Advertisements

Ditimpuk Tugas!

DSC08321

Sebagaimana siklus akademik pada umumnnya dimana memasuki akhir semester mahasiswa dijejali berbagai macam tugas baik praktek maupun teori. Bermodal pengalaman semester sebelumnya, saya kira bisa mengendalikan berbagai ‘job’ itu dengan tidak terlalu pusing memikirkan. Tapi agaknya untuk saat ini hal itu masih sulit dilakukan. Menginjak pertengahan masa kuliah berbagai macam tugas yang diberikan dosen makin bervariasi. Kalau bikin paper atau makalah tebal itu udah jadi sarapan, tapi kalau bikin gerakan mengumpulkan massa, wah ini baru lagi. Kayaknya ini puncak tugas semester ini.

Sebenarnya semua kalau dijalani lambat laun akan selesai juga. Bener sih, tapi proses dalam menjalani itu lho yang menyita perhatian lebih. Seakan lupa dengan keyakinan sebelumnya bahwa semua urusan kuliah itu jangan terlalu menyita waktu, saya sepanjang waktu memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan tugas praktek ini dengan ‘fasilitas’ teman-teman kelompok yang ‘teamwork’-nya kurang begitu meyakinkan. Buset dah, kita mesti nggerakin mereka dulu. Ibarat motor sport, koplingnya masih manual, jadi perlu dituntun langkah per langkah, gak bisa langsung greng.

Itu masalah dari orang lain, belum dari diri sendiri. Tak jarang sekelompok dengan orang-orang yang punya intelektualitas yang lebih tinggi menurut saya, semacam jadi minoritas di kelompok. Apalagi mereka sekedar teman tapi bukan teman dekat, ditambah lagi mereka kayak pilih-pilih teman. Waaduh, ngelakuin ini itu tetep bagi mereka itu gak terlalu membantu. Tapi akhirnya bisa saya akhiri dengan lancar, maksudnya gak terlalu ambil pusing juga, jalani aja.

DSC08322

Bukan kertas contekan saat ujian. Ini kertas sebagai note pengingat poin-poin apa saja yang mau dibawakan saat maju presentasi . not bad lah, tulisan kecil tapi efektif.

Mahasiswa paham akan resiko mengejar gelar sarjana itu salah satunya harus mau berhadapan dengan berbagai hal terutama yang menguji skill. Baik itu skill publik speaking, beripikir out of the box, berani melangkah meski yang lain pesimis, berani percaya diri meski kita sendiri gak yakin yang kita pertahanin itu benar atau salah. Semua proses ini menjadikan pendewasaan diri makin terasah.  Saya yakin nantinya saat terjun di masyarakat, di dunia kerja yang bebas sarat persaingan tinggi, apa yang kita dapatkan di masa kuliah sedikit banyak juga akan kita jadikan pijakan. Pijakan kita untuk mengambil keputusan dimana kita pernah dihadapkan dengan situasi yang mirip dengan yang akan kita temui di dunia kerja nantinya.

Bergelut dengan banyak tugas, tetap tak menyurutkan niat saya untuk tetap aktif blogging. Sampai akhirnya menginjak tahun baru 2014, dengan kesibukan seorang mahasiswa yang tidak hanya mikir tugas tapi mikir juga bagaimana menghabiskan waktu untuk berkreatifitas dengan teman-teman lain, justru saya malah kelimpungan tidak update blog yag sekarang sudah berdomain dot com ini. Niat besar sih ada cuma terhalang koneksi internet di daerah yang kadang tak selancar di kota. Mantep dah. Alhasil saya putuskan fokus dulu mengerjakan tugas akhir perkuliahan semester ini seoptimal mungkin. Setelah dijalani dan saat ini hanya menyisakan beberapa ujian tulis mata kuliah, membuat waktu lebih longgar, dan saya bisa kembali menyempatkan menulis lagi di blog ini.  Konsistensi dalam menulis itu susah. Berkali-kali saya aungi jempol kepada para blogger senior yang ditengah kesibukan kerjaan yang seabrek, masih bisa update tulisan setiap harinya tanpa putus. Bravo! , usaha mereka menjadi pembelajaran bagi saya untuk tidak cepat menyerah untuk blogging. Mereka yang punya kerjaan dan masih harus ngurus rumah tangga aja masih bisa blogging tiap hari, masa sih saya gak bisa. Kenyataannya sampai saat ini saya masih belum bisa 😕 .

ScreenShot015

Materi-materi bahasa inggris kayak gini ini yang perlu dipahami. Terkadang malah gelagapan saat mau menjelaskan, karena males baca bahan yang gak langsung ngeh maksudnya apa.

ScreenShot011

Saat mau ngirim tugas. Setelah kejengkelan karena bikin paper butuh waktu lama, kejengkelan nambah tatkala tidak diimbangin dengan koneksi internet yang cepat. Mau ngirim tugas harus keluar ruangan untuk mengais sinyal.

Ini curhat panjang lebar yang sebenarnya sudah ingin saya tulis jauh-jauh hari sebelumnya. Paling gak dengan nulis ini bisa lebih plong .

(bfa)

DSC06233

DSC06232

Menjelang ujian akhir semester udah jadi kebiasaan  melihat papan ratapan dengan penuh harap jangan sampai nama kita terpampang disana.

Advertisements

Posted on 14.01.2014, in College|School, My Stories and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Kategori tak bisa ikut UAS begitu merusak mod kuliah….
    baru semester ini mengalami dan alhamdulilah bisa teratasi….

  2. Kantung Mata

    Mengerjakan tugas kuliah yang numpuk kadang sampai harus begadang, kalau sudah begitu ada kantung mata yang muncul deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: