Advertisements

Waspadai Curanmor Modus Penukaran Plat!

Semakin ketatnya penjagaan di pusat keramaian, bisa jadi disana sering terjadi aksi curanmor. Hal seperti itu yang saya lihat di kampus. Dibeberapa gerbang keluar satpam memeriksa STNK dan plat nomer dengan teliti. Jika yang mengendarai berpakaian mencurigakan, seperti memakai pakaian serba hitam, bawa tas besar, serta saling berboncengan. Satpam bisa memeriksanya lebih teliti semisal dengan menunjukkan KTM atau kartu pegawai, dsb. Di pusat perbelanjaan sekarang ini  penjagaan lebih ketat, apalagi di mall.

Begitu masuk loket tempat parkir, kamera cctv standby mengawasi. Setiap nomer plat kendaraan dicatat, dan kita diberi karcis masuk yang juga sebagai bukti keluar parkir bersama STNK. Tak jarang di beberapa mall pengecekan dilakukan secara langsung. Pernah motor saya digoyang-goyangin platnya, khawatir plat tempelan mungkin. Namun meski dilengkapi sistem yang sedemikian canggih , masih  saja ada yang kehilangan kendaraan. Ada salah satu modus yang biasa dilakukan pencuri saat beraksi di tempat keramaian. Seperti uraian berikut yang saya dapat dari broadcast, yakni modus mengganti plat nomor polisi dan mengaku kehilangan karcis parkir yang akhir-akhir ini marak terjadi.

DSC02408

Penting! waspadai modus kejahatan baru dengan menukar plat nomor kendaraan ! Modus ini digunakan untuk para pencuri sepeda motor di mall yang dijaga oleh jasa parkir. Pelaku datang ke mall dengan membawa plat nomor bawaannya sendiri berikut stnk asli. Pelaku akan mencari sepeda motor bertipe sama dengan yang tertera di stnk. Biasanya sepeda motor yang diincar letaknya jauh dari loket pembayaran parkir. Setelah menemukan motor yang sesuai, pelaku akan menukar plat nomor yang terpasang dengan plat nomor yang dibawanya. Setelah terpasang maka pelaku akan aman saat keluar dari loket parkir karena motor yang ditumpanginya telah sesuai dengan stnk. Tiket parkir yang diminta akan dibilang hilang. Atas hilangnya tiket parkir, pelaku hanya akan dikenakan denda terbesar Rp 50.000 (denda di sebagian tempat ada yang lebih murah lagi, red). Tips: untuk menghindarinya, parkirlah di tempat yang terawasi oleh petugas parkir dan gunakanlah kunci pengaman tambahan.

Modus curanmor seperti itu dibenarkan Komisaris Besar Rikwanto, selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, sebagaimana dilansir motodream, beliau menyarankan pengelola parkir pusat perbelanjaan agar lebih jeli dan lebih ketat mengawasi keluar masuk kendaraan yang parkir. Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan dari setiap tindak kejahatan yang mungkin terjadi. Menurut beliau, sistem keamanan di pusat perbelanjaan sudah canggih, nomor plat kendaraan bisa langsung tertera di layar komputer yang tersedia di loket karcis. Maka ketika di komputer tidak tercantum nomor kendaraan yang hendak keluar tersebut, maka petugas parkir bisa menahannya.

Pusat perbelanjaan modern sudah bisa mendeteksi sejauh itu, tapi bagaimana dengan tempat lain yang masih membutuhkan keahlian petugas parkir ? seperti yang saya bahas diawal, kecurigaan petugas security terhadap siapa saja yang mencurigakan bisa saja salah. Tapi kewaspadaan harus tetap diutamakan, sedangkan untuk pemilik kendaraan, solusi tepat saat ini memang dengan cara memasang alarm anti maling dan pengaman ganda lain seperti gembok, dll , dan juga parkir ditempat yang masih dalam jangkauan pengawasan petugas parkir. Gak cuma baru, motor butut sekalipun masih bisa hilang, Harap waspada.

(bfa)

Advertisements

Posted on 06.11.2013, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Sip, oya bos, tolong diulas cara memasang kunci ganda/alarm anti maling yg simpel tapi maknyoossshh… Hehe.. Ditunggu artikelnya bos. Tengkyu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: