Advertisements

Resiko Pasang Pangkon Peninggi Monoshock Jupiter MX

DSC02870

Mengejar penampilan yang lebih sporti membuat saya memutuskan untuk menambah ketinggian si Sparta, jupiter MX kesayangan. Sekitar empat tahun lalu, saya pergi kebengkel untuk membeli dan memasang pangkon peninggi monoshock belakang dan selama itu pula sampai saat ini motor saya tetap nungging, hehe. Enaknya pakai pangkon ketimbang shock variasi itu tidak ribet, tidak mahal, dan pemasangannya yang lebih mudah ketimbang shock variasi.

Dari sisi ergonomi jelas posisi badan menjadi lebih tinggi dari posisi standart. Namun saya merasa lebih nyaman seperti ini, badan bisa jadi lebih membungkuk sedikit, saat berkendara jauh tidak cepat pegal, berasa motor sport, lagipula penampilan saat berkendara jadi lebih keren (imho). Namun beberapa waktu lalu saya baru tersadar bahwa dudukan shock yang menyambung dengan arm ternyata sudah mulai robek. Dikarenakan tekanan dari shock. Dimana posisi shock harus miring karena dipaskan dengan pangkon. Tekanan shock terhadap pangkon itu disalurkan ke arm. Dan itu masalahnya menurut saya kenapa dudukan arm yang terhubung dengan pangkon monoshock bisa robek, karena harus menahan tekanan beban.

 Arm yang jadi dudukan pangkon robek, akibat tekanan yang diberikan monoshock


Arm yang jadi dudukan pangkon robek, akibat tekanan yang diberikan monoshock

Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, robekan arm itu mau tidak mau harus segera diatasi, yakni dengan las listrik . Tidak memakan waktu lama, dengan bantuan tukang las , saya tunjukkan titik mana yang harus dilas. Sekaligus meminta supaya arm yang terhubung dengan pangkon tersebut dberi tambahan besi supaya lebih kuat menopang. Dan kini dudukan pangkon di arm itu makin kuat karena lapis besi, dan tentunya untuk memperbesar kekuatan daya tahan arm terhadap tekananΒ  monoshock.

Saya buat artikel ini untuk semua rider yang memodif tunggangannya, entah menambahi, mengganti, atau mengurangi part pada motor, agar lebih memikirkan dampak ubahan yang dilakukan itu dalam jangka panjang. Terutama pada pembahasan ini saya tujukan untuk rider jupiter MX yang memasang pangkon peninggi shock. Sekedar berbagai pengalaman, mungkin bermanfaat πŸ™‚ .

(bfa)

Advertisements

Posted on 25.07.2013, in My Stories, Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. Sering lewat jalan lubang spertinya. Resiko lainnya shock jadi keras, centre of gravity tinggi buat nikung2 gk enak blasss… πŸ˜€

    • gak cuma jalan berlubang, jalan isinya batuan curam juga sering dilewati πŸ˜†
      imho, kalo shock saya rasa gak terlalu keras sih, pusat gravitasi memang untuk nikung sedikit butuh penyesuaianm tapi kalau udah biasa lancar kok, hehe . ..

  2. sip ajib,.. tiap ubahan ada sisi positif n negatifnya πŸ˜€

  3. hati2 saat menambah tinggi shock belakang.. karena saat belakang tambah tinggi otomatis berat beban kendaraan cenderung pindah ke depan dan traksi ban belakang pun berkurang.

    • Kalau saya sih hambatannya memang kalau lagi bawa barang dibelakang, atau ada yang dibonceng. traksi ban belakang menurut feeling saya selama ini tergantung dari beban yang dibawa.
      itu sudah resiko πŸ˜‰

  4. biasanya boncenger cewek yang pada protes, gara gara ketinggian klo mau naik πŸ˜†

  5. bang harga pankong mono sok berapaan itu ada di bengkel mna ajah kan

  6. bang setelah di tinggikan kyak gtu, ada gejala di shock depan nggk?

  7. Kalo shock belakang di tinggi’n(tambah anting) biasa nya untuk kecepatan di atas 80km/jam itu kurang enak,,,kya serasa menggeyol.

    Berdasarkan pengalaman ane gan.

  8. jadi menurut abg lebih bnyak negtif atau psitif nya setlah memsang pangkon itu?

  9. Threat cakep gan.. cuma motor gue mx135 sama juga tuh armnya bisa robek??

  10. Juned siregar

    mas, setalah saya pasang pangkon eh malah cagak 2 nya gk bisa. mas ganti cagak 2 apa itu yg tinggi biar bisa masuk ke mx?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: