Advertisements

‘ Easy Chords For Winamp ‘ , Cari Chord Lagu Jadi Lebih Mudah

ScreenShot008

Baru nyobain plug-in Easy Chord untuk Winamp media player. Asiknya dengan tambahan fitur yang ukuran file-nya kurang dari 2 MB ini, kita bisa tahu kunci/ chord lagu-lagu yang sedang diputar. Jadi lebih terbantu, gak perlu searching, chord-nya langsung muncul. Cobain deh . . . cara dapetinnya gampang, cari di google pakai kata kunci ‘ Easy Chord for winamp’ , sudah banyak blog/web yang menyediakan file masternya, tinggal download. Punya saya Easy Chords versi 1. Setelah dapat file-nya kemudian instal. Setelah selesai lalu buka winamp. Disana nanti otomatis Easy Chord-nya aktif. Kalau tidak muncul coba cari di menu ‘options’ (Ctrl+P) , di jendela ‘ Winamp Preferences’ tersebut, pilih Plug-Ins > DSP/Effect . Di list tesebut ada easy chords lengkap dengan versinya. Setelah di pilih, kilik ‘Configure active plug-in’, langsung aktif kok

ScreenShot016

Cara pengoperasiannya gampang, cukup putar lagu dan klik tombol yang ditunjuk di jendela Easy Chord-nya untuk analisis suara. Setelah lagunya habis, prosesnya langsung selesai, lalu putar lagi lagunya, otomatis akan keluar chord menyesuaikan irama. Tes beberapa lagu, setelah mencocokkan chord dengan yang saya ambil di web lain, sama persis. Weh keren!. Chordnya jalan sendiri sesuai lagu yang diputar, meski kadang dibeberapa bagian lagu, perpindahan chord menurut saya sedikit kurang pas. Pembacaan huruf chord yang muncul mesti disesuaikan. Huruf kecil untuk nada minor, huruf besar untuk nada mayor. Misal yang keluar ‘ E ‘ , itu berarti E mayor atau biasa disebut E saja. Kalau yang keluar itu ‘ e ‘ berarti itu E minor atau biasa ditulis Em. Paham kan ya ?. gak tau kenapa dibikin ruwet gitu.

ScreenShot013

klik tombol yang ditunjuk untuk mulai men-scan lagu

Ditambah lagi tampilannya kurang begitu ngena’ (imho), coba susunan chord yang ditampilkan itu dibawahnya ada liriknya, kan bisa lebih cepat paham. Secara keseluruhan, lumayan lah. Membantu sekali kalau lagi malas nyari chord yang mesti browsing dulu.

(bfa)

Advertisements

Posted on 29.08.2013, in Techno|internet and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: