Advertisements

Icip-Icip Ketan Legenda

DSC05979

Berkunjung ke Kota Batu, Malang, Jawa Timur gak afdol kalau belum nguliner ketan di daerah sepanjang alun-alun. Disana banyak orang jualan ketan yang nyatanya sudah menjadi semacam ikon kuliner Kota Batu. Satu warung ketan yang paling dicari yakni Pos Ketan Legenda 1967 yang terletak di barat alun-alun. Dilihat dari jalan raya, warung ini tidak terlalu menonjol dibanding warung atau bangunan di sekitarnya. Hanya neon box besar yang menjadi petunjuk (jawa: ancer-ancer) ketan yang paling tersohor ini.

Jangan kaget kalau jumlah pengunjung membludak, apalagi pas weekend. Hanya untuk ketan, banyak yang sampai dempet-dempetan mengantri. Setidaknya itu yang saya lihat ketika berada disana. Di luar warung, kursi sudah penuh semua, padahal kursi yang disediakan di luar tidak sedikit. Begitu masuk , untungnya masih ada kursi yang kosong, itupun harus rela berbagi meja dengan pembeli lain. Pos Ketan yang buka mulai sore sampai dini hari ini (itupun kalau ketannya masih ada) punya banyak menu  variasi. Dikatakan variasi karena dasarnya memang ketan, tapi dengan berbagai macam inovasi rasa.

Masuk ke dalam warung, pesan di kasir, dan diberi satu kupon gratis. Ini buat apa coba , ternyata itu nomer antrian pesanan. Jadi mau duduk dimanapun, kalau pelayannya manggil nomor urut kita, langsung diantar ke meja pemesan. Sebelumnya, begitu melihat banyak varian yang ditawarkan, terus terang bikin bingung. Harga seporsi ketan cukup terjangkau,  mulai dari 3ribu-5 ribu rupiah, tunai. Untuk minuman bisa dipilih karena ada banyak menu yang ditawarkan, harga segelas minumannya pun tidak sampai 10ribu. Akhirnya saya pesan sepiring ketan ayam pedas. Alasan pesan menu ini karena di warung-warung lain belum pernah nyobain ketan rasa ayam pedas.

DSC05974

DSC05976

Sembari menunggu pesanan datang, pandangan tidak lepas dari foto-foto yang ditempel di tembok warna hijau di warung itu. Selain tertempel gambar menu-menu yang disediakan, di pos ketan yang ukuran ruangannya tidak terlalu besar itu juga terpampang dengan rapi foto-foto artis yang pernah berkunjung kesana. Mulai dari musisi tenar  Ahmad Albar, Krisdayanti, Yuni Shara, pakar kuliner Pak Bondan ‘maknyus’, bintang sinetron, artis reality show seperti Peppy ‘The Explorer’, sampai tokoh politik Aburizal Bakrie pernah mencicipi ketan disana. Mantep juga nih warung , meski kecil tapi punya nama besar.

Begitu pesanan yang dibawa pelayan datang, langsung saja dijepret , hehe. Alay ? ya dikit sih. Kan mau dibuat foto pendukung tulisan ini. Sendokan pertama, ketan yang disajikan itu di lidah serasa ketan banget. Ditambah cincangan ayam pedas dalam bentuk parutan, menjadikan ketan yang tadinya berasa biasa ini menjadi agak pedas. Tapi tenang, Pedasnya gak mirip mi setan kok. Sebelumnya saya juga pernah pesan ketan dengan campuran susu kental vanilla dicampur meses. Agak aneh , rasa yang menonjol terlalu rame. Ada juga menu ketan campur keju, ada ketan campur durian + pisang, dan masih banyak lagi inovasi menu lain,

DSC05973

Dapat nomer urut 26 .Pas dengan tanggal lahir, hehe

Ketan yang didaerah asal saya disajikan dengan parutan kelapa campur bubuk, itu sudah terasa nikmat. Kalau disini mungkin karena ketatnya persaingan antar warung ketan, mesti terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu pilihan, yang tentunya enak dilidah, dan enak dikantong. Secara keseluruhan, pos ketan legenda 1967 recomended untuk dikunjungi. Yaa meski saya belum tahu siapa yang pertama membuka usaha pos ketan ini. Dari tahun 67 sampai sekarang, 46 tahun jeh!.

(bfa)

Similiar Post : https://aragani.com/2013/06/01/alun-alun-kota-batu/

Alun-alun kota batu via Google Earth. Pos Ketan legenda terletak di sebelah kiri alun-alun (pada gambar tidak terlihat).

Advertisements

Posted on 29.09.2013, in Kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: