Advertisements

Maraknya Kasus Pencurian di Bagasi Bandara

Apabila anda termasuk salah satu pengguna jasa angkutan pesawat terbang, mungkin pernah/sering mendengar kasus bagasi jebol. Kasus seperti ini sudah pernah menimpa banyak orang termasuk salah satunya Roy Suryo, yang kini menjabat sebagai Menpora. Waktu itu tas beliau harusnya ada di Jakarta, tapi berkat gadget canggih miliknya, tas tersebut terdeteksi malah ada di Makassar. Ketidakberesan seperti ini acapkali membuat penumpang cemas karena bukan tidak mungkin setiap maskapai ‘punya’ oknum yang main nakal. Sampai saat ini, baik dari pihak maskapai maupun pemerintah sendiri kurang bisa memberi jaminan keamanan yang memadai bagi penumpang terutama terkait barang bawaan pribadi.

Dilansir dari majalah detik edisi 24-30 Juni 2013, beberapa penumpang bahkan ada yang menggembok tas bawaannya yang berukuran besar untuk dimasukkan ke bagasi pesawat, dengan harapan tas tersebut aman sampai tiba tempat tujuan. Sesampainya di bandara tujuan,  ketika mengambil tas di tempat pengambilan bagasi (Baggage Claim) penumpang mendapati resleting tas yang digembok itu malah robek. Setelah melapor ke petugas maskapai bersangkutan, didapati barang-barang didalam tas tampak berantakan. Terdapat barang berharga yang hilang.

Kasus pembobolan juga terjadi dengan modus lain. Ada penumpang yang saat mengambil koper di Baggage Claim mendapati resleting kopernyanya susah dibuka. Usut punya usut koper itu sempat dibuka oleh pencuri untuk menyilet bagian dalam koper. Usai merogoh-rogoh isi barang bawaan, resleting koper tersebut diberi lem supaya susah dibuka. Alhasil pemilik koper tersebut terpaksa membuka dengan  menggunakan gunting.

Berdasarkan investigasi atas beberapa kasus kehilangan barang bawaan, didapati beberapa oknum di bandara yang tergabung dalam sindikat pencurian barang. Dimana oknum tersebut menempati posisi ‘strategis’ dalam melancarkan aksinya, seperti : 1. Loading Master ( pengatur berat bagasi ) , 2. Portir (penjaga barang) , 3. Petugas X-Ray (seperti yang terungkap di bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru), dan 4. Petugas Kebersihan .

Aksi pencurian seperti ini biasa dilakukan saat penumpang lengah. Apalagi saat penumpang sedang menunggu barang bawaan di dekat conveyor belt. Beberepa oknum bisa memanfaatkan situasi seperti itu dan bergerak cepat bahkan tanpa disadari orang sekitar. Berdasarkan  berbagai aksi tersebut, Tulus Abadi, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan tips agar bawang bawaan aman dari pencuri seperti itu.  Pertama, melapisi tas/koper/barang bawaan dengan pembungkus tambahan. Kedua,  check-in belakangan agar “oknum” tak punya waktu untuk mengacak-acak bagasi. Ketiga, hindari memasukkan barang berharga kedalam bagasi.

Meskipun maskapai melakukan peraturan tegas terhadap semua karyawannya, tapi banyaknya kasus kehilangan barang didalam bagasi masih saja terjadi dan merugikan masyarakat. Seharusnya maskapai turut bertanggung jawab atas kehilangan bagasi penumpang. Tapi apabila mereka tidak bertindak tegas, langsung lapor ke polisi!

Semoga arikel ini berguna. Setidaknya kita makin waspada akan barang bawaan pribadi saat berada di tempat publik. Terlebih menjelang lebaran seperti ini,  makin marak aksi kriminalitas, tak peduli dimana tempatnya. Dari awal oknum mungkin sudah niat, tapi jangan beri mereka kesempatan, setidaknya kita membantu mereka tidak menambah dosanya lagi.

(bfa)

 artikel terkait dari detik.com :

Ini 5 Modus Pencurian Bagasi di Bandara yang Terkuak

Ini Tips Kapolres Bandara Cegah Pencurian Barang di Bagasi

Advertisements

Posted on 24.07.2013, in My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. sekelas bandara saja tidak aman

  2. kalo aku barang berharga harus masuk kabin+ kalo nggak transit mending semua tas dibawa ke kabin selain meminimalisir kejadian kayak diatas juga nggak perlu nunggu bagasi waktu dibandara tujuan 😀

  3. pernah ngalamin di Soeta,..untung gak ada barang berharga di tas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: