Advertisements

Membandingkan Flappy Bird Dengan Clumsy Bird dan Amazing Cupid, Mana yang paling “Pedas” ?

flappy bird

Membahas game simple yang bikin gregetan kebanyakan orang mikirnya langsung ke Flappy Bird.  Meski Dong Nguyen dibawah bendera .Gears sudah memutuskan untuk mengakhiri eksistensi ‘burung mengepak’ini di play store, mereka yang lebih dulu mendownload game ini bisa berbangga diri punya game yang langka. Meski banyak yang menilai menyebabkan geregetan, bahkan sebagian orang sudah sangat ketagihan karena penasaran bagaimana mendapatkan skor tertinggi. Saya sarankan coba download game sejenis yang kini banyak bermunculan. Saya sempat mencoba Clumsy Bird dan Amazing Cupid. Kedua game ini kembaran flappy bird tapi punya ciri khas masing-masing. Yang pasti keduanya menurut saya punya tingkat kesulitan lebih tinggi dari Flappy Bird.

Screenshot_2014-02-24-13-56-16 grafis lebih bagus, tampilan menu utama mirip angry bird

Clumsy Bird, dibuat oleh Candy Mobile, meski jenis tantangannya sama, tapi game ini punya kualitas grafis lebih baik dari flappy bird. Awal main diceritakan telur si burung yang saya tak tahu jenisnya ini dicuri oleh seekor naga. Misi kita bagaimana si burung warna merah ini bisa menemukan telurnya dengan melewati banyak batang pohon yang menghadang. Lain dengan flappy bird yang punya misi menghindari pipa, tingkat kesulitan sendiri saya anggap lebih sulit, bukan pada menghindari batang pohon, tapi sensitifitas burung di Clumsy Bird lebih tinggi ketimbang Flappy Bird.  Sampai saat ini aja saya baru punya high score 6. Ketika mengetuk layar, terbangnya si burung ini jauh lebih kencang ketimbang flappy bird. Yang baru pertama main pasti ngerasa.

Screenshot_2014-02-24-13-49-12

Amazing Cupid, dibuat oleh Touchten dari Indonesia dengan Anton Soeharyo sebagai CEO. Wooh kantornya pernah ditayangin di tivi tuh! Dilihat dari ukuran game yang 11,28 MB, sedangkan Clumsy Bird 2, 47 MB, dan Flappy bird cuma berapa MB saya lupa yang pasti kecil, menunjukkan Amazing Cupid punya nilai lebih. Benar saja game ini memakai backsound, grafis, dan fitur yang lebih inovatif ketimbang game sejenis. Game yang bertokohkan cupid sebagai momentum hari valentine beberapa waktu lalu ini punya game play sama seperti flappy bird, namun dengan tiga tingkat kesulitan yang bisa dipilih, yakni Normal, Hard, dan Imposibro. Misi yang dibawa yakni bagaimana si cupid rambut biru dengan sayap mungilnya ini melewati pilar-pilar yang menghadang. Nah yang bikin jengkel pertama ya ini!

Sensitifitas si cupid ketika kita mengetuk layar, itu tinggi, mirip Clumsy Bird. Baru pertama main  ngerasa jengkel juga. Masa disentuh dikit si cupid terbangnya tinggi, ya malah nabrak pilar. Apalagi suara backsound-nya rame sendiri. Saat main juga muncul pesan yang mungkin niatnya memotivasi, tapi malah mengganggu konsentrasi. Belum lagi kalau kalah, muncul pesan “Ini bisa main kaga sih?”, “Kenapa sih?!”, dan pesan lain yang intinya kurang lebih ‘pantesan jomblo, main aja kaga becus’. Semacam game yang menjatuhkan mental pemain.

Sempat dibahas sebelumnya, amazing cupid ini hadir dengan tiga tingkat kesulitan berbeda. Kalau main ‘normal’, tingkat kesulitan cuma gimana si cupid bisa ngelewati pilar-pilar. Level ‘Hard’, sambil menghindari pilar, si cupid akan jatuh keatas alias melawan gravitasi. ‘Imposibro’, nah ini yang paling ngajak ribut. Di level ini gravitasi antara ada dan tiada. Setiap melewati lubang hijau gravitasi akan berubah. Belum lagi pilar-pilar makin sempit aja kelihatannya.

Keunggulan Amazing Cupid ini dibanding yang lain selain karena tiga level itu, game ini juga dilengkapi fitur secret message. Saya belum mencoba yang ini, tapi menurut review beberapa orang fitur ini cukup menarik. Fitur ini terbagi dua, Post Secret Message (PSM) dan Get Secret Message (GSM). PSM memungkinkan user membuat pesan rahasia yang bisa diatur kapan pesan tersebut akan muncul saat bermain. Misal di set pesan bisa muncul kalau si cupid melewati 3 pilar. Setelah men-setting kapan pesan akan muncul, user akan mendapat PIN untuk kemudian dikirim ke user lain. Sebaliknya di fitur GSM, user ketika memilih opsi ini harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan sebelumnya untuk membaca pesan rahasia yang diterima.

Flappy Bird, Clumsy Bird, dan Amazing Cupid. Tiga game bergenre sama dengan keunggulan berbeda. Untuk tingkat kesulitan yang paling sulit saya nobatkan ke Amazing Cupid. Ibarat mie setan, game ini punya tiga tingkat kepedasan berbeda dimana level yang paling bawah sebenarnya sudah “pedas”. Clumsy bird punya grafis yang bagus (non 8-bit) tapi menurut saya disini cuma kalah start aja sama flappy bird sebagai first mover. Disini titik temunya sama, bagi yang ingin menguji kesabaran, coba saja mainkan game-game itu. Paling tidak kita bisa mengambil hikmah dari ketiganya. Tidak ada pengulangan di titik yang sama atas kesalahan yang kita perbuat. Bukan berarti terlambat, semua bisa dimulai dari awal lagi. Semoga berguna, selamat bermain 🙂 .

(bfa)

*ehm! prestasi tertinggi 😎

Advertisements

Posted on 05.03.2014, in Techno|internet and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: