Advertisements

Kawasaki J300 ; Inovasi Skutik Premium Pertama Kawasaki

Kawasaki  memamerkan skuter matik premiumnya di gelaran EICMA desember ini. Seperti kita ketahui pabrikan ini dikenal sebagai produsen yang terkenal akan varian sportnya mulai kubikasi kecil sampai kelas superbike. Bermula dari info syuting di Milan sampai spyshoot beberapa waktu lalu, Inovasi baru Kawasaki terendus via media Insella it, skutik premium pertama pabrikan hijau lemon itu akan segera diperkenalkan.

Kawasaki J300, sesuai nama yang diusung kubikasi mesin 300 cc dengan ‘J’ singkatan dari jyounetsu yang berarti passion atau gairah dalam bahasa jepang. Sebagaimana kerjasama BMW dengan Kymco untuk pengembangan mesin C650GT dan C600 sport, Kawasaki turut bekerjasama dengan pabrikan asal Korsel itu untuk pengembangan sektor mesin, sasis, dan bodi.

Kawasaki J300 hadir sebagai Inovasi dalam mobilitas di perkotaan. Motor ber-silinder tunggal SOHC berpendingin cairan dengan sistem pengkabutan injeksi ini dilabur hitam sebagai warna utama mulai dari sektor headlamp, sampai spatbor belakang. Diselingin abu-abu dan sedikit strip putih dipadu hijau sebagai warna identitas Kawasaki.  Dua varian warna lain yang terlihat yakni hitam polos dan abu-abu polos. Ketiga warna ini tetap memakai warna abu-abu di behel belakang. Bentuk bodi sekilas mengingatan saya dengan Yamaha T-Max tapi ini dengan sisi menajam. Model lampu khas Ninja series banget.

Mesin murni 299 cc yang kemungkinan besar Kymco adaptasi dari K-XCT 300i itu diklaim mampu tembus power maksimum 29,5PS @8.500 rpm. Dengan torsi 24,4 Nm @6.500 rpm. Ukuran ban 120/80-14 M/C58S  dan 150/70-13 M/C 64S untuk ban belakang. Mengusung velg 15 dan 14 inci di roda depan belakang dengan tipe velg CW alumunium. Mengusung sok depan model teleskopik dengan diameter inner tube 37mm, kemudian dual shockbreaker belakang model adjustable dengan lima model setingan, sektor pengereman mengusung rem tipe petal-style ABS dengan cakram tunggal depan belakang. Kaliper piston ganda di ban depan, dan single piston untuk belakang.

”Sangat penting bagi kami dengan mengeluarkan model skuter untuk Eropa. Kami akan menghadirkan teknologi tinggi dan desain khas Kawasaki. Kami bangga dengan desain skuter pertama ini di Eropa. Kami mengembangkannya dengan gairah yang sama dengan produk lainnya,” jels Keishi Fukumoto, Design Project Leader Kawasaki J300 sebagaimana dilansir Kompas Otomotif.

Kawasaki juga memberi perangkat tambahan berupa boks gede yang muat satu helm full face dan satu unit laptop 11 inci, weeh. Tidak hanya itu bagasi di jok bawah juga cukup luas, bisa muat satu helm full face. Menyinggung harga, kabarnya banderol skutik premium ini cuma 4700 Euro, sekitar Rp 70 juta-an , murah:cool: . . Karena Kawasaki tidak perlu riset dari awal lagi, konsep rebranding seperti ini cukup manjur untuk menekan harga jual. Berbasis mesin Kymco, berdesain Kawasaki, mantap! . Apa ada kemungkinan setelah eropa lanjut ke pasar asia terutama Indonesia ? tidak menutup kemungkinan, tapi tidak dalam waktu dekat juga ( Untuk spesifikasi bisa dilihat disini ) ,

(bfa)

Advertisements

Posted on 02.12.2013, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. masuk Indonesia ga yah kira2?

  2. Mirip PCX nya Honda, ga kalah keren. Keliatan lebih besar PCX, yang ini kyk lebih pendek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: