Advertisements

BAZNAS Hadirkan Workshop Fotografi Bersama Sonia Prabowo

DSC06284

Kesempatan mendapat materi fotografi dari Sonia Prabowo tidak saya sia-siakan. Beliau merupakan fotografer asal Bali yang lama tinggal di Jogja untuk kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Meski berpredikat sarjana ekonomi, tapi Sonia memilih jalannya sendiri sebagai fotografer yang telah malang melintang didunia fotografi mulai freelance sampai komersil. Saya perlu banyak terima kasih kepada Baznas selaku penyelenggara acara.

Badan Zakat Nasional (Baznas) mengadakan workshop di beberapa kota di Indonesia. Hal ini untuk menggencarkan gerakan sadar zakat di lingkungan masyarakat, terutama kampus. Salah satu kota yang dikunjungi yakni Malang, dimana workshop bertempat di Gedung Aula FTP lt.2 UB pada Rabu,26 Juni lalu.  Bertajuk “Workshop Fotografi Bersama Sonia Prabowo”, acara ini sekaligus mempromosikan kompetisi foto bertema ‘Ekspresikan Indahnya Berbagi’ yang bisa diikuti oleh semua kalangan, yang berlangsung mulai 26 Juni – 26 Juli 2013. Karya foto yang ikut kompetisi dikirim melalui alamat email yang ditunjuk.

DSC06288

DSC06287

Workshop dibuka dengan stand up comedy  dari salah satu comic yang saya lupa namanya. Dilanjutkan dengan sambutan dan perkenalan oleh perwakilan dosen FTP, perwakilan dari Baznas, dan dari Sonia sendiri. Dalam penjelasannya, Sonia Prabowo lebih menitikberatkan konsep fotografi. Bagaimana kita mampu membuat karya foto yang dapat bercerita, dengan sudut pengambian (angle) yang tepat, di-support dengan fitur kamera dan segala peralatan pendukungnya.Selain itu ada juga sesi praktek yang pada saat itu ‘Malang Fix Gear’ sebagai komunitas sepeda fixie hadir sebagai ‘objek bidik’ dalam penerapan fotografi human interest. Selain itu Sonia juga menampilkan beberapa hasil karyanya yang ditampilkan dalam bingkai layaknya pameran yang dipajang di sekeliling ruangan, dan display layar melalui projector.

DSC06294

Pemaparan panjang lebar selama sekitar 2 jam itu saya ambil kesimpulan pribadi bahwa workshop ini sebenarnya sangat bermanfaat. Tapi sayangnya, sepertinya masih banyak materi yang belum tersampaikan disini. materi yang disampaikan-pun memang lebih mengedepankan karya Sonia yang sedikit banyak menerapkan digital imaging untuk bisnis komersilnya. Jadi sebagian foto yang ditampilkan merupakan olahan digital yang masuk dapur photoshop. Mulai dari editan simple sampai yang rumit. Saya kurang begitu tertarik dengan penjelasannya soal foto-foto olahan digital yang merupakan job dari para kliennya. Perempuan ramah dan murah senyum itu menampilkan sisi idealisme pada karya-karyanya. Tak heran kalau ia sering mengadakan pameran foto.

Sesekali saat melihat hasil karyanya, saya kadang gak mengerti maksud karyanya apa, memang kalau urusan idealisme tiap individu beda pandangan. Yah acaranya bagus lah, tapi kenapa ngerasa kurang greget, mungkin karena materi yang dijelaskan kurang begitu rinci pemaparannya.

(bfa)

Advertisements

Posted on 01.07.2013, in Fotografi, My Stories and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. mantab nih, sayang gak bisa ikutan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: