Advertisements

Suzuki Pilih Comeback di 2015 Karena Riset . . . (Dan Menanti Rossi ?)

Sayang sekali masih harus nunggu setahun lagi untuk menyaksikan Suzuki berlaga kembali di kelas MotoGP. Usai memutuskan keluar dari kejuaran kelas MotoGP mulai tahun 2011, dulu Suzuki memastikan akan kembali pada 2014 mendatang. Tapi ternyata beberapa hari lalu Suzuki bilangnya 2015 baru mau comeback . . weh . .

Senin (17/6) Suzuki ikut dalam debut sesi tes resmi bersama tim MotoGP lainnya di Sirkuit Catalunya. Hasil tes tersebut menurut saya sudah lumayan , tes rider Suzuki, Randy de Puniet menjadi rider tercepat dengan berada di posisi kedelapan . . torehan posisi tersebut menjadi perhatian publik mengingat Suzuki ternyata masih kompetitif meski sudah vakum setahun lebih. Hambatan utama Suzuki meski menunda partisiasinya yakni karena regulasi baru 2014 nanti yang mengharuskan Suzuki mesti melakukan banyak pengetesan agar bisa memenuhi syarat sesuai regulasi terbaru.

“Saya cukup puas karena tes pertama di Motegi cukup baik dan sekarang kami berada di trek GP bersama sebagian besar pembalap lain, dan tes bejalan dalam kondisi yang sama,” .” Kata Randy de Puniet sebagaimana dilansir gilamotor.

“Aku pikir kami telah melakukan pekerjaan yang luar biasa karena aku hanya 7/10 lebih lambat dari best lap hari ini setelah 50 atau 60 lap; semua pembalap sudah ada di sini sejak tiga hari. Aku puas, tapi aku pikir kami bisa lebih cepat jika kami bisa tes satu hari lagi,”

“Bagaimana pun, itu awal yang baik karena sekarang kami akan ke Aragon untuk melakukan tes. Jadi aku sangat berharap untuk melakukan pekerjaan yang sama dan punya perasaan berkendara yang sama dengan motor ini

“Kami masih butuh waktu untuk mengembangkan motor baru kami. Ada beberapa perubahan peraturan seperti elektronik baru, konsumsi bbm dan beberapa berubahan kecil regulasi,” ungkap manajer tim Suzuki Davide Brivio.

Salah satu regulasi yang harus dipenuhi Suzuki yakni komponen ECU. Regulasi MotoGP terbaru menetapkan Magneti-Marelli sebagai pensuplai ECU, mengharuskan Suzuki beradaptasi dengan mengganti ECU yang sebelumnya memakai produk dari Mitsubishi. Dan ini jelas butuh waktu yang tidak sebentar,mengingat pengembangan dari awal akan memakan waktu lama. Dalam beberapa hari kedepan Suzuki juga akan melakukan tes di Motorland, Aragon.

Ada spekulasi yang menyebutkan kenapa Suzuki comeback pada 2015 ? karena menanti kontrak Rossi di Yamaha Racing yang akan habis 2014 nanti, who knows . . 🙄 Jadi selama Suzuki sibuk mengembangkan riset motornya, mari kita nikmati sajian race dimana pembalap itu-itu saja yang rebutan podium.

(bfa)

 

Advertisements

Posted on 19.06.2013, in Race and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. “kita nikmati sajian race dimana pembalap itu-itu saja yang rebutan podium.”

    like this dah
    😀

  2. aku sangat senang bila rossi pindah ke suzuki biar jadi ramai persaingan…

  3. rossikan pernah mengatakan dia akan pesiun setelah memenangkan tiga pabrikan motogp, semoga saja itu benar terkabul..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: