Advertisements

Rekomendasi Upgrade Part Untuk Jeroan Jupiter MX

Meski Jupiter MX akan diinjeksikan masih semester awal 2015 nanti, antusias pengendara tetap tinggi dengan Old Jupiter MX (OJMX – 4 speed) ataupun yang New Jupiter MX (NJMX – 5 speed). Selain sisi tampilan, mayoritas modilover menginginkan jeroan mesin wajib untuk dijamah, dioprek , di-upgrade sedemikian rupa biar lebih ngacir dijalanan. Ada beberapa part yang perlu diberi sentuhan. Seperti dilansir MotorExpert, ada beberapa part yang sering dicari pemakai Jup MX untuk upgrade jeroan.  Mulai dari CDI, Noken AS, Knalpot, sampai gir.

Menurut referensi dari sumber yang sama, untuk CDI direkomendasikan pakai produk merk lokal Bintang Racing Team (BRT) tipe hyperband untuk pengoptimalkan pembakaran di ruang bakar. Dimana dengannya putaran mesin diklaim bisa bertambah 1500-2000 rpm. Harga CDI yang tinggal pasang di MX tanpa ubahan lagi ini sekitar 300 – 350ribu rupiah. Selain CDI, untuk part Noken As racing direkomendasikan merk CLD yang khusus Jupiter MX, kisaran harga 350-450 ribu rupiah.

*ilustrasi

Ubahan sedemikian rupa mesti didukung spek knalpot yang mendukung. Merknya pun bermacam-macam seperti AHRS, R9,3D1, dan masih banyak lagi. Harga kisaran 300 ribuan sampai jutaan, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Selain knalpot, part lain yang juga tidak kalah penting yakni gear, supaya power motor lebih tersalurkan maksimal. Masih menurut MotorExpert, kombinasi tepat yakni gir depan TK dengan gir buta di belakang, dipadu rantai TK atau DID. Budget yang dibutuhin kisaran 50ribu untuk gir depan, 120ribu gir belakang, 90ribu  untuk rantai TK, atau pakai Rantai DID 300ribu.

Rekomendasi ubahan part lain juga datang dari Gila Motor seperti dilansir di salah satu postingannya. PT Faito Racing Indonesia punya produk gear rasio untuk Jupiter MX dan Satria FU juga, dimana pemasangan cukup plug n’ play. Gear rasio yang menganut konsep close ratio sama dengan gear rasio untuk balap ini dibanderol Rp 2,6 juta rupiah. Mahal juga sih   Menurut pihak Faito, Pemakaian gear rasio ini di Jupiter MX selain menambah gigi kecepatan yang tadinya 5-speed (NJMX) menjadi 6-speed, juga diklaim mampu meningkatkan top speed hingga 181km/jam pada gigi 6.  Tapi tetap saja kan top speed segitu juga perlu didukung ubahan part lain 😉 .

Bagi yang ingin modif jeroan mesin jupiter MX bisa tuh pakai part rekomendasi diatas. Semoga berguna.

(bfa)

 referensi lain : Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX, Power 2 Kali Lipat

Advertisements

Posted on 16.03.2014, in Otomotif and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. makasih brooo, ane jadi ga perlu ribet nyari nyari persamaanya
    http://djayalina.com/aksesoris-motor-yamaha/yamaha-jupiter-mx

  2. Ntuh rasionya yg buat old vixion ada gk yaa, om??

  3. Gear rasio faito bisa pnp ga di ojmx gan?

  4. wah terima kasih untuk infonya, bisa jadi referensi untuk yang doyan utak atik motor nih

  5. Keren nih referensinya buat yang mau modif motor, lihat juga tips modifikasi motor dan bahasan seputar otomotif lainnya di Gayahidupku.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: