Advertisements

The Facts of The Ninja

Saya baru tahu ternyata kehidupan ninja di jaman Jepang tempo dulu memang sangat keras. Membaca postingan smart is on di facebook, membuka mata saya akan ‘profesi’ intelijen yang bekerja secara profesional dengan cara tradisional. Memang tidak salah filosofi ninja yang bergerak tanpa jejak, menyerang seketika menjadi filosofi bagi sebagian orang termasuk dalam strategi bisnis. Simak beberapa fakta mengenai ninja berikut ini.

(1) Meskipun diselimuti misteri ratusan tahun lalu dalam sistem feodal Jepang, ninja memang nyata adanya. Ninja adalah kelompok tentara bayaran yang melakukan pembunuhan atau aksi spionase.

(2) Ninja tentu saja menggunakan matahari untuk mengetahui waktu. Kemampuan yang lebih tinggi adalah menentukan waktu berdasarkan derajat terang tidaknya mata seekor kucing.

(3) Ninja menggunakan bintang untuk menentukan arah. Hal-hal tidak umum seperti menandai tempat berdasarkan tunggul pohon juga mereka gunakan sehingga mereka selalu tahu dimana mereka berada.

(4) Ninja beristirahat di atas pohon dan mampu bertahan hidup dengan pengetahuan mengenai hal yang bisa/tidak dimakan di hutan. Sumber air mereka dapatkan dengan memperhatikan perilaku semut.

(5) Ninja membawa jangkrik di saku. Mereka adalah teman terbaik bagi seorang pembunuh.

(6) Untuk menjadi pembunuh terlatih, ninja mengikuti seperangkat aturan yang sangat serius. Sekelompok ninja tidak akan mengeroyok korban melainkan melawan satu per satu untuk mempertahankan kehormatan dan tidak dijadikan olok-olok sebagai pengecut.

(7) Selain shuriken dan panah yang sudah dicelupkan dalam racun, ninja menggunakan ‘ashiko’ yaitu cakar berduri yang bisa dikenakan pada kaki untuk memanjat lebih cepat dan memberikan tendangan mematikan (Senjata lainnya bisa dilihat pada gambar).

(8) Ninja tidak membuat suara ketika sedang berjalan/beraksi.

(9) Ninja memakai seragam hitam yang disebut shinobi shozoku.

(10) Ninja memiliki berbagai kode tangan untuk saling berkomunikasi dengan temannya.

(11) Supaya tidak terdeteksi, ninja akan mengelabui dengan ‘ashiaro’ atau jejak kaki palsu pada sepatu mereka yang akan membuat orang berpikir merekaadalah anak kecil atau orang tua.

(12) Ninja memiliki kemampuan menyeberangi air menggunakan berbagai rakit dan modifikasi sepatunya.

(13) Ninja membawa bom asap dengan tujuan mengalihkan perhatian musuh-musuhnya sewaktu mereka menghilang.

(14) Ninja wanita dikenal sebagai “Kunoichi.”

(15) Ninja memiliki pemimpin klan dan pemimpin klan sering menjadi sumber banyak legenda dan patung.

(16) Meskipun dikenal sebagai ninja, para korban mereka mengenal ninja dengan sebutan ‘shinobi’ yang berasal dari kata dasar “mencuri.”

(17) Ninja berbeda dengan Samurai. Samurai adalah bangsawan yang mengikuti kode Bushido pertempuran sedangkan ninja direkrut dari kelas sosial ekonomi lebih rendah. Mereka juga berbeda dalam loyalitas. Samurai loyal pada kaisar sedangkan ninja bisa disewa oleh siapa saja yang membutuhkan jasanya

Kabarnya keberadaan ninja sekarang ini hanya tersisa satu orang dan ia menolak menurunkan ilmunya ke orang lain. Penggunaan jangkrik sendiri sebagai serangga andalan memungkinkan ninja mampu mendekati target secara tiba-tiba. Karena suara jangkrik menyamarkan langkah mereka, cmiiw. Sepertinya di Indonesia di tahun 90-an juga marak ninja berkeliaran, mereka umumnya bergerak malam hari dan punya tujuan tertentu seperti pencurian misalnya. Pastinya filosofi ninja dapat menginspirasi tiap orang untuk segera bertindak tanpa perlu orang lain tahu, dalam hal positif tentunya.

(bfa)

Advertisements

Posted on 08.12.2013, in My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. mestinya dipake buat memata2i pejabat yg korup, buat ngedapetin barang bukti…

    • Nah!!! Mungkin di KPK harus ada divisi mata-mata top secret kayak ninja gitu . atau mungkin selama ini memang sudah ada tapi publik tidak tahu (?) 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: