Advertisements

Grace Hopper, Penyusun Salah Satu Bahasa Pemrograman Modern Pertama

Kemarin (9/12) yang sempet online pasti tahu google memasang gambar seperti dibawah ini…

ScreenShot017

Wanita yang digambarkan sedang menginput data di sebuah komputer dan keluar secarik kertas sebagai output itu bernama Grace Hopper. Berawal dari rasa penasaran membuat saya terus mencari info  seistimewa apa sih beliau sampai google mencantumkannya dengan kalimat “Grace Hopper’s 107th Birthday” itu.  Menurut data yang saya temukan, Grace Hopper adalah seorang ilmuwan komputer tepatnya salah satu programer komputer Harvard Mark I  dan mengembangkan kompiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Beliau menyusun  konsep bahasa pemrograman independen dari mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Ya, itu yang saya baca di wiki. Ternyata lagi, istilah ‘debugging’ yang sering saya tahu dari komputer yang kadang error itu ternyata beliau yang mempopulerkan. Lanjut cari info lagi . .

Grace Hopper lahir di New York, 9 Desember 1906 silam. Dan meninggal di Virginia, Amerika Serikat, 1 Januari 1992 di usianya yang ke-85 tahun. Bicara penghargaan dan pengakuan, sudah banyak penghargaan yang beliau terima, salah satunya sebagai orang Amerika Serikat pertama dan wanita pertama di dunia yang mendapat penghargaan Distinguished Fellow of the British Computer Society di tahun 1973. Menyelesaikan pendidikan S1 di Vassar dibidang matematika dan fisika tahun 1928. Ia pernah bekerja sebagai dosen , ahli matematika, programmer, konsultan, bahkan pernah jadi laksamana di lingkungan angkatan laut Amerika Serikat.( Riwayat hidup Grace Hopper selengkapnya dapat dibaca di wikipedia )

The Mark 1 was the first large computer

Berbagai penghargaan dan penghormatan terhadap dirinya menjadikan Grace Hopper sosok inspiratif bagi banyak wanita. Termasuk dalam bidang IT dimana ia banyak berjasa dan menjadi inspirasi di sebuah institute bernama ‘Anita Borg Institute, Grace Hopper Celebration of Women in Computing”. Didirikan tahun 1994 oleh Dr. Anita Borg and Dr. Telle Whitney. Institut ini bergerak dalam bidang pergerakan wanita untuk membawa penelitian dan karir mereka di bidang computing supaya lebih dikenal dan diakui oleh masyarakat luas. Institut ini ingin membuktikan bahwa wanita juga bisa maju dibidang komputer, seperti data science, software engineering, security, computer graphics, dan lain-lain. (selengkapnya kunjungi web resminya disini ).

The first computer ‘bug’

Grace Hopper menjadi salah satu dari sekian banyak wanita yang mampu membawa perubahan di dunia. Terima kasih google, engkau membuatku tahu siapa Grace Hopper. Membaca banyak tentang karir beliau membuat saya berkesimpulan bahwa setiap orang punya kesempatan masing-masing untuk membawa perubahan baik untuk dirinya, orang sekitar, negara, bahkan dunia , dengan caranya masing-masing.

(bfa)

Grace Hopper promoted to Commodore by Ronald Reagan

Advertisements

Posted on 10.12.2013, in Techno|internet and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: