Advertisements

Mengenang Buku Bimbingan Ramadhan

DSC06572

Bulan ramadhan di masa sekolah dulu seperti tak terlepas dari buku ‘pencatat kebaikan’. Hehe,  sekedar nostagia, mulai dari SD, SMP, sampai SMA tiap memasuki awal ramadhan, guru agama keliling tiap kelas membagikan buku kegiatan ramadhan yang wajib diisi. Sampai sekarang sepertinya hampir disetiap sekolah juga ada aktivitas pembagian buku seperti itu. Tujuannya baik sebenarnya, ingin supaya kita sebagai siswa berlomba-lomba memberi kebaikan dan meningkatkan ibadah di bulan suci ramadhan.

Selain sebagai sumber rejeki bagi instansi penerbit, buku seperti ini seperti punya ikatan sendiri bagi siswa. Ada kewajiban yang harus diemban, melatih kejujuran. Setidaknya itu yang saya rasakan selama saat masih berseragam putih merah, dan putih biru. Menginjak SMA, kadang malas buat ngisi buku, malah diisi sekedarnya. Hehe, karena mungkin siswa SMA sudah paham bagaimana biasanya guru agama menilai buku ramadhan tiap siswa. Jadi kita ngisinya full yang baik-baik semua, gak ada jeleknya: . Isi dari buku tersebut sebenarnya intinya sama mulai jenjang SD sampai SMA (imho). Materi buku mulai dari pengertian puasa, amalan-amalan, niat puasa, ibadah-ibadah yang dianjurkan, dsb.

Pernah saat SD dulu, waktu itu solat jumat minggu ketiga. Saya dan beberapa teman sudah siap dengan buku ramadhan dan pulpen. Maksud ingin dapat tanda tangan imam, usai solat  masih dzikir. Setelah dzikir ternyata masih ada acara semacam tanya jawab keislaman (kebanyakan yang hadir bapak-bapak, materi yang dibahas pun tergolong materi berat untuk anak kecil seperti kami). Dengan tampang lugu dan kurang mengerti apa yang diomongkan, kami tunggu sampai acara itu selesai. Akhirnya kami pun dapat tanda tangan imam masjid itu dengan perasaan bangga dan puas. Bayangkan, solat jumat yang biasanya selesai sekitar jam setengah satu, ini malah keluar dari masjid sekitar jam satu lebih. Hehe, pengorbanan. Perjalanan pulang ada teman nyeletuk, “kenapa kita gak minta tanda tangan buat solat jumat minggu depan sekalian ? ”, saya jawab, “udahlah minggu depan saja.” 😀

cats

Tak hanya sekali ceramah solat jum’at dan solat idul fitri diinget-inget intinya apa, terus sampai rumah dicatat di buku ramadhan tentang materi khutbah yang disampaikan. Selagi masih ingat, hehe. Saat pondok ramadhan buku yang tebalnya tidak seberapa itu juga wajib dibawa, sebagai penunjang kegiatan. Ada lagi sekolah di daerah saya, pada hari idul fitri siswa-siswi diwajibkan silaturahmi ke rumah guru, dan ujung-ujungnya minta tanda tangan di buku ramadhannya masing-masing. Hehe, kebiasan seperti itu terjadi setiap tahunnya

Memang tujuan buku ramadhan supaya siswa lebih termotivasi melakukan ibadah dan amalan di bulan ramadhan. Sejenak berpikir, buku seperti ini mesti tetap ada disetiap tahun, dan memang harus ada di tiap jenjang sekolah. Tapi balik lagi , berdasarkan pengalaman pribadi kalau untuk SMA, sepertinya tidak semua siswa niat mengisinya, hehe.

Sekarang malah mikir buku seperti ini kok pengen tau banget ya kegiatan selama bulan puasa :mrgreen: .  Buku sederhana yang tanpa kita sadari memberikan banyak manfaat dalam diri,  dan merupakan salah satu indikator masa sekolah bahagia, hehe.

(bfa)

Advertisements

Posted on 29.07.2013, in My Stories, Reflection | Religi and tagged . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. he he he . . .
    sekolah saya dulu gak ada beginian

  2. dulu habis tarawih selalu rame2 nungguin pak kyai buat minta tanda tangan.
    sekarang masih ada gak ya?

  3. piye kabare? walah, jamanku rung ono.

  4. Sekarang giliran anak ane yg berburu tanda tangan imam selepas tarawih. tp yg ane heran di 2 mesjid yg biasa ane pakai shalat kok cuma anak ane doang yg bawa2 buku ginian sambil minta tandatangan smentara anak2 lainnya nggak. apa sekarang buku ini bukan menu wajib lagi ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: