Advertisements

Sekilas Perjalanan Jupiter MX

Sedikit flashback bagaimana salah satu bebek underbone jagoan Yamaha, Jupiter MX menancapkan tongkat kekuasaannya di sebagian negara ASEAN. Dimana dengan segala kemajuan yang ada,  berbekal mesin 135 cc serta berbagai pengaplikasian teknologi menyesuaikan, Jupiter MX menjadi satu motor non sport yang punya kans besar di segmen tanggung. Seperti satu uraian panjang yang saya temukan di salah satu grup facebook Jupiter MX berikut ini, karena sayang kalau gak di share.

Nama umum Jupiter MX adalah Yamaha T-135. Underbone ini pertama diperkenalkan pada tahun 2005 di Thailand dan Indonesia kemudian di Malaysia pada bulan February 2006. Jupiter MX dikenal dengan nama Spark 135 di Thailand, 135LC di Malaysia, Sniper di Filipina, Exciter di Vietnam dan T-135 Crypton X di Yunani.

Pada awal peluncurannya, Sport Underbone ini telah mengadaptasikan teknologi motor balap dengan mengandalkan mesin tegak 44 derajat dengan power maksimal mencapai 11.33 dk di putaran 8.500 rpm. Mesin yang berteknologi baru ini selain bisa melaju kencang juga irit dan ramah lingkungan. Ini dikarenakan Jupiter MX selain menggunakan forged piston yang kuat dan tahan gores juga mengandalkan Diasil Cylinder yang anti gores sehingga masa pakai lebih lama. MX juga diperlengkapi dengan Throttle Position Sensor (TPS) yang memakai sensor variable untuk mengukur bukaan gas pada bagian karburator. Sedangkan untuk menjaga suhu mesin bebek sport ini diperlengkapi Radiator Liquid Cooled engine. Dan untuk menjaga gas buang yang agar ramah lingkungan sport underbone ini disemati Air Induction System (AIS) yang fungsinya meng-injeksi-kan udara ke lubang pembuangan dengan tujuan untuk menetralisir kadar emisi gas buang.

Selain itu motor ini menggunakan knalpot dengan catalytic converter yang fungsinya untuk membakar bahan bakar yang belum terbakar agar mengurangi tingkat emisi dengan reaksi kimia sehingga gas berbahaya seperti CO, Nox, dan HC berubah menjadi karbodioksida dan air. Ini yang menjadikan Yamaha T-135 bisa lolos uji emisi dengan standard Euro II. Teknologi-teknologi baru ini telah diuji dengan menempuh perjalanan sepanjang 50.000 km tanpa ada hambatan. Keunggulan lain dari Bebek Sport ini dibandingkan dengan motor bebek lainnya yakni rangka diamond, tampilan yang futuristik, diperlengkapi monoshock belakang yang tentunya istimewa untuk motor bebek serta dilengkapi fitur sporty lainnya.

DSC06633

Sejarah Perjalanan Jupiter MX:

Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa MX merupakan singkatan dari “maximize.” Sesuai dengan namanya bebek sport yang telah meraih segudang penghargaan ini mempunyai teknologi yang maximize pula. Yamaha menyematkan teknologi motor balap ke Sport Underbone ini. Luar biasa memang jika dibandingkan dengan motor bebek lain.

Yamaha Jupiter MX pertama kali dilaunching di Jakarta, Indonesia pada tanggal 18 September 2005. Pada awal peluncuran, motor bebek dengan strata tertinggi di perusahaan berlambang garputala ini, berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia. MX menjadi idola baru masyarakat Indonesia. Sebelum didistribusikan ke dealer-dealer untuk dipasarkan, sudah banyak yang memesan. Bahkan jumlah permintaan pasar melebihi target produksi dari pihak produsen. Pembeli harus meng-inden selama kurang lebih satu bulan untuk membawa pulang motor ini. “Permintaan Yamaha Jupiter MX mencapai 30.000 unit per bulan sedangkan kami hanya mampu memenuhi permintaan 20.000 unit per bulan,” kata Vice President PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Dyoninsius Beti di Yogyakarta, Minggu (20/11/2005). Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar yang luar biasa ini, Yamaha pada tahun 2006 mengoperasikan pabrik barunya.

Setelah dilaunching, Yamaha mengadakan touring Asean. Touring yang diawali dari Indonesia ini diikuti oleh pembalap dari 7 Negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura dan Jepang. Touring Asean ini menempuh perjalanan berat (Jawa-Sumatera) untuk mencoba performa Jupiter MX. 16 sepeda motor Jupiter MX buatan Indonesia digunakan dalam acara keliling Asean ini. Untuk touring di Indonesia, motor Jupiter MX ditunggangi oleh 12 orang pembalap dari 6 negara plus Jepang dan beberapa orang lainnya. Touring ini start dari Jogjakarta pada tanggal 19 November 2005 dan berakhir di Medan. Event ini disiarkan di SCTV di Liputan 6. Setelah touring di Indonesia, touring Asean pun dilanjutkan ke Malaysia, kemudian Singapura, Thailand, Vietnam dan berakhir di Filipina pada tanggal 27 Mei 2006. Total jarak yang ditempuh adalah sepanjang 14.310 kilometer. Jarak ini dengan rute jalan melewati berbagai situasi dan kondisi, baik panas maupun hujan, jalan rusak dari berbagai daerah di berbagai negara berhasil diakhiri dengan hasil yang sangat baik. Ini membuktikan kualitas Jupiter MX yang sangat tangguh. Jadi memang tidak berlebihan bagi petinggi Yamaha jika mengatakan Jupiter MX mempunyai performa dan ketahanan yang luar biasa.

Speedometer New Jupiter MX

New Jupiter MX manual clutch

Bebek Sport ini telah beberapa kali mengalami penyegaran, tapi hanya sebatas pada striping saja. Berbeda dengan di Indonesia, di Thailand pada tahun 2008 telah meluncurkan Spark 135 versi Fuel Injection. Pada tahun 2010 Jupiter MX untuk pertama kali mendapatkan facelift dengan fitur-fitur baru. Bahkan untuk versi manual clutch diperlengkapi dengan transmisi 5-speed dan telah menggunakan double disc brake. Bukan hanya fitur-fitur saja yang berubah tapi juga power mesinnya naik hingga 12,52 PS di putaran 8.500 rpm.

Sampai sekarang perjalalan Jupiter MX masih terus berlanjut. Menurut kabar di Indonesia Jupiter MX ini akan hadir dengan versi injeksi, entah tahun ini atau tahun depan. Sedikit mengingat kenapa saya dulu ngotot pilih motor ini sebagai motor pertama ketimbang motor merk lain, hmm.

(bfa)

Advertisements

Posted on 20.01.2014, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: