Advertisements

Gimana Jadinya Kalau Bat-Bike dibawa Ke Indonesia ?

Tokyo Motor Show 2013 yang dibuka mulai 20 November lalu menghadirkan banyak produk baru yang disediakan pabrikan sebagai perkenalan pra launching, atau sebagai unjuk kebolehan inovasi. Kawasaki misalnya, men-display salah satu motor konsep yang dinamakan Bat-Bike dengan sentuhan warna yang khas pabrikan tersebut. Sesuai namanya Kawasaki ingin menunjukkan bahwa motor konsep yang belum diketahui speknya itu mirip seperti motor yang dikendarai Batman. Pertama melihat fotonya, saya malah mikirnya motor ini yang di film Tron Legacy itu. Seandainya motor ini tidak lagi konsep tapi sudah dijual bebas, akan seperti apa ?

Gambaran sederhana, ergonomi yang dipastikan menunduk nyaris rebahan membuat siapa saja yang mengendarai harus punya fisik prima. Tidak mengalami masalah pada tulang belakang sebelumnya, hehe. Motor dengan bentuk seperti itu paling enak dibawa saat jalanan mulus, sepi, dan lebar. Angin akan mudah terpecah saat kecepatan tinggi dengan ergonomi menunduk. Di luar negeri seperti jalanan amerika yang jalannya lebar-lebar nan sepi, bisa dibuat ngebut. Bagaimana di Indonesia ?

Jalanan macet, membuat siapa saja yang naik Bat-Bike ini merasa pegal-pegal karena harus sering berhenti dan main kopling (motor ini kopling manual gak sih ? ). Belum lagi rider dituntut mampu main zig-zag alias nyempil di kerumunan melewati mobil atau kendaraan lain didepannya. Mengingat spek belum diketahui, saat rider membawa motor ini, shockbreaker harus optimal dengan kemampuan meredam kejutan saat melintasi polisi tidur, bebatuan, jalan berlubang, dan genangan air bekas hujan semalam. Bat-Bike dibawa ke pasar sepertinya keputusan tepat. Orang-orang bakal ngelihatin. Mereka penasaran, selain karena keren, dengan motor tanpa gantungan atau bagasi luas, gimana caranya bawa barang belanjaan dengan posisi badan menunduk ?.

Ah sudahlah.

(bfa)

Advertisements

Posted on 03.12.2013, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: