Advertisements

Melihat Data Center Google Lebih Dekat

Menggunakan sistem jaringan yang disusun berdasarkan bahasa pemrograman khusus, segala keruwetan ditambah sistem yang melek 24 jam non-stop, tampilan menu pembuka simple tapi efektif, dan sebagai pemberi solusi jawaban atas pertanyaan. Pantaskah kita menyebut google sebagai bagian hidup ?, Ya bisa jadi.

Gugling di google saya menemukan info menarik tentang google sendiri. Bagaimana sistem perangkat keras (hardware) google dibangun dan disusun hingga dapat menyediakan akses informasi tanpa batas ke seluruh penjuru dunia. Berkat informasi dari Kompas dan Kaskus, saya menemukan foto-foto data center google yang berisi perangkat jaringan komputer server dan sistem jaringan kabel optik dalam jumlah besar. Konon (ce’ileh) di data center inilah google dapat menampung hasil pencarian (indexing) lebih dari 20 milliar situs yang terkumpul dari seluruh penjuru dunia, dan mampu memenuhi sekitar 3 milliar search requesttiap hari. 😯

Didukung puluhan ribu server terintegrasi, data center ini selain melayani permintaan ‘searching’, juga menangani jasa layanan google lainnya. Karena sifatnya yang vital, menurut info, data center ini dijaga sangat ketat. Tidak sembarang orang bahkan hanya sedikit pegawai google saja yang punya otoritas mengakses data center ini. Tidak hanya itu, jenis hardware dan software, serta konsumsi  listrik yang dihabiskan satu data center ini pun masih belum diketahui.

Beruntung bagi fotografer Connie Zhou, ia dipercaya pihak Google untuk mengabadikan gambar di dalam data center. Mungkin Google tidak ingin terlalu protective lagi, mengingat foto – foto di dalam data center memang layak di share . Publik layak tahu bagaimana memukaunya salah satu data center Google yang ada di Lenoir, North Carolina, Amerika Serikat ini. (lebih jelasnya dapat dilihat via Google Street melalui link ini ) . Semoga bermanfaat dan lebih membuka pandangan kita tentang google 🙂 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 15.07.2013, in Techno|internet and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: