Advertisements

SMS di Tengah Gempuran Jejaring Sosial dan Aplikasi Chat

DSC06027

Banyaknya aplikasi chatting yang bermunculan memberikan banyak kemudahan dengan berbagai fitur yang diusung. Ditambah adanya facebook dan twitter yang semakin memudahkan interaksi antar personal. Disamping faktor eksistensi, menjalarnya aplikasi berbasis chat dan social networking tidak lepas dari internet provider yang melihat peluang dan berlomba-lomba menghadirkan layanan paket data dengan tarif bersahabat. Selain itu berbagai layanan messaging tersebut lebih menarik ketimbang Short Message Services (SMS) yang dulu menggantikan era kejayaan pejer.

BBM, Android Messenger, Whatsapp, Line, KakaoTalk, Wechat merupakan beberapa dari sekian banyak aplikasi chatting yang hadir dengan berbagai fitur yang diusung. Saking banyaknya sampai bingung mau pakai yang mana. Tapi tidakkah kita sadar bagaimana eksistensi fitur SMS yang selama ini kita pakai? Secara saat ini banyak orang yang  “Eh, ada PIN BB gak ? invite aku yah ツ , eh line-mu berapa ? eh punya whatsapp gak ? eh bagi duit dong” .  Sedangkan SMS dibiarkan lumutan.

Tidak jarang saat kirim sms, meski statusnya sudah terkirim, tapi tidak kunjung dibalas. Justru yang kita kirimi sms itu malah membalas di facebook, mention di twittter, atau lewat BBM, whatsapp, dll. atau paling parah SMS tidak dibales, tapi kitanya liat dia wira-wiri terus di timeline twitter 😕 tanpa konfirm SMS kita sama sekali. Di twitter mungkin ada yang pernah dapat mention, “cek DM ya, aku lagi gak ada pulsa”. Dan SMS yang kita kirim dibiarkan ‘tergeletak’ begitu saja. Mungkin selain karena memang tidak ada pulsa, dan quota paketan data  masih banyak, faktor ‘eksis-looking’ juga turut andil 😉 .

Bagi sebagian orang yang menjunjung tinggi nilai eksistensi perkembangan teknologi, interaksi via jejaring sosial dan aplikasi chat itu wajib hukumnya (dengan memakai gadget mahal yang lagi tren). Sedangkan SMS itu dibilangnya jadul. Bagi sebagian kalangan yang mementingkan fungsionalitas, handphone bisa telepon dan SMS itu sudah cukup, sedangkan fitur lain macam BBM dan teman-temannya itu cuma sebagai pelengkap, biar dibilang update . .imho

Kehadiran layanan pemermudah komunikasi ini bagaimanapun juga tidak bisa kita hindari manfaatnya. Karena paket data yang disediakan internet provider tarifnya lebih kompetitif (lebih irit) ketimbang promo SMS yang sering berubah-ubah (dengan ‘syarat dan ketentuan berlaku’nya). Selain itu memakai sosial media itu punya keasyikan sendiri yang tidak kita dapat di SMS , sharing foto , video, file. SMS bisa?  Tapi . . .

Bukan berarti posisi SMS akan tergeser, menurut saya masih banyak orang yang butuh SMS, dan hanya sebagian masyarakat saja yang benar-benar hi-tech. Lagipula tidak semua daerah support jaringan internet, malah GPRS juga ada yang gak masuk. Pemakaian SMS di negara kita ini masih tinggi, setidaknya itu yang membuat promo SMS masih jadi andalan para provider.

Last, meski dari dulu tarif telpon selalu mahal, tapi paketan data dan tarif SMS tetap terjangkau. Kita bebas memilih, sesuaikan kebutuhan. Aplikasi chat dan jejaring sosial memang sangat membantu, tapi bagaimanapun juga SMS akan tetap ada selama masih banyak yang membutuhkan keberadaannya.

(bfa)

Advertisements

Posted on 17.06.2013, in My Stories, Techno|internet and tagged , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. msh sering sms 😀

  2. Saya dah search mengenai topic nie… dan setakat
    pencarian saya… karya awak antara yang terbaik.. teruskan
    berkarya… dari peminat blog awak… 🙂

  3. saya suka talkmania ajah 😀

  4. sms sih tetep penting.. apalagi kalo pas paket internet abis ahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: