Advertisements

Definisi Jenis-jenis Aliran Fotografi Menurut World Press Photo Foundation

World Press Photo Foundation sebagai sebuah foundation / organisasi non profit yang konsen dalam bidang foto jurnalisme dan fotografi dokumenter secara global, serta mempunyai misi mempromosikan  karya para fotografer profesional di tataran internasional, World Press Photo di tahun 2013 ini telah menerima lebih dari 100.000 karya dari sekitar 5.000 fotografer . Tingginya minat para fotografer yang berasal dari 124 negara untuk ikut berpartisipasi tersebut tidak lain karena suatu kehormatan bisa ikut dan bisa memenangkan kontes foto jurnalisme yang berkantor di Amserdarm, Belanda tersebut. World Press Photo membagi kategori berdasarkan genre foto  , dimana tiap kategori sudah didefinisikan sendiri menurut yayasan yang telah berdiri sejak 1955 itu. Berikut definisi tiap kategori yang saya ambil dari grup fotografi di facebook (lupa sumbernya).

 1. Spot Photo, yakni foto yang dibuat atau diambil dari peristiwa yang tidak terjadwal (spontan). Misal foto peristiwa kecelakaan, kebakaran , dan perang. karena dibuat dari peristiwa yang jarang terjadi dan menampilkan konflik serta ketegangan maka foto spot harus segera dipublikasikan. Dalam pengambilan foto ,  faktor keberuntungan dan keberanian sangat diperlukan. Hal ini penting agar emosi yang muncul dalam peritiwa menjadi nilai lebih sehingga foto lebih bermakna.

2. General News merupakan foto yang diabadikan dari peristiwa yang terjadwal, rutin, dan merupakan keseharian. Mempunyai banyak tema seperti politik, sosial, ekonomi, dll.

3. People in The News , merupakan foto tentang orang atau masyarakat dalam suatu berita. Yang ditampilkan adalah pribadi atau sosok yang menjadi berita itu. Contohnya foto Obama saat menghadiri pertemuan, Jokowi saat blusukan di daerah perkampungan Jakarta, dll.

4. Daily Life adalah foto tentang kehidupan sehari-hari manusia dipandang dari segi kemanusiawiannya (human interest). Misal tentang foto pedagang baju yang sibuk melayani penjual, atau pedagang asongan yang menjajakan dagangannya ditengah cuaca terik.

5. Potrait adalah foto yang menampilkan wajah seseorang secara close up (“mejeng”). Ditampilkan karena adanya kekhasan pada wajah yang dimiliki atau kekhasan lainnya. Perlu adanya kedekatan antara fotografer dengan model untuk menangkap kekhasan ala foto potrait ini.

6. Sport Photo adalah foto yang dibuat ketika ada peristiwa/ event olahraga. Pada pengambilan foto ini, dibutuhkan peralatan foto yang memadai, karena objek dengan si pemotret berada pada jarak tertentu. LIhat aja fotografer yang biasa meliput di stadion, lensa yang mereka gunakan berukuran panjang dengan spesifikasi khusus. Serta fotografer di sirkuit balap, dimana kamera yang digunakan mampu mem-freeze-kan objek dengan fokus tinggi.  

7. Science and Technology adalah foto yang diambil dari peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya pada foto-foto di bidang kedokteran, teknologi peralatan yang digunakan di pabrik, dll.

8. Art and Culture adalah foto yang dibuat dari peristiwa seni dan budaya. Misalnya foto pagelaran wayang, dsb.

9. Social and Environment adalah foto-foto tentang kehidupan sosial masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Contoh foto penduduk disekitar TPA Sampah dan kegiatannya, pemburu yang fokus membidik hewan buruannya, dll.

Kurang lebih seperti itu definisi yang bisa saya tangkap. Oiya mungkin kalau ada penulis lain yang sekiranya melihat ada kesamaan antara tulisannya dengan tulisan saya ini, bisa komen dibawah. Karena saya sendiri lupa link tulisan aslinya, hehe, tapi tulisan diatas ada yang saya edit. Btw kalau ada yang tertarik ikut partisipasi di kontes bergengsi foto tahunan ini untuk 2014,  pendaftaran dibuka mulai Desember 2013 hingga 15 Januari 2014 mendatang. Info lebih lanjut mampir aja di official web-nya disini . Oke semoga tulisan ini berguna, semoga fotografer dari Indonesia bisa menang lagi 🙂 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 25.10.2013, in Fotografi and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: