Advertisements

Obat Kantuk Paling Manjur Saat Perjalanan Jauh

Berkendara jauh dan mengantuk ? kalau keadaan tidak memungkinkan usahakan tetap konsen lihat situasi kondisi sembari nyari tempat istirahat atau nunggu nyampe tempat tujuan. Kalau udah bener-bener gak kuat mending segera nepi, cari tempat yang enakan dikit buat istirahat. Gak apa-apa tempat kecil , penting bisa buat rebahan, atau paling gak buat selonjoran sambil melemaskan tubuh dari ketegangan. Itu cara darurat yang pernah saya lakukan saat perjalanan jauh dengan badan capeknya gak nahan, ditambah lagi kondisi macet. Buset dah, mau rubuh aja bawaannya.

Terkadang kita belum bisa menilai saat berkendara itu sedang kelelahan atau mengantuk. Sebenarnya keduanya bisa dibedakan.  Menurut dokter Andreas Prasadja , kelelahan bukan berarti harus tidur, karena kelelahan bisa berarti tubuh butuh waktu untuk istirahat sejenak dari konsentrasi berkendara serta butuh udara segar untuk melancarkan pernapasan. Sedangkan mengantuk bisa disebabkan dari banyak hal. Bisa dari kurangnya tidur sebelum berangkat,atau kurang tidur dihari-hari sebelumnya.

Jadi, saat naik motor jarak jauh dan ngerasa ngantuk, ada obat yang paling manjur. Bukan minuman energi, tapi tidur!. 15 menit-an udah cukup sih. Minuman energi dan kopi tidak akan menghilangkan kantuk secara permanen, karna tidur itu kebutuhan, lagipula efek minuman seperti itu cuma sementara. Biasanya sopir kalau udah ngantuk itu ngopi, biar bisa melek . .  tapi kalau udah ngantuk banget, mereka pilih menepikan kendaraan di tempat yang tepat, terus ijin tidur. Itu dari pengamatan saya yang kadang disupiri 😀 . Nih ada sedikit kutipan dari Kompas Health ➡

Minuman penambah energi, kafein atau nikotin bukanlah jawaban yang tepat. Karena zat-zat ini hanyalah menunda kantuk, otak yang sudah lelah tetap kehilangan kemampuannya. Ada saatnya kita membutuhkan stimulan, dan ada caranya. Bukan asal mengantuk kita lalu menenggak kopi. Kafein akan bekerja setelah 30 menit. Jadi idealnya saat berkendara jarak jauh dan mengantuk, kita berhenti dulu. Minum kafein atau minuman penambah energi, lalu tidur selama 20-30 menit. Saat bangun, kita mendapatkan manfaat kebugaran tidur dan kesegaran kafein.

Sebelum berkendara jauh, usahakan atur pola tidur yang tepat. Agar dijalan tetap fit, konsentrasi optimal, dan selamat sampai tujuan.

Tak ada satu zat pun di dunia yang dapat menggantikan efek restoratif tidur.

(bfa)

Artikel tambahan : Bahaya Terbesar Minuman Energi Pada Remaja dan Dewasa Muda

 

Advertisements

Posted on 14.12.2013, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Artikel yg menarik mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: