Advertisements

Kenali Kode Ban Motor

DSC04878

Wajib hukumnya bagi bikers memperhitungkan segala faktor untuk memilih ban yang cocok sesuai spek pabrikan. Motor mau dipakai harian atau balapan, atau trail ?.  Kalau dibuat balapan dan trail ya monggo memodifikasi spek motor yang cocok untuk racing termasuk penggunaan ban dengan spek balap. Kalau dibuat harian lebih baik pakai ban standart pabrikan demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Kalaupun ingin dimodif pilih ukuran yang masih mendekati spek standart.

Sekedar informasi memilih ban motor sudah ada standartnya bro sis . .  pabrikan ban biasa menggunakan kode imperial ataupun metric pada produk yang mereka keluarkan. Tujuannya jelas, supaya kita dapat memilih ban sesuai tunggangan kita. Misal nih,  tertera tulisan pada ban yakni 120/90-16 67H.  Rinciannya 120 itu ukuran lebar ban (satuan milimeter), 90 adalah presentase perbandingan antara tinggi ban / dinding bagian samping ban dengan lebar ban.

DSC06347

Misal gini,  tertulis angka 90 berarti 90% dikalikan 120 (lebar ban), hasilnya 108. Nah 108 ini tinggi dinding ban dalam satuan milimeter. Lanjut , angka 16 adalah ukuran diameter velg yang dianjurkan untuk diasang dengan ban tersebut. Konsekuensi apabila velg yang dipakai tidak 16 (pakai velg dengan ukuran lebih besar / kecil), kenyamanan akan terganggu. Kemudian angka berikutnya 67, adalah batas beban maksimum yang bisa ditopang oleh ban tersebut. Untuk mengetahui beban maksimum yang bisa ditopang oleh ban, angka 67 tersebut dikalikan 4,6 (angka ini merupakan load index yang sudah ditetapkan dan disepakati secara internasional), jadi, 67 x 4,6 = 307. Angka 307 ini beban maksimum yang bisa ditopang oleh ban ( dalam satuan kilogram). Kode terakhir yakni huruf ‘H’ , setiap kode huruf telah ditetapkan secara internasional dan masing-masing punya arti kecepatan tertentu. ‘H’ berarti ban bersangkutan mampu menempuh kecepatan maksimal 210 Kph.

Penjelasan lebih lanjut akan saya tulis lagi di lain kesempatan. Semoga berguna untuk pilih ban motor sesuai kebutuhan,

(bfa)

Advertisements

Posted on 02.07.2013, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: