Advertisements

Membahas ‘Pulsar 180’ dari Spyshot Rush Lane

Rush Lane kembali mem-publish satu foto spyshot yang disinyalir sebagai pengganti Pulsar 150 dan Pulsar 180 lama. Dalam foto yang dijepret di jalanan India tampak seorang biker dengan penampilan tertutup tengah mengendarai motor yang sepintas mirip Pulsar 200NS. Tidak semua media di negeri Bollywood sana sepakat mengatakan bahwa motor itu Pulsar 180, Mengingat market 150cc di India sangat potensial, sebagian beranggapan bisa jadi motor triple spark itu merupakan Pulsar 150. Digadang-gadang sebagai turunan P200NS , si Pulsar 180 NS (sementara sebut saja demikian) ini punya beberapa kesamaan dan perbedaan dilhat dari sisi tampilan.

Persamaan yang jelas terlihat dari foto spyshot diatas yakni garis bodi mirip. Headlamp meski belum jelas seperti apa dari depan, tapi dari samping kanan belakang saja sudah terlihat bentuknya menyerupai P200NS. Spatbor depan, velg, model sein depan mirip plek!, termasuk tutup rangki rata dan bentuk shroud samping tangki , cmiiw.

Perbedaannya? ini juga mudah dilihat. Dilihat dari belakang, lihat spatbor belakang, beda dengan P200NS. Mud guard juga tidak diketahui muncul disitu, karena mungkin jika dipasang mengurangi kenyamanan bila dipadu dengan spatbor belakang memanjang seperti itu. Behel belakang/ pegangan tangan yang ini bentuknya menyatu. Sadel juga dibuat menyatu, beda dengan P200NS yang antara pengendara dan boncenger dipisah.

*ilustrasi deretan produk Bajaj

Paling kelihatan dari angle seperti itu yakni absennya cakram belakang, yah pake rem tromol. Dan lagi ukuran arm terlihat lebih kecil. Dilihat sekilas dari cara si biker mengemudi, ergonomi tidak terlalu menunduk. Ini mungkin karena ukuran shock depan dan ukuran ban yang diperkecil. Piringan cakram depan sepertinya juga ikut diperkecil. Dari foto spyshot juga terlihat Pulsar 180 NS ini memakai penutup/pelindung rantai. Hmm kenapa berkesan jadul gini ya.

Pulsar 180 NS kita maklumi punya spek seperti itu karena mungkin memang downgrade dari P200NS dengan harapan menyasar masyarakat yang terkendala dana untuk memiliki yang 200 cc. Maka bermodal tampang mirip P200NS, dengan sedikit polesan bukan tidak mungkin si 180cc ini punya tingkat kegantengan sama dengan kakaknya. Menurut salah satu postingan fanspage P200NS Indonesia, Bajaj Auto India diprediksitengah bersiap dengan line-up baru full injeksi yang siap launching di 2014 ini. Diantaranya P375 Flagship, P200SS, P200NS, dan P150NS/P180NS yang kita bahas saat ini.

*ilustrasi

Mungkinkah dijual di Indonesia ? sangat mungkin menurut saya. Menilik perjanjian bidang ekonomi ASEAN-India, dimana pajak motor < 200cc dibuat tidak begitu tinggi, didukung banderol harga di India yang akan dibuat rendah,  harga Pulsar 180cc ini kemungkinan bisa lebih ditekan bila djual disini ,cmiiw. Akhir kata, kita ikuti saja perkembangannya 😉 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 30.01.2014, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Nama Bajaj masih menyisakan trauma

  2. Semoga saja sampai Indonesia

  3. KIra – kira bakalan jatuh dikisaran harga berapa yah nih motor

  4. asalkan cc, tenaga dan harga sesuai pasti bisa memenangi hati konsumen
    tapi nggak boleh kabur lagi ya.

  5. kapan yo ganti ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: