Advertisements

Saptaranu, Berawal Dari Mimpi Jelajah Danau Sumatera

Saptaranu,  Berawal Dari  Mimpi Untuk Danau Sumatera “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia”, sepenggal lirik lagu Laskar Pelangi dari Nidji mengibaratkan perjalanan tim ekspidisi Sap7aranu dalam meraih mimpinya. Jelajah 7 danau di Pulau Sumatera. Tim yang terdiri dari Andry Berlianto, Ade Immanuddin, Reza Amrullah, dan Yeremia Exlesia itu berhasil menjelajah Danau Ranau, Danau Maninjau, Danau Dingkarak, Danau Diateh Di Bawah, Danau Krinci, Danau Toba, Danau Laut Tawar dalam 52 hari dengan jarak tempuh 8000 km.

Kesuksesan misi idealis itu ditandai dengan tibanya keempat rider tersebut di Jakarta pada akhir Juni lalu. Menurut Riza dalam acara tasyakuran atas kesuksesan mereka menjelajah 7 danau sumatera sebagaimana dilansir gilamotor, sumatera memang pantas dijuluki Swarnadwipa atau pulau emas.  “Tidak secara literal berbentuk bongkahan emas, tapi berupa kekayaan alam, pemandangan, keramahan penduduk, kuliner, cerita rakyat dan masih banyak hal lainnya,” jelas Riza.

Pria yang bekerja sebagai freelance system developerini, memanfaatkan acara tasyakuran itu untuk memaparkan bagaimana perjalanana ia dan 3 orang rekannya itu dalam menapaki alam sumatera. Misi mereka terbilang beda karena acara touring yang digembar-gemborkan media selama ini belum menelisik keindahan danau. Berawal dari pemikiran bahwa danau itu biasa terletak didaerah terpencil dengan akses yang sulit dan potensi yang belum tereksplore secara luas, hal ini membuat tim Saptaranu berinsiatif menjadikan danau sebagai misi pengamatan. Dalam misi ini, tidak hanya mengamati, mereka juga akan mengabadikan setiap perjalanan dengan peralatan yang dibawa. Reza mengatakan. “Saptaranu adalah kerja keras untuk mewujudkan mimpi membuat rekaman perjalanan bermotor keliling Indonesia,”

Memang jika dibandingkan dengan acara touring jelajah alam serupa seperti Ring of Fire Indonesia dan Indonesia Esploride, Saptaranu tergolong berbeda. Salah satunya karena saptaranu tidak didukung tim bantuan seperti tim kendaraan roda empat, selain itu, tim audio visual yang khusus mendokementasikan tiap perjalanan, pada saptaranu ya hanya ada di empat anggota tim ini saja. Tidak ada tim dokumentasi khusus. Rencana kedepannya, perjalanan 52 hari tersebut akan dibukukan, sehingga masyarakat akan mengetahui bagaimana keindahan sumatera dari sudut pandang tim saptaranu, khususnya keindahan danau sumatera yang potensi wisatanya belum terlalu dioptimalkan.

Secara tidak langsung petualangan saptaranu membawa semangat tersendiri bagi saya selaku penulis. Mimpi itu tidak mustahil untuk diwujudkan. Alam ada untuk manusia, sayang kalau kita tidak menjelajahi keindahannya.

(bfa)

*more photos please visit here

Advertisements

Posted on 14.07.2013, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: