Advertisements

Enak Gak Enaknya Jadi Polisi

Insiden penembakan polisi oleh oknum yang terjadi akhir-akhir ini memberi keprihatinan tersendiri. Disamping mindset negatif pemberitaan polisi yang bukannya mengayomi malah meresahkan dengan kasus kerisuhan sampai penyalahgunaan jabatan, masyarakat kini dipertemukan dengan kisah para petugas kepolisian yang meregang nyawa ditangan oknum yang diduga didalangi aksi teroris. Menurut saya citra kepolisian saat ini bak dua sisi uang koin. Berikut  kelebihan dan kekurangan menjadi seorang polisi seperti dilansir merdeka.com .

Kelebihan :

1. Menjadi pahlawan dan melindungi masyarakat

Terlepas dari adanya oknum polisi yang nakal, masih banyak polisi berdedikasi tinggi di negara ini. Mereka bekerja keras memberantas kejahatan yang sering membuat masyarakat resah seperti pencurian, narkoba, pemerkosaan, judi dan lainnya. Peran polisi di sini untuk melindungi masyarakat agar merasa aman.

2. Penuh tanggung jawab dan komitmen

Polisi bertanggung jawab untuk menanggapi situasi darurat. Dalam beberapa kasus, menyelamatkan nyawa. Mereka harus selalu merespon dengan cepat dan dengan tepat. Tak peduli itu siang atau malam yang penting baginya adalah keselamatan masyarakat. Pekerjaan ini membutuhkan waktu berjam-jam, dan banyak petugas yang menghabiskan kehidupan mereka di kepolisian.

3. Mengayomi masyarakat

Polisi senantiasa menerima pengaduan masyarakat selama 24 jam. Pengabdian ini dilakukan agar tercipta situasi yang aman. Mereka menindak warga yang tidak disiplin, misalnya tidak memakai helm saat mengendarai motor, tidak menyeberang jalan di tempatnya, melanggar peraturan lalu lintas. Hal tersebut dilakukan demi keselamatan Anda.

4. Memiliki sikap tegas dan disiplin

Untuk menjadi polisi, mereka tentu dididik dan dilatih dengan keras. Mereka dilatih untuk menjadi sosok yang tegas, disiplin, pemberani dan penolong.

Kekurangan :

1. Bahaya mengancam nyawa

Tak sedikit polisi yang luka-luka dan tewas saat menjalankan tugasnya. Ini adalah risiko nyata yang harus dihadapi dari profesi polisi.

2. Tidak bisa libur seperti pegawai lain

Tidak ada kantor polisi yang libur pada Sabtu dan Minggu. Karena polisi melayani masyarakat otomatis, selalu ada setiap saat. Tak peduli tanggal merah atau libur nasional. Ia memang berkomitmen untuk melindungi masyarakat sehingga harus ada kapan pun. Maka dari itu seorang polisi tidak memiliki jadwal libur yang sama dengan pegawai lainnya.

Selain itu beberapa polisi juga tidak bisa mudik. Sebab mereka harus tetap stand by menjaga wilayah agar tetap aman.

3. Jauh dari keluarga

Banyak polisi yang harus rela hidup berkejauhan dengan keluarganya. Polisi sering mendapat penugasan di luar kota yang kadang bisa membuatnya jauh dari keluarga.

Bagaimanapun juga tidak semua anggota kepolisian itu punya niat ‘jelek’, tapi tidak sedikit pula yang berkedok ‘baik’ . Kepolisian punya berbagai problematika menyangkut harga diri dan integritas di mata masyarakat.

(bfa)

Advertisements

Posted on 12.09.2013, in My Stories and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: