Advertisements

(Tidak) Pilih Caleg Yang Memaku Pohon!

banner parpol, foto caleg , pemilu 2014

Courtesy : Majalah Detik edisi 120 (17/03/14)

 

Pelarangan pohon menjadi target para caleg untuk berkampanye sebenarnya sudah diatur dalam peraturan KPU nomor 15 tahun 2013. Kendati demikian para caleg tampaknya tidak mengindahkan peraturan yang pro lingkungan tersebut. Hasil ketidakpedulian mereka dapat dengan mudah kita temui di pohon-pohon pinggir jalan, di kota maupun desa. Perilaku tidak terpuji ini mendapat sorotan keras dari berbagai aktivis lingkungan. Saya sendiri sebagai masyarakat biasa juga enek dilihatin terus sama caleg-caleg yang nempel di pohon . Gak tanggung-tanggung dalam satu pohon ada tiga caleg bahkan lebih yang suka narsis menjual tampang.

Salah satu artikel tentang aktivis lingkungan yang jengah dengan aksi memaku pohon datang dari media Tempo seperti yang ditulis di salah satu tulisannya pada Februari lalu.

Aktivis lingkungan meminta masyarakat tidak memilih calon legislator yang memaku alat peraga kampanye di pohon. “Belum terpilih saja sudah merusak lingkungan, apalagi kalau benar-benar terpilih. Pasti akan menghalalkan segala cara untuk meraih keinginannya,” kata pegiat Forum Solo Hijau, Miftahul Arrozaq kepada Tempo di sela kampanye menolak caleg pemaku pohon di Surakarta, Jawa Tengah, Ahad, 2 Februari 2014.  “Mereka tidak mengindahkan aturan dan tidak mempedulikan lingkungan,” ucapnya. Bagi caleg seperti itu, dia meminta masyarakat tidak memilihnya di pemilu legislatif mendatang. “Jangan pilih caleg perusak lingkungan,” katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Surakarta Agus Sulistyo mengatakan sebenarnya tindakan caleg memasang banner di pohon sudah melanggar banyak aturan. Tidak hanya soal larangan memaku pohon, tapi juga dari segi ukuran. “Alat peraga kampanye yang diperbolehkan adalah spanduk berukuran 1,5 kali 7 meter. Yang dipaku di pohon jelas tidak sesuai aturan” katanya.
Dia meminta partai politik atau caleg yang bersangkutan mencopot sendiri alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan tersebut. Jika masih membandel, maka masyarakat yang akan menilai. “Pantas atau tidak caleg yang melanggar aturan dipilih, kami serahkan ke masyarakat,” ucapnya.

banner parpol, foto caleg , pemilu 2014

Himbauan untuk tidak memilih caleg yang memaku foto narsisnya di pohon agaknya bisa dimengerti. Belum kepilih aja udah ngerusak dan gak peduli sama pohon, ini hal ringan tapi disepelekan.  Bagaimana kalau mereka nanti udah dapet kursi, kelihatan kalau mereka niat. Niat dapet kekuasaan tanpa peduli lingkungan, tanpa peduli peraturan. Kendari sebagian caleg mengaku tidak menyuruh orang untuk menancapkan, mereka juga bilang akan mencabut sendiri kalau melihat poster atau banner fotonya tertempel di pohon. Semoga benar seperti itu, semoga.

Masyarakat cerdas pilih yang berkualitas. Pilih yang benar-benar pantas. Suara kita mahal bung!, jangan mau terlena sama janji. Modal ngomong semua juga bisa. Model poster dan banner ? sah-sah saja. Tapi ditempel di pohon ?. Mari gunakan hak pilih pada 9 april nanti sebaik-baiknya.

(bfa)

Advertisements

Posted on 31.03.2014, in My Stories and tagged , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. eneg, lihat muka-muka caleg…..ditempel gede-gede
    kenal juga engga….muka lebar-lebar….najiss!

  2. waahh… emang jangan dipilih tuh yang begitu

    salam kenal mas bayu
    ]http://sportupdate5.wordpress.com/

  3. Betul, jangan dipilih yang seperti itu. Males liatnya, bikin semrawut gak jelas

  4. aku yo ra bakal milih caleg ngunu kuwi.

  5. Mungkin yang salah adalah “kaki tangannya”
    Yang tidak paham…dan salah menterjemahkan perintah
    pemasangan alat peraga pemilu…CMIIW

    Titip Opini
    Balap aman di Sentul International Circuit saja
    http://nyobamoto.com/2014/04/07/opini_balapan-di-sirkuit-sentul-internasional-saja-khusus-safety/

  6. Mereka gak ada modal apa ya sampe pasang foto di pohon…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: