Advertisements

Pengan cari flora dan fauna di Malang Kota ? Coba ke Pasar Splendid

DSC07868

Kalau sedang berada di Kota Malang dan ingin mencari pasar yang khusus menjual flora dan fauna, anda wajib datang ke Pasar Splendid.  Berdiri sejak tahun 1914, pasar yang letaknya tidak terlalu jauh dari balaikota tepatnya di sekitar jalan majapahit, jalan tumapel, dan jalan brawijaya ini terbagi menjadi dua area, pasar bunga dan pasar burung. Meski disebut pasar burung tapi disana banyak fauna lain yang dijual. Kenapa disebut splendid saya sendiri sebagai warga pendatang belum tahu pasti asal muasalnya, mungkin karena lokasi pasar tersebut yang dekat dengan Hotel Splendid Inn. Pokoknya begitu masuk pasar ini mata seolah tidak bisa lepas dari berbagai dagangan yang dijual.

Desember 2013 lalu saya berkesempatan mengunjungi komplek pasar ini. Sebenarnya niat pertama mau cari bibit tanaman, selanjutnya malah jalan-jalan. Sebagaimana pasar pada umumnya, Splendid ramai dengan pedagang dan pembeli. Cukup bayar parkir motor Rp 1000, selanjutnya saya mengarah ke pasar bunga untuk cari bibit tanaman. Setelah cari kesana-kemari ternyata gak ada pedagang yang punya barangnya. Ya sudah, saya niatkan jalan-jalan saja. Area pasar bunga begitu sejuk, tenang,dan memanjakan mata dengan flora berbagai jenis dan bentuk. Setelah puas menyusuri pasar bunga, selanjutnya saya mengarah ke pasar burung dibelahnya.

Suasana di pasar bunga

Suasana di pasar bunga

DSC07871

Berbeda dengan kawasan bunga, di pasar burung begitu riuh dengan suara fauna, manusia, dan kendaraan. Sayang faktor kebersihan kurang bisa diandalkan. Tapi itu seolah terbayar dengan berbagai fauna yang saya temukan disana. Ada burung berbagai spesies, aneka ikan, hamster (sama marmut beda gak sih ?), kelinci, kura-kura, kucing, landak, reptil, burung hantu, dan masih banyak lagi. wih pokoknya cuci mata. Saking asyiknya jepret burung hantu, ada satu ibu penjual yang nyeletuk kurang lebih kyak gini “mas burung hantunya dibeli dong, jangan cuma di foto”, ujarnya sambil pasang muka kesel. Perlahan saya tinggalkan tempat itu 🙄 .

Sebagaimana pasar tradisional lainya, disini ketika membeli baiknya ditawar, bisa dengan harga 50% dari harga asli, atau gimana pokoknya ditawar lah usaha dulu. Yang penting beli yang sudah diniatkan di awal. Maklum selalu ada hal menarik untuk dibeli disana yang kadang membuat lupa diri. Saking melegendanya tempat ini, pasar Splendid sering mendapat kunjungan dari turis lokal maupun asing. Kalau tahu lokasinya secara lebih detil, monggo lihat peta di bawah. Selamat cuci mata, selamat berbelanja, dan Semoga berguna 🙂 .

(bfa)

Hotel Splendid Inn. Courtesy: indoturs.com

Area Ikan. Courtesy : semangat-asia.blogspot.com

courtesy : ariantifebi.blogspot.com

Advertisements

Posted on 03.03.2014, in Travel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. splendid iku bhs londo. cb cek ae.. lali aku..

  2. cakep2 ya bunga di malang..tp begitu beli bawa ke rumah mti semua..
    gaga cocok hawa..-_-
    padahal seger banget lihat kembang..

    http://hulssay.com/2014/03/03/seksualitas-pria-vs-perempuan-part-2/

    • Haha . . saudaraku jg pernah gitu, beli kembang di mbatu, nyampe rumahnya udah layu 😀

    • um itu soalnya diberi hormon auksin + etiulen deh. jd bunganya banyak dlm waktu sesaat doang. selain faktor lingkungan sih yaa

  3. Very good write-up. I absolutely appreciate this website.
    Keep it up!

  4. Hati-hati,,,penipuan,kadang kalo mau bell cabut dulu Dari potnya,…berakar atau tidak !

  5. Apa hanya dijual hewan peliharaan saja?
    ada gak hewan ternak macam entok anakan?…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: