Advertisements

Bendera Merah Putih dan Lomba Agustusan yang Tak Semeriah Dulu Lagi

DSC06880

Melihat kalender bulan Agustus, sejenak berpikir kenapa saat ini sudah jarang ada lomba-lomba agustusan. Gak kayak dulu. Apa masyarakat sekarang sudah lupa tradisi lomba itu ya ? . Mungkin tidak sepopuler dulu lagi. Yah paling tidak teman-teman pelajar masih punya kesadaran ikut upacara bendera, Meski ada yang harus dipaksa. Selain lomba agustusan, kesadaran masyarakat untuk memasang bendera merah putih didepan rumah juga saya rasa tidak seramai dulu lagi. Meski sudah ada edaran dari kecamatan.

Kebetulan tadi padi di salah satu saluran radio membahas kenapa tahun ini tidak banyak warga yang memasang bendera, dan kenapa lomba agustusan tidak semeriah dulu lagi. Masyarakat turut berpartisipasi dalam diskusi tersebut via telepon, sms, dan media sosial. ‘Mengapa tidak semua warga memasang bendera dan mengapa lomba-lomba agustusan tidak semeriah dulu ? ‘.  Sejumlah warga mengutarakan pendapatnya.

  • Wajarlah, soalnya dulu makna kemerdekaan itu masih banyak melekat di benak orang2 tua yg mungkin pernah merasakan pahitnya perjuangan dan banyak menceritakan ke generasi mudanya. sekarang generasinya sudah beda, arus globalisasi yg tinggi, mobilitas orang tinggi, sehingga orang sibuk ngurusin kepentingan dan hidupnya masing2.. sehingga lupa makna kmerdekaan. mungkin kalau di Indonesia diterapkannya wajib militer seperti di Korsel, makna kemerdekaan itu selalu di ingat dan tumbuh dipahami orang Indonesia dan momen 17 agustus pasti jdi hari yg sangat meriah. karena banyak yg tau makna sebuah kemerdekaan.
  • Lagi pada ngurusin urusan perutnya masing2
  • Sibuk kerja kayaknya
  • Lagi capek habis puasa sama lebaran
  • Males ,,,
  • aq salut dengan gerakan P***** P**** PP J***** , tgl 17 Agustus 2013 memasang 700 bendera di sebar ke toko, depot, dll yg tidak memasang bendera . Tidak meriah karena mobil & motor yg biasanya dipasang bendera merah-putih kecil tahun ini gak begitu nampak
  • bukan karena rasa Nasionalisme kita yg hilang, mungkin karena bersamaan dg Id.Fitri &event silaturahmi.  #generasi_muda
  • makna merdeka skrg dg merdeka yg dulu udh lain bos..Yg merdeka cm yg berduit iku.
  • bukanx lupa tapi lebih fokus ibadah puasa dan merayakan idulfitri,lalu liburan ke tmpat2 wisata

ScreenShot012

Saya setuju dengan salah satu pendapat  diatas, bukannya kita tidak nasionalis, tapi kebetulan agustusan bertepatan dengan idul fitri. Selain itu, saya juga tidak bisa menyangkal bahwasanya masyarakat sekarang ini beda dengan masyarakat tempo dulu. Bagaimanapun juga semoga rasa nasionalisme kita tidak pernah hilang, meski modernisasi terus menerjang 😉 .

(bfa)

Dokumentasi lomba tarik tambang beberapa tahun lalu. Di lingkungan saya sudah jarang ditemui lomba-lomba agustusan

Dokumentasi lomba tarik tambang beberapa tahun lalu. Di lingkungan saya sudah jarang ditemui lomba-lomba agustusan

Advertisements

Posted on 19.08.2013, in My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. mbarengi orang balik lagi ke kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: