Advertisements

Hati-Hati Kunci Motor Lupa Diambil Saat Parkir

DSC05431

Maraknya pencurian kendaraan bermotor seringkali disebabkan karena pemilik kendaraan sendiri yang kurang hati-hati.  Contoh sederhana adalah saat meninggalkan motor, pemilik seringkali lupa kunci motor masih menggantung, atau tidak dicabut. Hal ini bisa memicu niat orang-orang tertentu ketika ada kesempatan, apalagi saat situasi sedang sepi, untuk melakukan aksi curanmor. Bagi oknum yang sudah “berpengalaman” , kunci tertinggal di motor itu bagai gula yang dicari-cari semut. Jagnankan kunci menggantung, motor yang diberi gembok dobel sekalipun dengan mudahnya bisa  dicuri, apalagi motor yang lengkap dengan kuncinya.

Namun tidak semua orang bersikap seperti itu ketika tahu ada kunci motor yang tertinggal seperti itu. Yang biasa saya lihat,  orang yang kebetulan lewat dan tahu ada kunci menggantung, ada yang bersifat acuh. Mungkin pikirnya kalau diambil nanti malah dapat masalah. Ada sebagian orang yang tahu ada kunci menggantung, dan kunci itu diambil. Kemudian si penemu menempelkan kertas di jok motor itu yang berisi ‘ pemilik motor ini harap mengambil kunci motor di bapak xxx ‘ misal seperti itu.

Perilaku seperti itu terpuji memang, tapi ada juga orang yang menemukan kunci bukannya dikembalikan dengan ikhlas, eh malah minta bagian. Seperti yang dialami teman saya beberapa waktu lalu. Ia dan beberapa temannya lagi jalan-jalan di mall. Dia lupa kalau kuncinya ternyata masih gantung di motor. Ketika kembali ke parkiran, si oknum tukang parkir itu mau saja mengembalikan kunci motornya, asal diganti 15ribu. (uang rokok mungkin).

Seringkali pemilik motor lupa mengambil kunci yang tergantung di kunci jok.

Seringkali pemilik motor lupa mengambil kunci yang tergantung di kunci jok.

Mau bagaimana lagi, temen saya akhirnya menukar kunci motor dengan uang 15ribu. Diperjalanan pulang ia sempat menangis dan sebel banget sama tukang parkirnya. Maklum, teman saya itu cewek, biasanya orang-orang yang memanfaatkan situasi seperti ini meyasar kaum hawa. Mungkin karena lebih bisa dipengaruhi gitu kali ya, memanfaatkan kesempatan dalam kepanikan. Cewek kan biasanya suka bingung sendiri.

Berkaca pada cerita diatas, kasus seperti itu tidak termasuk saat kondisi benar-benar sepi. Lagipula oknum saat ini sepertinya tidak mengenal tempat ramai atau sepi, kalau sudah punya niat, apapun diembat. Kunci motor yang tertinggal jika dilihat dari sudut pandang oknum, itu ladang rejeki. Dari yang mulai minta tebusan tukar uang dengan kunci motor, sampai mengembat motor dengan kunci yang ditemukannya itu sangat mungkin dilakukan.Beberapa kali kadang saya juga lupa mengambil kunci motor diparkiran. Padahal ditempat umum, dan dipinggir jalan yang semua orang bisa lewat kapan saja. Alhamdulilah tidak pernah (dan jangan sampai) kehilangan.

DSC03958

Bertepatan dengan momen menjelang lebaran seperti sekarang ini. Banyak kasus curanmor yang makin menggila. Entah itu di mall, pasar, perkantoran, dimanapun juga. Tidak menjamin parkir resmi bisa aman dari ulah oknum. Tetap berhati-hati dengan kendaraan kita, dalam hal ini, jangan sampai kunci motor lupa diambil dan dibiarkan menggantung di motor. Itu sama saja kita memberi umpan segar ke ikan ganas. Tetap waspada dan jangan lupa berdoa.

(bfa)

*cerita-cerita yang saya temukan di google terkait topik ini :

Advertisements

Posted on 31.07.2013, in My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. aku paling sering lupa ambil kunci… maklum motor tua..tapi kalau hilang yo tetep susah.. 😦

    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/31/kriminalitas-itu-mulai-marak-lagi/

  2. wkwkwk ane juga sering ketinggalan di parkiran bro ,, tapi parkiran tempat kerja ,,jadi diamanin satpam 😀 ,,, penyebapnya sih terburu buru jadi lupa deh kuncinya masih nyantol 🙂
    http://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/07/31/kapan-kipas-radiator-akan-berputar-ini-jawabannya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: