Advertisements

Bedah Komponen Sistem Pengereman Brembo Untuk MotoGP

ScreenShot0061

Kebutuhan akan pengereman yang baik dikala berada di lintasan, membuat tim balap harus memilih racikan yang pas, dimana komposisi tiap komponen harus berkualitas dan sudah teruji baik dengan metode standart maupun yang ektrim sekalipun (pengujian dengan suhu tinggi, etc). Pabrikan pensuplai rem untuk ajang balap bergengsi sekelas MotoGP tentu punya racikan sendiri, dalam hal ini Brembo dan Nissin. Nah dikesempatan kali ini, berdasarkan yang saya lihat di YouTube, Brembo merilis video tentang bagaimana tiap komponen pengereman Brembo bekerja maksimal dengan standart yang telah ditetapkan.

Di video berdurasi 2 menit 11  detik tersebut dijelaskan pertama, front brake master cylinder yang mampu menerima tekanan maksimum hingga 9 kg. Didukung dengan  front brake master cylinder telemetry yang memiliki displacement sensor (satuan mm) dan pressure sensor (bar). Disambung ke remote adjuster yang membantu rider mengerem motor. Tak lupa ditampilkan pula penjelasan komponen mulai dari bagian depan sampai belakang secara mendetail.

ScreenShot008

Di MotoGP sendiri menjatah 6 sampai 8  ketersediaan rem per musim untuk tiap tim. Maka dari itu tiap tim harus bereksperimen memilih racikan pas untuk komposisi rem depan dan belakang yang akan digunakan. Pastinya rem motor mesti memenuhi persyaratan bobot ringan, kuat, serta tahan panas. Salah satunya dengan pemakaian cakram bermaterial karbon yang beratnya lebih ringan dibanding baja. Berat cakram karbon sekitar 750-800 gram, sedangkan cakram baja 1200-1600 gram, cmiiw. Secara keseluruhan video berjudul ‘The Secrets of Brembo Braking System for MotoGP’ ini cukup memberi gambaran bagaimana tiap komponen pengereman sekecil apapun mempu memberi kontribusi maksimal untuk pengereman optimal.

(bfa)

Advertisements

Posted on 22.09.2013, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. ajibbbbb rem mahal nich 😀
    dulu saat gp belom pake teknologi seperti sekarang ini (gp500:red) , mereka pake sistem pengereman yg terintegrasi dg shock breaker depan dan sistem ini brtahan juga sampe sekarang cuma sekarang jauh lebih advace karena didukung sensor dan dikendalikan komputer

    • teknologi makin maju menuntut rider menyajikan balapan cepat, lebih cepat dari era sebelumnya.
      Makin kenceng motornya, setingan rem mesti lebih canggih lagi 😉

  2. Yudakuzuma

    buffer dulu gan
    berarti model rem di semua motor moto gp kepakemannya sama? :mrgreen:

  3. “sistem rem memag sangat pentig dalam balapan moto gp bila salah pilih akan mengakibatkan ke rugian untuk para pembalap itu sendiri maka pilihlah sistem yang terbaik seperti brembo walaupun itu mahal harganya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: