Advertisements

Menelusuri Jalanan Taman Hutan Raya R. Soerjo

Bepergian ke suatu tempat kalau tidak direncanakan seringkali jauh lebih berkesan ketimbang yang dirancang sebelumnya.  Seperti yang saya alami seminggu lalu. Dari yang awalnya ingin sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan Kota Batu, malah jadi blusukan ke jalur menuju Pacet, Mojokerto. Sampai akhirnya saya tidak melanjutkan perjalanan dan memilih langsung kembali ke jalan sebelumnya, karena firasat yang ingin saya kembali. *tssaah.

Hujan di jalur menuju Cangar. Padahal masih jam 10, tapi serasa sore hari. Mendungnya itu lho . . .

Jalanan Kota Malang- Kota Batu cukup padat. Pemandangan yang biasa saat liburan seperti hari minggu (15/12) waktu itu. Sampai di lampu merah perempatan kelenteng apa itu lupa namanya, saya arahkan motor menuju arah ke Selecta dan Cangar, pemandian air panas yang terkenal itu. Jalanan menanjak seakan mengubah cuaca yang tadinya cerah berawan perlahan tertutup mendung. Melihat jalur Selecta ke arah kiri, saya terus saja keatas  arah Cangar. Belum pernah motoran ke sana sih, penasaran banget. Celana pendek yang saya pakai serasa tak bisa menahan udara dingin yang perlahan-lahan membuat gak nyaman, karena waktu itu memang niatnya cuma ingin jalan-jalan biasa, jadi temanya nyantai. Sekitar jam 10-an meski masih pagi, namun cuaca waktu itu persis sore hari. Mendung dan hujan deras turun membuat saya menepikan motor di daerah yang sedikit lagi sampai Cangar.  Meski bawa mantel lengkap, saya masih malas melanjutkan perjalanan dan memilih menepi sambil menunggu hujan reda. Selang beberapa menit melanjutkan perjalanan dengan memakai mantel untuk jaga-jaga ada hujan susulan. Sepanjang perjalanan banyak warga tengah beraktivitas di sawah dan kebun dan saya juga lihat banyak peserta study tour yang tengah asik bercengkrama . Memasuki daerah pemandian air panas Cangar saya berhenti sejenak, menikmati pemadangan sekitar, lanjut lewat gapura bertuliskan Tahura R. Soerjo. Penasaran dengan jalur disana.

cats1

Aspal mulus dengan banyak tikungan mengharuskan pengendara konsen. Apalagi jalanan basah dan licin. Teringat akan jalur piket nol yang saya lewati didaerah perbatasan Malang-Lumajang via jalur selatan, tapi jalur yang ini untungnya tidak ada bis lewat. Gak bisa dibayangkan kalau kendaraan besar lewat situ, jalannya aja ada yang seperti sirkuit tamiya. Habis tikungan tajam langsung naik keatas, bisa dibilang ekstrim lah.

Jalan waktu itu dipenuhi muda-mudi dan keluarga yang tengah berlibur dan hendak menuju Cangar, atau memang untuk menikmat kesejukan hutan disana. Saya juga melewati air terjun watu ondo yang yang saya baru tahu ternyata pengelolaanya sudah masuk wilayah Mojokerto. Melihat patokan pinggir jalan tertulis pacet 9 KM. Itu berarti kurang dari 10 km saya sudah sampai di Mojokerto. Antara ragu dan yakin ingin melanjutkan, pasalnya  pakaian waktu itu gak layak untuk perjalanan jauh. Dingin yang menusuk di wilayah dataran tinggi tidak saya antisipasi saat berangkat. Untung saja bisa diakali dengan mantel yang terus saya pakai.

cats

Perjalanan menuju Pacet masih terus berlanjut sampai akhirnya saya melihat sebuah mobil Avanza plat S nyungsep di pinggir jalan. Cuma selisih beberapa detik saja. Terbukti dari baru keluarnya pengemudi dan penumpang yang dilihat dari penampilan mereka berdua usianya sekitar 25-an. Untung saja mobil si cowok itu selamat dan mereka tidak luka berat. Bayangkan mobilnya cuma ditahan pohon-pohon yang tidak terlalu besar. Usut punya usut setelah saya tanya ke dua petugas keamanan yang langsung tiba disana dan mengamankan TKP. Sepertinya avanza tersebut hendak menghindar dari motor yang dikendarai remaja yang diketahui rumahnya tidak jauh dari sana. Hal itu saya lihat dari dua remaja (usia sekitar 20-an) yang dimintai keterangan oleh petugas keamanan disana. Hmm . .apes tu anak. Memang jalan di sekitar lokasi masuk turunan tajam.

Setelah mengamati lokasi dan korban kecelakaan tersebut, saya kembali ke motor yang parkir tidak jauh dari sana. Melihat insiden yang membuat merinding seperti itu makin menguatkan firasat untuk tidak melanjutkan perjalanan. Diawali bismillah saya kembali lagi ke jalan yang dilewati tadi untuk bergerak balik ke Malang. Saya tidak ingin main-main dengan firasat buruk, serius. Diperjalan setelah melewati Cangar saya sesekali berhenti untuk mengabadikan pemandangan disana. Satu yang membuat saya tidak nyaman waktu itu, susah nyari  toilet umum!.

cats3

Dinginnya udara membuat saya ingin ke kamar kecil terus. Setelah ditahan cukup lama, akhirnya saya menemukan masjid yang letaknya masih masuk jalan kecil tapi tidak apa-apa asal bisa lega, hehe. Masjid yang terletak di desa Tulungrejo kec. Bumiaji tersebut cukup nyaman tempatnya. Hujan deras waktu itu menipu mata yang mengira sudah menginjak sore hari. Ternyata masih jam 12.Setelah memakai mantel kembali, hujan deras menemani saya melanjutkan perjalanan. Kcepatan motor sih rata-rata 40 KM/jam. Melihat padatnya arus lalu lintas ditambah banyak genangan air di jalan membuat saya main aman waktu itu. Biar pelan, sekitar jam 1 siang alhamulilah saya tiba di kosan dengan selamat. Hufftt . . . jalan-jalan yang mengesankan. Udah jalanan licin, ngelihat mobil nyungsep lagi, ckck.  Dibawah ini saya sertakan dokumentasi perjalanan, bagaimana suasana disana memang bikin nyaman. Secara keseleruhan jalanan Taman Hutan Raya R. Soerjo memang mantap!.

(bfa)

Advertisements

Posted on 24.12.2013, in Travel and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

1. saya sering lewat daerah itu mas klo mau pergi ke mlang (lewat pacet ) .. enak buat nikung2 (klo jln sepi) .. klo rame bikin kampas kopling bau sangit (soale nanjak banget) -_- .. tp mmng sering bnget kjadian mobil nyungsep trutama gra2 rem blong 😀