Advertisements

Tips Mudah Mengatasi Ban Masuk Angin

Berawal dari nyetir motor terus ngerasa ada yang aneh, kok rasanya gak stabil. Saya putuskan menepi dan cek ban depan belakang. Khawatirnya ada yang bocor. Setelah diamati dengan seksama dan dalam tempo yang tidak singkat, saya mendapati permukaan ban belakang yang agak melembung / benjol (jawa: mblenduk). Bingung harus bagaimana, saya tetap lanjutkan perjalanan, meski motor agak goyang karena permukaan ban belakang yang tidak rata lagi.

Sesampainya di rumah, saya tanya tukang bengkel langganan yang ibarat di MotoGP itu mechanic consultant. (Dari jaman saya kecil sampai sekarang ini, bengkelnya tetap tersohor dikalangan supir). Saya utarakan masalah ban belakang yang gak beres itu. Menurut penuturan mas-mas yang merupakan spesialis ban mulai sepeda pancal sampaiΒ  ban truk gandeng itu, didapat kesimpulan bahwa ban belakang motor saya masuk angin. Apa bannya mesti dikasih antangin biar bisa sembuh ? ternyata tidak perlu.

Saya tanyakan apa solusinya, eh malah dijawab β€œ biarin aja β€œ , bener-bener ngeledek ini. Yaudah atas inisiatif pribadi, saya googling dan dipertemukan dengan salah satu blog yang isinya sesuai yang saya cari. Solusi yang ditawarkan adalah coblos permukaan ban yang melembung itu dengan jarum. Supaya udara yang terperangkap diantara ban dalam dan ban luar itu bisa keluar. Hmm . . agak ragu takutnya ntar malah bikin bocor ban. Tapi tak ada salahnya dicoba, karena dari hasil searching di web lain tidak ada kejelasan solusi. Ambil jarum lalu saya cobloskan di permukaan ban yang melembung itu dengan hati-hati. Takutnya keterusan sampai tembus ban dalam. Dirasa jarum sudah tembus ban luar, cabut, dan keluarlah suara angin (seperti suara ban kempes tapi pelan).

DSC07148

Saya amati terus, dan ternyata memang benjolannya perlahan-lahan hilang. Kemudian saya cari lagi titik benjolan lain yang mungkin masih ada, sambil saya tekan-tekan untuk memastikan tidak ada udara yang terperangkap lagi.. Singkat cerita ban belakang kini sudah normal kembali. Sayangnya akibat benjolan tersebut, tekstur kembangan ban tidak sama rata lagi. Sebelah kiri kembangan/ alur ban masih bagus, yang sebelah kanan alur agak berkurang karena pemukaan ban yang naik dan terkikis tidak rata akibat benjolan tersebut.

Kenapa dinamakan ban masuk angin?, karena ada udara yang terperangkap diantara ban luar dan ban dalam (cmiiw). Penyebabnya bisa bermacam-macam, menurut info dari berbagai sumber. Bisa jadi karena parkir di tempat yang panas (ini kata mekanik yang saya ajak ngobrol tadi itu), atau bisa karena kualitas karet ban dalam yang jelek sehingga tidak bisa singkron dengan ban luar, atau bisa jadi karena sewaktu menambal ban tidak pas penempatan ban dalam dan ban luarnya, jadi ada udara yang masuk. Ya semua itu bisa jadi.

Sebelum tahu cara ini, kepikiran apa mesti ganti ban ya, apa karena kualitas ban yang jelek ya, tapi kembangannya masih bagus gitu, sayang kalau harus ganti. Kini sekejap problem yang membelenggu itu bisa diatasi dengan mudah. Cukup modal jarum, atau peniti, atau sejenisnya, asal jangan paku, nanti lain lagi ceritanya. Oiya cara lain yang bisa dicoba selain dengan mencoblos permukaan ban, bisa juga dengan mengurangi volume angin pada ban, kan volume ban dalam jadi berkurang tuh, nah jadi udara yang terperangkap antara ban luar dan dalam bisa leluasa keluar, (imho).

ilustrasi ban

Udah sih itu aja yang mau saya sharing kali ini. Saya yakin tidak sedikit juga yang punya problem serupa, jangan galau jangan risau. Semua akan indah pada waktunya, *tssahh . Semoga bermanfaat.

(bfa)

Advertisements

Posted on 29.08.2013, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 30 Comments.

  1. ajib akupuntur ban πŸ˜€

  2. dulu supra ane juga gitu benjol gede banget di ban belakang yg kala itu pakai IRC. ane ga tau harus gimana lagi ya ganti yg baru aja.

    • knalpot telo

      wah trnyata cma aj ma critaq.dulu punyaku benjolannya mlah lebih parah,gedenya hampir sama ma ban aslinya pas di buat jalan serasa naik kuda pas tak liat eh kok benjol segede gaban

    • Kalau ganti baru tapi sayang ban lama masih bagus juga. Saya mikir gitu juga sih, untung gak jadi beli baru πŸ˜‰

  3. wahh berarti kalo tubles g bisa gitu ya mas?

    • Blog yang jadi rujukan saya ini malah bilang ban tubelesnya ditusuk kyak cara gitu. asal hati-hati. Dan ternyata bisa.

      Tapi pasti bisa enggaknya belum pernah nyobain sih kalau di tubeles

  4. kobayogastea

    salam kenal sob…

    kalau yg ay tau sih bunting atau benjol itu karena ada kawat baja dalam ban yg putus atau bengkok sehingga tekanan anginnya mendesak keluar lewat yg putus itu. Tapi itu kalau di ban tubeless ya. Mungkin juga ada angin yg masuk diantara ban dalam dan permukaan ban luar di bagian dalam kalau dari kasus si om. Soalnya ditusuk bisa kempes lagi hehehe.

    Yang bisa mengakibatkan hal tersebut biasanya sih karena habis menghantam lubang atau benjolan jalan dengan cukup keras. Kalau di tubeless ya. Semua balik lagi ke kualitas bannya.

    http://kobayogastea.blogspot.com/2013/08/punya-duit-50-60-juta-pilih-motor-apa-ya.html

    • Iya mas bro, kepikiran juga apa karena kualitas ban yang kurang bagus ya . . untung aja bisa diakali.

      Makasih sharing ilmunya mas bro, berguna banget

  5. Sipp untuk pencegahan sementara, biasanya benjol seperti itu sering hantam luban di jalanan jadi struktur kawat didalam ban ada yang putus. Lebih baik kalo ada kesempatan segera diganti…CMIIW

  6. Cuma berlaku untuk ban tube type ya….

  7. Thanks bro..it works gw dah coba walau awalnya agak ragu..sekali lagi thanks info’y.moga ini jadi amal tambahan lo bro di akhirat nanti…

  8. bermanfaat bro.. thaks y,, kira2 berapa y jarak nyoblosnya..

  9. makasih BOS…infonya

  10. bay.anggoro

    Mksh bos,,motor ane jg..vario 125 ban belakang mlembung…asem!!!rasanya kek naik odong2!!!maklum sering buat perjalanan jauh bojonegoro-blitar-madiun

  11. Terima Kasih banyak tentang info nya,sangat membantu sekali😁😁😁😁
    Btw pas saya bawa ke tukang tambal ban dia malah ketawa, katanya semua ban masuk angin,. Singkat cerita dia emang gk tau dan sok tau ,

  12. Suaib sila

    Bagaimana bos klu banx benjol di samping aja,itupun tdk terlalu parah sih tp kelihatan tdk enak di pandang bro,gimana klu nusukx pake jarum aja bro?

  1. Pingback: Walah! Njendol (lagi)? | Biantsite

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: