Advertisements

Melihat Lebih Dekat . . . Yamaha YZF-R6

DSC04899

Masih kita ingat November 2013 lalu tanggal 22 dimana PT. YIMM secara resmi memperkenalkan dan menjual ke empat varian moge untuk market Indonesia. Salah satunya YZF-R6 yang juga dikendarai  Lorenzo pada 1 Desember-nya di event lap eksibisi di Sirkuit Sentul, Indonesia. Jauh-jauh waktu terpisah dari event tersebut, saya berkesempatan menyaksikan dari dekat YZF-R6 di salah satu mall di Surabaya di satu event launching. Waktu itu R6 di-display bersama T-Max dan V-Max. Melihat langsung si superport 600 cc itu menjadi kesan tersendiri lantaran tak setiap waktu saya bertemu motor tersebut.

R6 yang saya lihat waktu itu versi 2010 dengan dua varian warna yakni biru-hitam-putih dan merah-hitam –putih. Meski jarang lihat R6, tapi bentuk bodinya udah gak asing lagi. Dimana-mana banyak yang ngemodif vixion jadi full fairing kayak gitu. Dilihat dari depan, tebengnya emang keren dengan sudut menajam dibagian depan, ditambah air scoop dibagian tengah. Tutup tangki rata menambah kesan sporty, muat bahan bakar sekitar 17 liter. Sayangnya semua motor yang di-display tidak boleh dinaiki, jadi ya belum tahu riding positionnya seperti apa. Pastinya sih nunduk dilihat dari posisi jok dengan setir. Di sektor kaki-kaki, fork depan model balap dengan velg alumunium. Mengaplikasikan ban depan ukuran 120/70-ZR17, danbelakang 180/55-ZR17. Pengereman depan menganut double disc 310 mm, rem belakang single disc 220 mm.

Spatbor belakang model gantung dengan dua lampu sein mika kuning dipadu lampu rem led. Swingarm model banana bersebelahan dengan knalpotnya yang pendek minimalis. Dari sektor mesin DOHC R6 berkubikasi 599 cc dengan tipe mesin in-line four, fourstroke. Kompresi 13,1 : 1 . 6 percepatan , berpendingin cairan, dipadu sistem injeksi. Ketinggian jok sekitar 851 mm dengan setingan tinggi shock terendah. Pesaing berat Kawasaki ER-6F  ZX6 ini diklaim mampu menghasilkan power hingga 123,7 hp dengan torsi 65,7 Nm

Dari yang dipajang waktu itu, gak ada yang gak sepi dari pengunjung, meski ketiga moge versi yang 2010. Semua bergerumbul di masing-masing motor dengan tampang penuh antusias. Ada yang melihat dengan posisi jongkok sambil bertopang dagu (mungkin lagi mikir kapan bisa punya motor sekece itu), ada yang lihat setengah jongkok, ada yang lihat Cumadengan posisi berdiri saja tapi muka serius melihat di tiap detil body, dan berbagai pose lainnya. Semua seperti terhipnotis dengan kehadiran moge-moge jagoan Yamaha. Kalau saya ? malah lebih sibuk njepret gambar sebanyak-banyaknya :mrgreen: .

DSC04930

Mungkin perkenalan moge yamaha pada Maret 2013 itu bisa dibilang sebagai pendekatan awal kehadiran moge Yamaha yang dilaunching di bulan Novembernya. Cuma waktu itu dari ke-empat moge yang sekarang ini bisa kita lihat di web resminya, yamahacbu(dot)com, hanya R1 saja yang tidak dipamerkan. Apa karena stoknya yang terbatas atau mungkin memang Yamaha Jatim terlalu sayang untuk menghadirkan si superbike itu, who knows.Mengenai banderol, dari launchingnya diketahui harga R6 saat ini Rp 235 Juta sudah termasuk helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu. R6 is awesome 😮 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 26.01.2014, in My Stories, Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Kok malah saingan sama er6 gan?bukannya lebih pas saingannya zx 6 r..sama2 supersport dan tenaga yg mirip2..

  2. Yg ini lawannya bukan er6 series bang
    Beda kelas mereka ma
    Dr mesin aja ga head to head
    R6 itu lawanny ZX6, GSX-R 600, cbr 600

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: