Advertisements

(Step By Step) Ganti Domain Gratisan WordPress Jadi Domain Dot Com , Tanpa Punya Akun PayPal/MasterCard/Visa

Bagi pemilik akun wordpress dengan domain gratisan (misal: blogku.wordpress.com) yang ingin mengubahnya dengan domain berbayar (misal: blogku.com) ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Karena kita membeli domain dari wordpress, maka untuk urusan pembayaran kita sediki repot dengan mengikuti langkah yang ada. Dari pihak WordPress sendiri menawarkan dua opsi pembayaran, via PayPal dan Credit Card. Kartu kredit disini dikhususkan untuk pemegang kartu Visa dan Master Card. Bagaimana jika kita tidak punya akun paypal dan ditambah lagi kartu kredit yang kita punya tidak support / memang tidak ada kartu Visa atau MasterCard ? disini saya coba share langkah alternatif yang bisa dilakukan, yang pasti proses pemindahan domain gratisan ke domain berbayar (dot) com tidak butuh waktu lama.

Sekedar informasi merubah domain menjadi dotcom bukan berarti pemilik blog memiliki akses penuh terhadap konten dari blog itu sendiri. Masih ada beberapa batasan seperti tidak bisa menambahkan plug-in atau mengganti theme secara leluasa, isi konten yang harus sesuai dengan syarat dan ketentuan penyedia hosting (wordpress, blogspot, dll), dan yang biasa dikeluhkan profesional blogger ialah tidak bisa leluasa menempatkan iklan di laman blognya. Solusi terbaik yakni bermigrasi ke layanan self-hosted, lebih lanjut tentang layanan ini bisa search di google. Self-hosted memungkinkan pengguna mengendalikan blog dengan hak akses penuh, dengan konsekuensi biaya lebih. Pengguna mesti lebih selektif dalam memilih penyedia jasa self-hosted karena apa yang dibayarkan haruslah sesuai dengan apa yang didapatkan.

Pengguna bisa memilih penyedia hosting murah dengan layanan domain gratis selamanya, garansi harga murah, garansi uptime 99.9%, dan garansi 30 hari uang kembali tanpa syarat, seperti Niagahoster (PT. Web Media Technology Indonesia), merupakan penyedia hosting murah dengan disk space dan bandwidth unlimited, technical support 24 jam, cPanel, SuperMicro server, dan datacenter tier-3 Biznet yang canggih di Indonesia. Menggunakan teknologi server terbaik yang dioptimasi untuk website WordPress, Joomla, Drupal, dan PHP. Selain itu juga menggunakan pengoptimalan teknologi hosting untuk WordPress, antara lain: Latest Softaculous (WP 1-click install + ratusan Premium WP Themes for FREE), Multiple PHP Version (PHP 5.2, 5.3, s/d 5.6), CloudLinux dengan Teknologi LVE, dan masih banyak lagi.

Kembali ke topik untuk pemindahan domain gratisan ke domain berbayar (dot) com. Pembahasan pertama, memilih opsi pembayaran via Credit Card, kenapa tidak PayPal ? karena ingin mengoptimalkan kartu kredit bank lokal yang saya miliki. Disini saya memakai layanan Virtual Credit Card (VCC) yang dapat dibeli di web penyedia jasa VCC. Atas rekomendasi dari salah satu rekan, saya coba di vccmurah(dot)com . Berikut langkah-langkah mulai awal sampai ber-dot-kom, woles aja bacanya.

ScreenShot006

  1. Pertama, masuk ke homepage-nya VCCmurah, disana disajikan berbagai pilihan pembelian, pilih link ‘ VCC Belanja dan Stiforp’. Setelah itu kita diarahkan ke menu ‘Jual VCC Prabayar VISA untuk Belanja Online’ , disana kita bisa memilih satu dari daftar harga VCC yang ada. Sekedar mengingatkan untuk penyewaan domain di wordpress, dibanderol $18 , maka dari itu kita pilih VCC Belanja $20. Ya meski harga yang ditawarkan dalam rupiah sedikit lebih mahal , itung-itung keuntungan yang diambil web penyedia jasa ini sekitar 50ribuan, kalau saya hitung dengan nilai tukar dolar terhadap rupiah waktu itu.
  2. Setelah mantap ambil VCC Belanja $20 , selanjutnya kirim pesan via SMS /BBM/ YM dengan format dan langkah-langkah yang ada pada gambar diatas. Waktu itu setelah konfirmasi via SMS, saya menerima balasannya satu jam kemudian. Isi pesannya yakni ‘credit card number’ beserta ‘security code’, dan tanggal kadaluarsa-nya (expiration date). Oke yang ini selesai.ScreenShot012
  3. Sekarang beralih ke dashboard wordpress, cari dan pilih menu ‘Store à Domains’. Ada form kecil tempat menuliskan alamat yang kita inginkan dengan akhiran (dot) com , setelah server wordpress mengecek tidak ada alamat situs yang sama dengan yang kita inginkan, lanjut klik ‘Add domain to blog’.ScreenShot013ScreenShot002
  4. Masuk laman registrasi, isi biodata diri. Usahakan sama dengan yang di KTP, untuk jaga-jaga. Setelah semua form lengkap terisi, jangan centang opsi “Make my personal information private for . . . “ karena jika opsi tersebut dicentang, kita tambah biaya lagi $8, kegunaannya agar informasi pribadi kita di privatisasi (Private Registration). Setelah itu lanjut klik ‘Register Domain’. Di laman selanjutnya tetap pilih ‘Just Normal Registration’.ScreenShot014
  5. Selanjutnya kita diarahkan ke form ‘Choose a Payment Method’ , nah disini kegunaan pengurusan kartu kredit virtual tadi itu , setelah kita mengisi asal negara dan kode pos , isikan nama anda sesuai kartu identitas yang di form sebelumnya sudah diisi. Setelah itu isikan ‘Credit Card Number’, ‘Security Code’ beserta ‘Expiration Date’. Ceklist opsi ‘Remember details’ , dan akhiri proses di form ini dengan klik ‘Purchase‘.ScreenShot015
  6. Dalam hitungan detik kini alamat situs dengan akhiran (dot)com sesuai yang kita inginkan telah muncul. Pada kolom primary jangan lupa klik pada ‘bullet’ alamat situs baru .Jadi ketika nama tersebut diketik di address bar, web kita muncul dengan alamat baru, meninggalkan tanpa menghapus yang lama. Setelah itu klik ‘Update Primary Domain’.
  7. Udah Segitu aja.

Demikian yang bisa saya sampaikan tutorial mengganti domain wordpress dari gratisan menjadi berbayar. Keuntungan yang bisa diambil dari (dot)com ini kita bisa memasang iklan di blog melalui layanan WordAds yang resmi dari wordpress sendiri. Selain itu dengan mengganti (dot) com web kita menjadi tampak profesional, dan orang menilai web tersebut dikelola dengan serius. Mungkin dari step by step  diatas ada yang kurang atau ada yang perlu dikoreksi, monggo pendapatnya. Semoga share pengalaman saya ini berguna 🙂 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 04.11.2013, in My Stories, Techno|internet and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 98 Comments.

  1. josdah,,,, mudah mudahan kangbro bisa menyusul yo hehehe 😀

  2. Ooh begonoh… ok, terimakasih tutorialnya.. sangat bermanfaat.. nnti saya coba di wp saya. http://pulauseribuindah.com

  3. Saya bookmark dulu… 😀

  4. dimas arif antonio

    saya kapan ya -_-

  5. thanks for any advice or info is very interesting and here I find info about a very nice and useful, his article also its unmatched good of the many I have read this article. pulau tidung

  6. Yang jadi pertanyaan adalah:
    1. ketika orang berkunjung ke blog saya yang lama dirantingcemara.wordpress.com akan langsung menuju situs baru saya? Maksudnya ketika mencari di google atas artikel saya yang ada di wordpress.com maka akan langusng dialihkan ke situs baru saya?

    2. Apakah jumlah hits di blog lama (wordpress.com) akan dialihkan juga dengna jumlah yang sama di situs baru?

    3. Misal ada produk online shop mau pasang iklan di blog saya yang baru. bisakah itu dilakukan?

    Terima kasih atas jawabannya. Semoga Tuhan balas kebaikan Anda.

    • Menjawab nomer 1 & 2 , Bener mas, langsung menuju ke situs yang pakai domain baru. Karena setau saya proses mapping sudah otomatis dilakukan oleh pihak wordpress. Jadi kita gak perlu repot lagi. Semua otomatis dialihkan termasuk hits.

      Setau saya pemasangan sponsor di blog sebenarnya bisa, asal cuma pakai link sewajarnya.

      imho, cmiiw 🙂

  7. Maap mas mau nanya,,, jika saya sudah mengganti nama domain wordpress ke do com misalnya,,, apakah fitur untuk ganti template di wordpress itu tersedia mas atau gimana ?

    • fitur ganti template maksudnya yang seperti ganti tema ?
      tergantung dari jenis template, soalnya ada yang free dan berbayar. 😉
      cmiiw

  8. Nice articel om! Lagi nyari-nyari info juga nih kebetulan hehe

  9. saya masih sedikit bingung mas…maklum masih pemula 🙂
    kenomor mana saya bisa hubungi mas??
    saya mau nanya…byr lebih gampang mengerti nya…
    email aja Phone number mas ke

    anshari.hrp@gmail.com

    mohon di bantu mas

  10. mau nanya mas, misalkan kita sudah upgrade domain gratisan menjadi dot com , pada bagian tema-nya bisakah kita donlot/upload dan di edit, seperti tema/template pada blogspot.com, apakah masih di batasi seperti di saat kita masih menggunakan domain gratisan ?

  11. Terimakasih banyak gan atas tutornya.. sangat komplit.. sudah saya praktekkan dan berhasil.. Saya undang agan untuk mampir di blog saya…

  12. thanks infonya…mo ubah blog wordpress gratisan , menjadi berbayar nih…moga bias berjalan dengan lancer…amin.

  13. Mas…kalau sudah jadi .com lalu balik ke yang gratisan bisa juga kan? maaf nih masih banyak tanya. soalnya jangan sampai saya nyesel. hehehehe

    • Setahu saya bisa mas. Itu kan beli domain .com-nya harus diperbarui setaun sekali. Jadi kalau setelah setahun tidak diperbarui maka jadi versi gratisan lagi (domain .com jadi wordpress.com lagi).

      cmiiw

  14. Mas kalau pakai dotco bagaimana mas? karena com sudah kepakai.

  15. bang tanya dong, sekali bayar pas registrasi itu kan abang pilih $20. terus tiap tahunnya bayar kan? kira2 berapa?

  16. nice article

  17. ini biaya hosting gratis, atau harus biaya hosting tahunan, thanks

  18. wah, keren kalo punya domain dengan nama sendiri tanpa embel2 😀

  19. Sangat membantu artikelnya. Very good article. Thank you very much.

  20. mantap sekali gan infonya, nanti saya mnt bantuannya untuk gnti domain blog saya, http://www.pasarlahat.com

  21. saya juga ingin merubah dari gratisan ke profesional,dot com masih bingung.
    untuk mencari barang2 second ps2 second slim

  22. It’s very trouble-free to find out any matter on net as compared to textbooks, as
    I found this post at this web page.

  23. Trus bayarnya yang ini gimana di hostingnya ? .-.

  24. Makasih Gan sudah berbagi info….

  25. Masih agak bingung juga cara merubahnya…hehehe…
    Tapi pengen banget merubah jadi domain sendiri, biarpun telat juga baru mulai belajar nge-blog 🙂

  26. Aling Apotik Jual Berbagai Macam Obat Bius, Obat Bius Cair, Obat Bius Hirup, Obat Bius Serbuk, Obat Bius Suntik, Obat Bius Hewan, Obat Bius Spray, Obat Tidur Cair, Obat Insomnia, Obat Anti Depresan, Obat Penenang, Obat Bius Pria dan Wanita, Obat Perangsang Pria dan Wanita Murah .

    Info Lebih Lengkap Silahkan Kunjungi Website Kami :

    http://www.alingapotik.wordpress.com

    Info Pemesanan Hub.

    Aling Shop

    Call Or SmS: 085943324477 – 081231237032

  27. Min kalo misal pengen ganti ke dot kom dari domain gratisan apakah emang wajib beli di wordpress nya ya untuk domain dan hostingnya?

  28. queencyblooms

    saya sebenernya juga mauuuu, mau banget! udah disaranin temen juga dan dia bilang byk untungnya kalo mengubah domain seperti ini. tapi ya itu tadi, karena pake atm vida begitu jadi saya kesulitan. saya gapunya atm -_- susah kan? huhu saya terlalu males buat rekening dan sekarang jd ksulitan sendiri 😦

  29. jadi itu nanti bayarnya setahun $20 ke vcc nya itu doang kan? ga ada pembayaran yg lain lagi?

  30. kalo saya sudah punya vcc (yg exp 3 tahun)dan sudah bikin paypalnya, terus untuk bayar 18dolar kewordpressnya, apakah saya harus transfer 20dolar dulu kevcc baru vcc kepaypal dan paypal kewordpress?

  31. Mau tanya gan, misal udah pke domain dotcom apakah udah bisa pasang iklan ppc seperti google adsense

    • untuk wordpress hanya bisa pasang iklan dari wordads .. karena kalo masukin script iklan seperti adsense biasanya bakal di banned, cmiiw.

  32. Keren Om… Blog Ane Masih http://lajupacu.wordpress.com/ pengen ganti http://lajupacu.com/ saja…
    cara bayar Vcc nya gimana om???

  33. jika mau instal plugin apa harus bayar lagi…

  34. mas jika saya sudah beli hosting di tempat lain,bukan dari wordpress apakah bisa saya memindahkan blog wordpress saya ke hosting tersebut

  35. saya juga lagi menabung aja nih kang pengen beli hosting sama domain

  36. Relinda Puspita

    Btw, ini beli domain dan hostingnya di mana, mas? Terus kalo selama ini punya blog pake wordpress.com dan mau ganti jadi .com, apa benar migrasinya susah dan ada biaya lagi? Tks.

    • Untuk jasa hostingnya sudah saya sebutkan diartikel diatas.

      Dari wordpress ditarik $18 , dan setelah melengkapi persyaratan maka blog sudah langsung (dot) com . tidak perlu mengurus macam-macam. simple kok.

  37. ehh kalau mau bayar VCC nya yang $20 itu lewat mana gan ???

  38. info menarik segera menuju ke TKP

  39. wah jadi pengen punya wp hehe

  40. Paket Pulau Pari Murah kunjungi kami di http://permatamandiritour.com

  41. mksih banyak mau brbagi. Sy rencana mau migrasi. Pianseptiana.wordpress.com.
    Mudah2an brhasil.

  42. Salam blogger, gan kalo misalkan ane pake wordpress Jepang dan biaya yang harus dibayarnya memakai yenes apakah bisa dari vcc dollar otomatis jadi mata uang yen?

  43. wah lengkap banget tutorialnya, pake gambar lagi..mantap!

  44. Salam bloger, saya mau nanya mas. Saya mencoba meupload gambar ke wordpress gratisan saya. Namun ngak bisa, katanya “Not enough space to upload”.
    Pertanyaannya: Apakah dengan mengubah menjadi dot.kom menjadikan spacenya bertambah juga mas.

    Terimakasih sebelumnya mas,.

  45. Jadi ini serius mas setelah update dotcom tetep gak bisa leluasa ganti theme dan pasang plugin?

  46. Nah ini solusi yang saya cari berhubungan sama pembayaran…

  47. Setelah domain dirubah apa bisa untuk pasang adsense? Terima kasih

  48. wah,, terimakasih lho ini tips nya sangat bermanfaat,, bakalan segera di coba,, kurang lebih 20$ lah ya?atau 250 ribuan buat setaun ya berati?

  49. Min, klo misalkan beli domainnya aja untuk wordpress bisa gk? jdi gk usah sama hostingnya gitu…

  50. ini tips nya sangat bermanfaat,, bakalan segera di coba

  1. Pingback: DOT COM! | Catatansiubay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: