm yang ada saat ini punya fitur secanggih milik Iron Man. Mampu menampilkan data visual secara rapi, padat ,dan lengkap. Mulai dari data sisa energi, tekanan udara, kecepatan angin, gangguan pada tubuh, komunikasi layaknya handphone. , serta berbagai fitur canggih lainnya membuat helm Iron Man itu membuat saya bertanya apa ada helm secanggih itu?

Hasil searching di google saya mendapati salah satu artikel di detik net, militer Amerika pernah membuat helm seperti itu. Biaya pembuatan helm tersebut menghabiskan dana sekitar US$ 55 juta . Masih terlalu mahal .Namun bukan tidak mungkin nanti akan ada helm secanggih itu. Bisa menampilkan Head Up Display (HUD) berbasis holographic yang bisa menampilkan beragam informasi. Gak nahan ! :mrgreen:

Masih dari hasil pencarian google, makin kesini sudah banyak yang mengembangkan berbagai helm canggih. Salah satunya Schuberth, produsen helm asal Jerman yang membuat helm ‘Schuberth S2’  dengan fitur komunikasi terintegrasi yang terpasang tersembunyi dibagian bawah helm. Dibekali fitur SRCS (Schuberth  Rider Communication System), memungkinkan komunikasi antara 3 rider atau lebih. Dengan pengaplikasian software dari Microsoft, helm ini  dilengkapi receiver gelombang FM, serta antena bluetooth yang berguna untuk sharing data seperti data GPS. Fitur bluetooth dan penerima sinyal radio ini dapat dioperasikan hingga 700 meter jarak maksimal.  Kemudian ada lagi  . .

Reevu MSX1 . .  merupakan helm dengan ‘ spion’  pertama didunia. Mencegah bikers jatuh saat berkendara. Helm yang dirancang di Italia tersebut memungkinkan pengguna mengetahui keadaan dibelakang motor dengan view yang lebh luas tanpa harus menoleh kebelakang. Bayangin aja spion tengah mobil. Ada lagi helm yang punya serat karbon yang bisa mendinginkan serta mengurangi resiko kerusakan otak. Jadi saat pengendara kecelakaan, helm ini berfungsi sebagai kompres dingin untuk kepala.

Cara kerja helm yang dinamakan ‘Brain Cooling Helmet’ ini saat tabrakan akan memicu air dan ammonium nitrat yang ada didalam helm  menjadi bereaksi akibat campuran dua bahan tersebut. Kemudian dengan reaksi kimia akan mendinginkan dan menstabilkan otak selama 45 menit. Tujuan helm in jelas, ingin meminimalisir bahaya bagi organ otak di kepala pengguna.

Helm pemadam kebakaran juga ada versi canggihnya. Para peneliti dari University of Sheffield, Inggris, membuat helm dengan sensor ultrasound. Helm yang terinspirasi dari hewan pengerat yang punya sensor pada kumisnya ini dapat mendeteksi jarak pengguna ke dinding. Sensor diterima melalui getaran dan langsung ditransfer ke bantalan helm yang berada di dahi pemakai. Selain itu helm ini dapat mengenali benda-benda yang ada disekitar. Selain dari profesi pemadam kebakaran, inovasi baru dari dunia penerbangan pesawat jet, ‘ STRIKER’ , merupakan proyek militer Inggris dikembangkan oleh BAE System  serta telah diujikan di pilot pesawat RAF typhoon. Helm ini memungkinkan sang pilot jet melakukan serangan hanya dengan menatap pesawat lawan.

Jadi, kembali kepertanyaan awal, Bisakah Helm Seperti di  Film Iron Man Dijual Bebas Dipasaran ? jawabnya bisa. tapi bukan sekarang. Butuh banyak waktu untuk bisa mengembangkan helm dengan teknologi secanggih itu. Yang pasti bukan hal yang mustahil jika helm seperti itu nantinya ada, dan dijual bebas dipasaran seperti helm kebanyakan. Time will tell . . .

(bfa)

2013_Iron_Man_3_Movie_HD_Desktop_Wallpaper_14_1920x1080

Advertisements

Posted on 01.06.2013, in Otomotif and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. lihat panel display helm reevu bikin pusing gak ya? kan deket bgt tuh sama mata, persis google glass

  1. Pingback: Helm dari LiveMap : Layar Navigasi Muncul Saat Kecepatan Rendah | Ganzimaru Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: