Advertisements

Berkendara Jauh Saat Berpuasa . . . Nyaris Celaka

ilustrasi, courtesy: tribunnews

Selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman lebih dari 12 jam. Kebutuhan zat yang diperlukan tubuh hanya bisa kita optimalkan pada waktu berbuka hingga sahur tiba. Selama puasa kita dituntut mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk saat mengendarai kendaraan. Mengingat situasi dan kondisi jalan berbeda-beda, penting bagi kita mengkondisikan tubuh supaya tidak drop diperjalanan. Termasuk saat berkendara jarak jauh menggunakan motor.

Minggu awal puasa merupakan saat dimana tubuh dalam proses adaptasi. pada fase awal ini, wajar bila kita merasa lemas karena tubuh belum terbiasa. Dehidrasi, lemas, serta kurang konsentrasi. Seperti yang pernah saya alami beberapa waktu lalu. Waktu itu saya berniat puasa sunnah, kebetulan juga waktu itu saya berencana melakukan perjalanan jauh. Meski paginya tanpa sahur, siang hari diniatkan berangkat dengan harapan sampai tujuan tidak terlalu malam.

Meski masih sekitar 45 menit perjalanan, kondisi jalan yang macet , padat merayap membuat hawa makin panas. Macet itu bisa menghabiskan energi tidak sedikit, apalagi waktu itu puasa hari pertama, dan tubuh masih fase adaptasi. Selama terjebak dalam situasi yang tidak mengenakkan itu, motor yang saya kendarai dijalan non aspal nyaris terjungkal kesamping kanan. Dengan kemiringan ekstrim. Beruntung kaki kanan refleks menginjak aspal dan langsung memberikan dorongan agar motor kembali seimbang.

ilustrasi, perbedaan ketinggian permukaan aspal dan tanah

ilustrasi, perbedaan ketinggian permukaan aspal dan tanah

Kejadian itu tidak sampai 5 detik, begitu cepat. Saya ditengah kondisi badan yang sepertinya dehidrasi akibat cuaca panas dan macet  berusaha tenang sambil mengendarai motor pean-pelan. Ternyata kejadian itu akibat motor terpaksa turun ke jalan tanah karena volume kendaraan yang padat. Setelah dirasa ada kesempatan, saya coba naikkan motor ke aspal. Ternyata permukaan tanah dan aspal tidak sama rata (ketinggiannya berbeda) . Jadi ban bagian bawah samping kanan membentur aspal tinggi sehingga mengakibatkan motor terjungkal ke kanan. Untung tidak ada kendaraan yang posisinya tepat disamping motor, bisa berabe kalau kena senggol.

Tidak hanya sampai disitu,kondisi badan yang mulai lemas karena efek puasa hari pertama ini juga berpengaruh pada konsentrasi dan kepekaan dalam berkendara. Beberapa jam setelah kejadian terjungkal itu, saya dihadapkan pada situasi dimana diposisi depan, samping, dan belakang motor saya dipenuhi kendaraan roda empat. Meski saya masih bisa memposisikan motor di aspal pinggir, namun entah kenapa waktu itu saya malah banting setir kekiri sampai menginjak jalan tanah lagi. Pikir saya waktu itu tidak mau kesenggol kendaraan lain. Padahal kalau mau konsen, asal tetap di pinggir aspal-pun tidak masalah.

Waktu berbuka saya habiskan untuk minum air putih di pom bensin terdekat, sambil solat dan istirahat sejenak. Alhamdulilah kondisi badan lebih baikan. Alhamdulilah lagi saya bisa sampai tempat tujuan dengan selamat. Saya ambil kesimpulan waktu itu, mungkin kurang konsentrasi dijalan dapat diakibatkan oleh kondisi tubuh yang belum terbiasa diajak berpuasa. Kondisi jalanan yang panas, macet, dan material jalanan yang bervariasi saat perjalanan jauh, ternyata tidak mudah dilalui saat puasa. Apalagi puasa pertama dan lagi tidak sahur pagi hari sebelumnya. Saya berbagi cerita pengalaman ini supaya kita lebih jaga kesehatan. Semoga kita bisa menjaga kondisi tubuh saat perjalanan jauh terutama saat berpuasa.

(bfa)

Advertisements

Posted on 14.07.2013, in My Stories and tagged . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Alhamdulillah masih selamat . . .
    Pelajaran agar lebih berhati-hati.

  2. tetep ati-ati dan konsentrasi di jalan mas..kalo terasa mulai kurang konsentrasi mending minggir istirahat dulu..ya sekadar meluruskan kaki.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: