Advertisements

Airbrush Velg Ori Jupiter MX : Hitam ke Hijau

jupiter mx airbruh velg, modif warna juiter mx

Sewaktu liburan beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengandangkan si sparta , jupiter MX kesayangan ke bengkel airbrush di daerah dekat rumah. Sebenarnya sudah lama ingin mempercakep tunggangan yang sudah lima tahun bareng saya ini, tapi baru bisa sekarang. Hari minggu waktu itu meski banyak yang nutup, tapi masih ada bengkel airbrush yang buka, meski harus ngantri. Singkat cerita sekitar jam 12 siang, saya menyambangi salah satu bengkel yang disana sudah banyak motor mengantri siap untuk ‘dipermark’.  Untung saja saudara saya kenal dekat dengan pemilik bengkel yang sudah paruh baya . Kabarnya, bapak itu sudah menjalani  pekerjaan sebagai spesialis airbruh motor sejak saudara saya masih kecil , sampai udah nikah sekarang. Lamanya jam terbang beliau membuat saya yakin sentuhannya di motor saya bakal memuaskan.

Tidak lama menunggu, akhirnya saya dan saudara memutuskan untuk mengampelas sendiri kedua velg motor. Karena menunggu bapak itu selesai mengerjakan antrian lain memakan waktu lama. Langkah pertama tentunya pembongkaran dan pelepasan roda  kemudian mengurangi volume angin ban agar lebih memudahkan pengerjaan. Yak  kami bagi tugas mengampelas masing-masing velg depan belakang. Tujuan pengampelasan ini untuk meratakan permukaan velg, agar halus merata. Serta untuk memudarkan warna velg ori yang hitam, agar hasil airbrush lebih maksimal. Proses yang dibutuhkan tidak memakan waktu lama, saya amat menikmati proses itu, disamping sebagai bentuk  perhatian dengan motor sendiri, lingkungan bengkel yang dinaungi pohon jambu dan pohon pisang membuat suasana sejuk, diterpa angin. (jawa : isis) , haha. Setelah pengampelasan kedua velg selesai, proses selanjutnya yakni pencucian velg agar kotoran hasil ampelas terangkat. Kemudian velg dijemur sampai kering, sambil dilapisi kertas koran pada permukaan ban. Tujuannya agar ketika velg dilabur warna, ban tidak ikut kena.

DSC06893

Antrian waktu itu cukup panjang, dan bapak itu kerja sendiri, karena anak buahnya pada libur semua. Maka agar pengerjaan cepat selesai, diputuskan langsung ke toko, beli cat utama, yakni warna hijau. Tiba di toko cat, saya sempat dibuat bingung dengan banyaknya jenis warna hijau yang disediakan. Tapi berdasarkan rekomendasi dari yang punya toko juga, akhirnya saya pilih warna hijau mirip Ninja RR. Saya lupa waktu itu beli berapa ons, yang pasti catnya dapat segelas, dengan harga 30 ribu. Sayang lupa nama merknya. Kembali ke bengkel dan menunggu cukup lama hingga tiba giliran. Velg lantas disemport cat silver, sebagai warna dasar. Setelah dirasa sudah menyatu, lanjut dilabur warna hijau. Penyemprotan warna ini dilakukan berulang-ulang supaya warna hijau tersebar merata. Kemudian dijemur beberapa saat. Setelah dirasa  menyatu, lanjut diberi semprotan anti gores/ pernis merk lux. . . apalah gitu, lupa namanya. Sekedar info, merk yang direkomendasikan oleh bapak yang punya bengkel itu merk platinum. Tapi berhubung muter-muter toko cat gak ada yang punya merk itu, (ditambah ada toko yang sudah tutup) ya terpaksa pakai pernis merk lain.

Setelah pengerjaan selesai, proses terakhir . . .  jemur. Sempat khawatir cat tidak mengering karena hari semakin sore, panas mulai berkurang. Alhamdulilah menjelang magrib velg dan ban sudah bisa dipasang di motor, meski disertai keringat. Keringat perjuangan kami yang memasang terutama ban belakang yang susah untuk dinaikkan. Hari sudah petang, pulang dengan kepuasan. Total penggarapan air bursh velg depan belakang 55 ribu, termasuk ongkos bengkel 25 ribu. Buat yang mau memoles tunggangannya, ada baiknya untuk pemilihan warna dirundingkan dengan saudara atau teman yang berpengalaman, dengan orang bengkelnya juga. Supaya hasil yang diperoleh memuaskan, dan terkesan tidak asal jadi dengan warna yang kurang senada dengan motor kesayangan. Selamat mencoba , hehe 🙂 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 02.10.2013, in My Stories, Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. kereen ijonya…apalagi sama seperti ijonya blade 😀

  2. habis berapa ribu gan ??? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: