Advertisements

Solusi Penipuan Jual Beli Online, Pos Indonesia Akan Buka Jasa Kliring Khusus

Sering maraknya bisnis online membuat kasus penipuan makin banyak. Tak hanya dari pihak pembeli, penjual pun juga tak luput dari aksi penipuan dengan modus transaksi. Melihat celah kekurangan serta besarnya potensi yang bisa diraih, Dahlan iskan selaku Menteri BUMN tahun depan berencana membuat terobosan baru di salah satu BUMN dengan memfasilitasi bisnis online agar lebih aman dalam bertransaksi.

”Saya berbisnis online dan berkali-kali ditipu pembeli. Solusinya apa agar transaksi saya aman?” tanya mahasiswa jurusan komputer yg sudah dua tahun berwiraswasta itu dalam sesi tanya jawab saat kunjungan Dahlan Iskan ke Universitas Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (23/11) lalu. Mantan Dirut PLN itu menuturkan bahwa 2014 nanti PT Pos Indonesia akan membuka layanan baru berupa jasa kliring khusus online. Bos Jawa Pos itu menuturkan dengan adanya layanan ini penjual dan pembeli  tidak harus bertransaksi langsung , maksudnya pembeli langsung bayar ke penjual dan penjual langsung mengirim barang ke pembeli.

“Kalau bank, mereka dipercaya oleh masyarakat tetapi tidak punya jalur distribusi. Sedangkan PT Pos cocok untuk itu, karena memiliki sisi kepercayaan dari masyarakat dan punya jalur distribusinya,” kata Dahlan sebagaimana dilansir Liputan6.com

Jasa kliring online memungkinkan pembeli membayar dan mengambil barang di kantor pos. Sedangkan penjual cukup mengirim dan ambil uang pembayaran sesuai jumlah yang disepakati via kantor pos. Transaksi tidak berjalan secara langsung dan kantor pos mendapat keuntungan dari tarif penitipan. Semoga saja layanan ini dapat terealisasikan dengan lancar tahun depan. Bukan tidak mungkin potensi jual beli online di Indonesia akan semakin tinggi nantinya.

(bfa)

 

 

Advertisements

Posted on 06.12.2013, in Techno|internet and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: